Berita

Mudah! Ini Cara Kirim Uang dari Malaysia

 13 March 2020

Tahukah, Anda? Berdasarkan katadata.co.id, data jumlah warga Indonesia yang tinggal di luar negeri menjadi TKA (Tenaga Kerja Asing) meningkat setiap tahunnya, terutama negara Malaysia. Tercatat sebanyak 3,3 juta juta jiwa TKA (dari catatan tahun 2019) yang menetap di negeri jiran Malaysia. Nah, bagi Anda yang ingin mengirimkan uang dari Malaysia ke Indonesia maupun sebaliknya, bisa menggunakan TrueMoney Indonesia. Yuk, simak cara kirim uang berikut ini. Dijamin aman dan sampai ke orang yang dituju dengan tepat!

Unduh Aplikasi Truemoney

1. Unduh Aplikasi TrueMoney

Pertama-tama, sebelum mengetahui cara kirim uang dari Malaysia lebih lanjut, Anda perlu mengunduh terlebih dahulu aplikasi member TrueMoney di Play Store. Perlu dicatat, aplikasi ini hanya bisa diunduh di smartphone tipe Android. Setelah berhasil diunduh, langsung klik aplikasi untuk masuk ke halaman utama. Pilih opsi ‘Registrasi’ untuk melanjutkan proses pendaftaran data diri Anda.

Registrasi Data Diri

2. Registrasi Data Diri

Langkah selanjutnya setelah mengunduh aplikasi ialah, melakukan registrasi data diri Anda. Pastikan isi identitas diri Anda dengan teliti untuk meminimalkan kesalahan dan hambatan yang bisa terjadi. Selain itu, penting untuk memperhatikan pemilihan PIN masuk ke aplikasi supaya mudah diingat dan rahasia. Sehingga, terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Verifikasi Nomer Token

3. Verifikasi Nomor Token

Untuk melancarkan cara kirim uang dari Malaysia selanjutnya adalah memasukkan nomor token. Setelah mendaftarkan diri, Anda akan menerima nomor token untuk verifikasi. Kira-kira 5 menit setelah melengkapi identitas diri, Anda akan menerima nomor melalui SMS. Setelah Anda menerima nomornya, segera buka aplikasi dan masukkan nomor token tersebut.

Isi Saldo Sesuai Kebutuhan

4. Isi Saldo Sesuai Kebutuhan

Jika sudah mengunduh aplikasi dan memverifikasi data diri, saatnya Anda mengisi saldo untuk melanjutkan transaksi pengiriman uang dari Malaysia. Pastikan nominal saldo yang diisi sudah sesuai dengan keperluan Anda. Hal ini supaya Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dalam proses transfer uang ke Malaysia.

Pengisian saldo elektronik untuk transaksi dari luar negeri dan dalam negeri di aplikasi bisa Anda lakukan melalui beberapa cara. Mulai dari gerai ATM, Alfamart, Alfamidi atau mobile/internet banking hingga gerai agen TrueMoney di dekat tempat tinggal Anda. Berikut ini beberapa cara isi saldo TrueMoney di luar negeri.

Untuk pengisian saldo TrueMoney dapat dilakukan dengan cara transfer ke virtual account Bank BRI atau Bank BTN (Bank Tabungan Negara) dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Pertama-tama, kunjungi ke Agen pengiriman uang manapun (yang dapat melakukan transfer uang ke rekening Bank di Indonesia). Berikut terlampir daftar Agen pengiriman uang di Malaysia: Merchantrade, Valyou, Cash Laju, Western Union (biaya kirim uang dan nilai tukar ditentukan oleh Agen pengiriman uang yang telah Anda pilih, tidak ditentukan oleh TrueMoney).
  • Kedua, pilih rekening tujuan, yaitu Bank BRI/BTN. Pada pengisian nomor rekening adalah nomor virtual account BRI, yaitu: 10476 + nomor HP dan nomor virtual account BTN, yaitu: 9990089 + nomor HP (nomor akun TrueMoney Anda adalah nomor HP Anda).
  • Selanjutnya, setelah transfer uang ke rekening Bank BRI/BTN selesai, saldo Anda akan bertambah secara otomatis.

Itu dia empat langkah cara kirim uang dari Malaysia yang bisa Anda lakukan. Kabar baiknya, tidak hanya dari dan ke Malaysia saja, Anda bisa melakukan transaksi pengiriman uang ke beberapa negara lainnya, antara lain UAE, Qatar, Saudi Arabia, Hong Kong, Korea Selatan, Taiwan, Brunei, Malaysia, dan Singapura.