Berita

5 Uang Online Praktis yang Buat Hidup Lebih Efisien

 25 January 2019

Hidup lebih efisien, siapa yang tak mau? Sejak zaman dahulu dari tahun ke tahun proses transaksi keuangan telah berevolusi menjadi lebih praktis. Berbagai macam mata uang juga sudah banyak bermunculan mulai dari logam mulia, uang kertas, hingga uang yang bersifat cashless. Saat ini, uang online sedang populer di kalangan masyarakat. Jenis transaksi yang satu ini memang menawarkan banyak manfaat dengan fitur cashless-nya. Tentu saja, hal ini sangat cocok dengan keadaan yang berlangsung di masyarakat sekarang.

Memang, sampai saat ini uang tunai masih digunakan dan dominan karena sudah menjadi alat transaksi banyak orang. Tapi seiring berkembangnya zaman, apalagi dengan maraknya penggunaan smartphone, sebagian orang lebih menyukai transaksi non-tunai dibandingkan uang tunai karena lebih efektif. Berikut adalah jenis uang online praktis yang bisa Anda gunakan!

 

 

1. Kartu Kredit yang Dikeluarkan Bank

 

Sejak kemunculannya pada sekitar tahun 1940-an, cara transaksi ini menjadi fenomena besar yang mengubah cara hidup masyarakat. Kartu kredit sendiri adalah uang pinjaman berbentuk cashless dari bank yang bisa digunakan untuk bertransaksi seperti berbelanja. Kartu kredit bisa disebut sebagai uang online, karena sifatnya yang non-tunai. Selain digunakan untuk belanja di toko offline melalui mesin EDC, biasanya kartu kredit sering digunakan sebagai alat pembayaran pada e-commerce. Untuk melakukan transaksi melalui e-commerce, Anda hanya perlu memasukan nomor kartu beserta kode CVV atau CVC yang tertera. Saking populernya, pemilik kartu ini sudah mencapai ratusan juta di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri penggunanya masih relatif stabil dari tahun ke tahun, yaitu tidak lebih dari 20 juta.

 

 

2. Kartu Debit dari Tabungan Rekening

 

Sama halnya dengan kartu kredit, kartu debit juga sistem transaksi finansial yang dikeluarkan oleh pihak bank. Bedanya, kartu debit berasal dari tabungan nasabah dalam nomor rekening. Jadi, hanya bisa digunakan saat ada saldo dalam kartu tersebut. Kartu debit juga bisa dibilang sebagai uang online, karena transaksinya dilakukan secara non-tunai. Biasanya,  kartu ini digunakan untuk berbelanja pada merchant-merchant yang menyediakan mesin EDC. Tetapi, saat ini kartu debit juga sudah ada yang bisa digunakan untuk bertransaksi online. Namun, hanya kartu bertanda visa atau mastercard yang bisa melakukannya. Cara kerjanya sama dengan kartu debit, Anda hanya perlu memasukan nomor kartu beserta kode CVV atau CVC tertera. Tapi sebelumnya, Anda harus pastikan kartu tersebut memiliki isi saldo yang cukup, ya.

 

 

3. Mata Uang Populer Bitcoin

 

Pasti Anda pernah mendengar Bitcoin, beberapa waktu lalu mata uang online ini sempat populer di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Bitcoin sendiri adalah sistem kas transaksi global yang hanya ada di dunia digital. Ada fitur menarik yang ditawarkan yaitu sifatnya yang anonim dan biaya transaksi yang sangat rendah (hampir 0). Anda bisa transfer Bitcoin ke mana saja di dunia asalkan terkoneksi dengan internet. Tetapi, ternyata uang online ini tak hanya digunakan untuk transaksi, melainkan juga investasi. Banyak para digital geek yang menginvestasikan aset mereka ke dalam bentuk Bitcoin. Tak heran, memang keuntungannya juga banyak contohnya di tahun 2017 silan harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

 

 

4. Cryptocurrency Ethereum

 

Sebenarnya, Ethereum sangat mirip dengan Bitcoin. Mereka sama-sama sebuah cryptocurrency dan jaringan peer-to-peer publik dengan mata uang online yang bernama Ether. Diciptakan tahun 2015, Ethereum memiliki tujuan membuat mata uang digital yang bukan hanya berfungsi layaknya Bitcoin, namun juga memiliki fitur smart contract untuk menentukan secara otomatis kapan pembayaran dilakukan. Seperti Bitcoin, banyak orang berbondong-bondong menginvestasikan asetnya pada Ethereum, karena memang cryptocurrency memiliki potensi yang luar biasa. Namun, Anda juga perlu hati-hati karena Ethereum nilainya masih bersifat fluktuatif sehingga ada kemungkinan akan terjadi momen volatil di masa mendatang.

 

 

5. Uang Online dari TrueMoney Wallet

 

Terakhir, Anda bisa menggunakan uang online yang disediakan TrueMoney lewat TrueMoney Wallet. Dikenal sebagai penyedia jasa pengiriman uang tanpa rekening atau remittance, TrueMoney mengembangkan uang digital yang bisa diakses semua kalangan tanpa harus memiliki nomor rekening. Anda hanya tinggal download aplikasinya secara gratis melalui Playstore pada Android.

 

Kemudahan dalam hal pembayaran tagihan, pengiriman uang, pembelian pulsa, listrik, hingga paket internet bisa Anda nikmati melalui uang online ini. Terdapat dua tipe wallet yang bisa dipilih yaitu, Member dan Agen yang keduanya memiliki manfaatnya masing-masing. Selain itu, Anda juga bisa memakainya untuk belanja pada merchant-merchant seperti Alfamart atau Bebek Kaleyo. Cari tahu kelebihan lain dari TrueMoney Wallet pada artikel berikut.