Berita

4 Alasan Kenapa Anda Harus Simpan Uang di Aplikasi Menabung!

 11 March 2019

Menabung adalah hal penting dan sudah diedukasi sejak dari kita kecil. Mulai dari para guru di sekolah dan orang tua telah memberitahu kita manfaat menabung dan kenapa hal tersebut harus dilakukan. Sampai sekarang besar pun, banyak pihak-pihak seperti bank yang menghimbau untuk menabung. Banyak orang tahu manfaat baik dari kegiatan ini, namun masih ada juga yang tidak melakukannya dengan berbagai alasan. Padahal sekarang sudah banyak cara untuk melakukannya. Mulai dari fitur auto debet di bank, ataupun melalui aplikasi menabung.

 

Jika Anda menjadi salah satu yang menganggap hal ini tidak penting, simak 4 alasan berikut!

 

 

1. Menghadapi Hal Tak Terduga

 

Segala hal yang ada di dunia ini berjalan dengan ketidakpastian, jadi akan ada hal-hal tak terduga di luar rencana yang akan terjadi. Biasanya, keadaan ini datang secara mendadak, dan Anda terkadang harus menghadapinya tanpa persiapan, seperti PHK masal, kecelakaan atau sakit.  Namun, jika Anda menabung  di Aplikasi Menabung yang mudah, Anda dapat memiliki simpanan dan bisa digunakan sebagai dana darurat. Setiap bulannya sisihkan uang dari penghasilan, idealnya tabungan yang harus Anda miliki agar finansial tetap stabil saat hal tak terduga terjadi adalah 3 kali gaji.

 

 

2. Dana Liburan

 

Sekarang ini liburan tak hanya suatu gaya hidup, tapi sudah menjadi sebuah kebutuhan yang wajib, terlebih untuk Anda yang memiliki rutinitas padat. Banyak penelitian yang menunjukan bahwa liburan bisa memberikan manfaat positif bagi kesehatan mental dan fisik. Karena itu, sesekali setelah melakukan aktivitas yang banyak, sempatkan diri untuk liburan. Namun, untuk melakukannya tentu perlu biaya apalagi jika tempat yang ingin dikunjungi di luar kota atau negeri. Nah dengan menabung Anda bisa menyiapkan biayanya. Mulai sisihkan 5-10 persen uang dari gaji Anda setiap bulan lalu alokasikan ke aplikasi menabung pilihan Anda, agar bisa liburan 1-2 kali dalam setahun.

 

 

3. Aplikasi Menabung untuk Melakukan Investasi

 

Jumlah investor di Indonesia masih minim, hal ini karena masih banyak masyarakat yang berpikir bahwa investasi berisiko, sehingga enggan melakukannya. Namun pada kenyataannya, risiko tersebut bisa dihindari ketika Anda cermat dalam memilih instrumen. Selain itu, investasi yang  dilakukan juga bisa disesuaikan dengan profil risiko Anda. Saat ini sudah banyak instrumen investasi tersedia tanpa biaya besar. Tetapi sebelumnya Anda juga harus paham tentang hukum investasi di mana semakin besar dana yang diinvestasikan, semakin banyak pula return yang dihasilkan begitupun sebaliknya. 

 

Jadi,  jika ingin mendapatkan hasil yang besar, Anda harus menginvestasikan lebih banyak uang. Agar bisa mewujudkannya, menyimpan uang di aplikasi menabung jadi salah satu caranya. Anda bisa mengumpulkan uang modal investasi lebih banyak, sehingga mendapatkan keuntungan yang diinginkan.

 

 

4. Persiapan Masa Pensiun

 

Anda tak akan selamanya muda dan bekerja, akan ada masa pensiun di masa depan. Masa di mana Anda sudah tak produktif dalam mencari penghasilan. Walaupun di beberapa perusahaan ada yang memberikan uang pesangon pensiun, namun melihat Anda sudah tidak bekerja lagi tentu akan lebih baik jika memiliki simpanan masa pensiun. Anda bisa simpan uang melalui aplikasi menabung dari sekarang, dan jika sudah terkumpul uang tersebut bisa Anda belikan rencana dana pensiun.

 

Dari 4 alasan dia atas, sekarang Anda sudah tahu mengapa menabung terlebih lagi melalui aplikasi menabung adalah hal penting yang harus segera dilakukan. Banyak aplikasi keuangan yang bisa Anda download dan dapat memudahkan pengaturan finansial. Jika Anda ingin melakukan transaksi sehari-hari seperti pembayaran tagihan, pembelian voucher internet, listrik dan lain sebagainya, bisa juga menggunakan TrueMoney Wallet. Selain itu, bagi Anda yang ingin melakukan pengiriman uang tunai tanpa rekening juga bisa di Alfamart melalui jasa remittance TrueMoney, lho.