Berita

Cara Transfer Tanpa Rekening, Selain Kirim Uang via Indomaret!

 13 September 2019

Sekarang, proses transfer bisa dilakukan dengan banyak cara, bahkan tanpa rekening. Anda pasti sudah mengetahui kalau jasa mengirim uang juga sudah tersedia di berbagai minimarket di Indonesia, contohnya Indomaret dan Alfamart. Selain terjangkau, kirim uang via Indomaret dan Alfamart juga mudah karena gerainya tersebar luas di berbagai daerah jadi sangat mudah ditemui. Hanya perlu mengunjungi minimarket yang Anda tuju, lantas lakukan transaksi di kasir dengan menyertakan KTP, SIM, serta nomor telepon. Tapi, tenang untuk dapat mentransfer uang Anda tanpa rekening, kirim uang via Indomaret bukanlah satu-satunya cara yang bisa dilakukan. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengirimi uang tanpa memakai rekening.

 

 

1. Teller Bank

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mengirimkan uang lewat teller bank. Hampir mirip dengan proses kirim uang via Indomaret, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi cabang Bank tujuan yang Anda ingin kirimkan. Berikan informasi kepada satpam, agar nomor antrean bisa langsung diambil. Kemudian, ambil formulir Slip Setor Tunai untuk diisi. Pastikan Anda mengisi nomor rekening tujuan dengan benar, ya. Jika nomor antreanmu sudah disebutkan, Anda tinggal menyerahkan formulir yang telah diisi ke teller bank. Biasanya biaya setiap bank berbeda-beda, jadi pastikan Anda membawa lebihan uang, ya!

 

 

2. Delima Plasa Telkom

DELIMA adalah singkatan dari Delivery Money Access, layanan ini adalah jasa yang disediakan oleh Telkom berupa aplikasi. Biasanya, terdapat beberapa tempat yang menggunakan aplikasi Delima (Mitra Cash Point) agar Anda bisa mengirimkan uang secara domestik ataupun internasional. Mirip sekali dengan kirim uang via Indomaret, Anda hanya perlu mendatangi Plasa Telkom dengan membawa identitas diri (KTP, SIM, paspor) lalu isi formulir yang tersedia. Setelah itu Anda bisa langsung memberikan uang sejumlah yang ingin dikirimkan kepada operator. Jangan lupa meninggalkan nomor telepon genggam Anda, agar bukti transaksi bisa langsung diterima melalui SMS.

 

 

3. JNE Remittance

Buat Anda yang belum tahu, JNE ternyata tidak cuma bisa melakukan pengiriman barang, namun juga servis kirim uang. Sama seperti cara layanan kirim uang via Indomaret atau servis lainnya, Anda bisa langsung datang ke gerai JNE terdekat untuk melakukan transaksi. Setelah mengisi formulir pengiriman uang dan transaksi sudah berhasil Anda akan diberikan nomor PIN rahasia yang berguna untuk penerima uang saat nantinya ingin mengambil uang kiriman Anda.  Tapi sayangnya, tidak semua lokasi JNE dapat melakukan transaksi ini, hanya lokasi-lokasi JNE yang disertakan logo Western Union saja yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengiriman. Hal yang satu ini jangan sampai luput, ya! Ingatkan penerima uang untuk mengisi formulir terlebih dahulu saat berada di Plasa Telkom, setelah itu tunjukkan kartu identitas dan PIN rahasia yang Anda berikan.

 

 

4. TrueMoney Wallet 

Berbeda dengan servis kirim uang via Indomaret, JNE, ataupun Telkom. TrueMoney Wallet menyediakan cara yang lebih beragam untuk melakukan transaksi pengiriman uang. Selain lewat minimarket seperti Alfamart dengan kemudahan mudah ditemui di mana saja, TrueMoney juga menyediakan aplikasi wallet yang memudahkanmu mengirimkan uang ke mana saja dan kapan saja. Mulai dari domestik sampai internasional. Cukup download aplikasinya melalui device Android Anda, lalu lakukan proses registrasi. Ada dua jenis aplikasi TrueMoney Wallet, yaitu Member dan Agen. Untuk melakukan pengiriman uang, Anda hanya perlu mendownload aplikasi member saja.  Selain mengirimkan uang, aplikasi TrueMoney Wallet ini juga memiliki kegunaan lain seperti, membayar tagihan beberapa utilitas publik, membeli pulsa dan kuota internet dan lain sebagainya. Yuk, intip ragam kemudahannya di sini!