Berita

5 Tips Kelola Uang Gajian Agar Tak Habis Tengah Jalan

 14 December 2018

Saat hari gajian tiba, tentunya Anda akan langsung menggunakannya untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari membayar tagihan hingga belanja bulanan. Kehidupan Anda rasanya masih cukup dan tenang-tenang saja saat itu. Membeli apapun juga tak jadi masalah, karena Anda baru saja mendapatkan upah dari hasil kerja selama sebulan. Tapi, hingga di pertengahan bulan, Anda merasa uang gajian sudah kurang. Anda pun mulai kebingungan dalam mengatur keuangan untuk memenuhi kebutuhan hingga akhir bulan. Hasilnya, terjadilah kondisi yang sering dialami banyak orang yaitu "gaji numpang lewat".

Ketika sering mengalami hal tersebut, mungkin ada yang salah dari pengelolaan gaji Anda. Jika tidak segera diatasi, Anda selamanya bisa terjebak dan mengalami siklus yang sama setiap bulan, lho. Akibatnya, Anda akan kesulitan menabung untuk masa depan karena gaji sudah habis duluan. Tentunya, hal ini ingin Anda hindari, bukan? Maka dari itu, yuk mulai kelola gaji Anda secara lebih baik dengan cara berikut!

 

 

1. Memisahkan Uang Tabungan dan Kebutuhan Sehari-hari

 

Masih merasa memiliki banyak dana, menjadi salah satu penyebab pengeluaran impulsif sehingga berujung habisnya uang gajian di pertengahan bulan. Jika hal ini menjadi masalah bagi Anda, memiliki dua rekening bisa menjadi solusi. Jadi, selain rekening payroll yang digunakan perusahaan, Anda perlu membuka rekening lain. Rekening tersebut, nantinya akan digunakan untuk memisahkan cashflow antara tabungan dan pengeluaran.

Pertama-tama supaya lebih mudah, Anda perlu menetapkan dahulu nominal yang dipindahkan ke rekening tabungan. Perlu dicatat, bahwa Anda harus langsung memindahkannya segera setelah uang gajian diterima. Setelah itu, anggaran yang tersisa bisa kembali Anda pisahkan sesuai dengan kebutuhan misalnya, untuk biaya transportasi, makan atau hiburan selama sebulan. Rumus 10-20-30-40 juga bisa Anda terapkan, yaitu 10% untuk kebaikan, 20% untuk investasi, 30% untuk pembayaran tagihan dan 40% untuk kebutuhan.  Dengan hal ini, Anda akan lebih bijak dan disiplin dalam melakukan pengeluaran.

 

 

 

2. Catat Pengeluaran dan Pemasukan

 

Uang gajian yang tersisa setelah memisahkan tabungan dan anggaran kebutuhan, haruslah Anda catat setiap pemasukan dan pengeluarannya. Kegiatan ini mungkin sudah sering Anda dengar sebagai salah satu cara untuk mengatur keuangan. Namun, sudahkan Anda benar-benar menjalankannya? Walaupun sederhana, tetapi hal ini memiliki dampak besar, lho. Anda akan jauh lebih mudah menganalisis transaksi yang terjadi.

Secara konvensional Anda dapat memanfaatkan Microsoft Excel untuk pencatatan, atau jika ingin lebih praktis Anda juga bisa men-download aplikasi ini pada smartphone. Tuliskan semua pemasukan mulai dari gaji rutin bulanan, bonus atau pemasukan tambahan lain. Catat juga pengeluaran kebutuhan sehari-hari, seperti hiburan, belanja, makanan dan lainnya. Jika ingin lebih mudah, Anda bisa memanfaatkan pembayaran tagihan melalui TrueMoney Wallet di mana seluruh transaksi akan terekam otomatis sehingga Anda tak akan lupa. Setelah tercatat semua, evaluasi kondisi keuangan Anda dan cari tahu pengeluaran besar yang memang bisa dikurangi agar Anda bisa lebih hemat.

 

 

 

3. Mengeluarkan Uang Gajian Dengan Lebih Bijak

 

Walaupun sudah menerapkan dua hal di atas, namun jika Anda belum bisa menentukan perbedaan kebutuhan dan keinginan, akan tetap sulit untuk mengatur keuangan, lho. Maka dari itu, Anda harus membuat skala prioritas atas sesuatu yang ingin dibeli, apakah termasuk kebutuhan atau keinginan. Memang, di zaman masyarakat urban seperti sekarang akan sulit membedakan dua hal ini, banyak orang yang terperangkap dengan keinginan sehingga melewatkan kebutuhan penting.  Jadi, Anda harus segera menganalisa pengeluaran dari uang gajian yang tidak terlalu penting dan menguranginya, misalnya gaya hidup hangout di kafe setiap minggu, makan di restoran setiap hari atau belanja online.

 

 

 

4. Mulai Beralih ke Uang Digital

 

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengelola uang gajian adalah beralih ke uang digital. Saat ini, fasilitas tersebut tengah populer di masyarakat karena kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan. Anda bisa melakukan transaksi sehari-hari hanya dari aplikasi melalui smartphone, mulai dari membeli makanan hingga membayar tagihan. Dengan menggunakan uang digital, tentunya mengurangi penyimpanan uang tunai di dompet, sehingga meminimalisir Anda untuk melakukan pengeluaran uang jajan. Selain itu, karena perkembangannya sangat pesat saat ini, banyak merchant-merchant yang memberikan promo khusus. Tentunya, cara ini bisa membuat Anda lebih hemat.

Salah satu uang digital yang bisa Anda download secara gratis melalui Android adalah TrueMoney Wallet. Setiap bulannya setelah menerima uang gajian, Anda bisa menambahkan isi saldo ke akun TrueMoney Wallet Anda. Bagi member teregistrasi, Anda bisa menyimpan saldo hingga 10 juta rupiah dengan TrueMoney Wallet. Hal ini sangat praktis untuk melakukan transaksi apapun di berbagai merchant yang bekerjasama dengan TrueMoney.

Setelah mengetahui cara-cara untuk mengelola uang gajian, ini saatnya Anda melakukannya dengan konsisten dan disiplin. Nah, jika Anda tiba-tiba diharuskan  mengeluarkan dana tunai untuk mengirimkan uang ke keluarga yang tidak memiliki rekening, Anda bisa lho memanfaatkan layanan remittance dari TrueMoney yang lebih praktis dan mudah.