Berita

Cara Mudah Pengiriman Uang dari Indonesia ke Afrika

 03 July 2020

Jumlah penduduk Indonesia sangat banyak jumlahnya, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Jadi bukannya tidak mungkin kalau saudara atau kerabat Anda adalah salah satunya. Kebutuhan transfer antarnegara memang sudah umum dan mudah ditemui di zaman sekarang. Meskipun begitu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Artikel ini akan membahas cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pengiriman uang dari Indonesia ke Afrika (Nigeria dan Pantai Gading), Malaysia, Singapura, dan Filipina.

 

1. Ketahui Kurs Jual Mata Uang Negara Tujuan

Hal pertama jika Anda ingin melakukan pengiriman uang dari Indonesia ke Afrika atau negara dari benua-benua lainnya adalah mengetahui nilai tukar/kurs mata uang negara tujuan. Perlu diketahui bahwa ada dua jenis kurs, yaitu kurs jual dan kurs beli. Kurs beli adalah nilai tukar uang asing kepada rupiah. Jadi kalau kita ingin menukarkan dollar, ringgit, real dan semacamnya kepada rupiah maka money changer akan memperlakukan kurs beli. Dan sebaliknya jika kita ingin menukarkan rupiah kepada mata uang asing maka money changer  akan memperlakukan kurs jual. Perlu diingat bahwa kurs jual dan kurs beli memiliki nilai yang berbeda jadi jangan sampai salah. Jika Anda ingin melakukan pengiriman, maka yang perlu diperhatikan adalah kurs jual.

2. Cari Layanan Transfer yang Tepat

Untuk melakukan pengiriman uang ke Afrika atau negara-negara lainnya, kita perlu menemukan layanan transfer yang tepat dan terpercaya. Saat ini banyak sekali layanan transfer untuk antarnegara seperti Western Union, Paypal, dan juga TrueMoney. Kali ini kami akan membahas lebih detail tentang pengiriman antarnegara dengan TrueMoney, karena TrueMoney memiliki layanan transfer yang cepat dan mudah. Selain itu TrueMoney juga terdaftar secara resmi sebagai Fintech oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan, jadi sudah pasti aman!

3. Pengiriman Lewat TrueMoney Untuk Diambil Tunai

Dengan TrueMoney Anda bisa melakukan pengiriman untuk diambil tunai oleh penerima yang berada di Nigeria, Pantai Gading, Malaysia, Singapura dan Filipina. Caranya adalah buka aplikasi member TrueMoney kemudian pilih menu transfer. Klik pada pilihan kirim uang ke luar negeri dan pilih negara tujuan penerima uang Anda kemudian pilih tunai. Setelah itu Anda harus mengisi data diri lengkap Anda yang sesuai dengan identitas. Jika data diri sudah Anda rasa benar, maka pilih lanjut/next. Isi nominal uang yang ingin Anda kirim kemudian pilih lanjut/next. Pastikan transaksi Anda sudah benar dan jika sudah yakin pilih konfirmasi. Kemudian transaksi Anda akan diproses. Tunggu notifikasi yang akan melaporkan pengiriman Anda sudah berhasil.

4. Mengirim ke Rekening Bank Luar Negeri dari TrueMoney

Selain mengirim uang tunai antarnegara, TrueMoney juga menyediakan layanan pengiriman ke rekening bank luar negeri. Buka aplikasi member TrueMoney Anda dan pilih menu transfer. Klik pada opsi kirim uang ke luar negeri kemudian pilih negara tujuan penerima. Kemudian pilih bank dan isi data diri Anda yang sesuai dengan identitas. Kemudian masukan nominal uang yang ingin Anda kirim dan pilih lanjut/next. Pastikan kalau transaksi Anda sudah sesuai kemudian pilih konfirmasi. Setelah itu tunggu transaksi Anda diproses dan akan ada laporan yang memberitahukan jika transaksi sudah berhasil. Anda juga bisa mengirim melalui wallet TrueMoney ataupun lewat cash yang bisa Anda sesuaikan pada bagian Send Method.

Pakai TrueMoney untuk pengiriman uang ke seluruh Indonesia atau ke antarnegara. Pengiriman yang cepat, aman, dan mudah karena tidak memerlukan rekening cukup dengan menggunakan aplikasi juga. Jadilah member TrueMoney untuk melakukan pembayaran seperti PLN paskabayar, BPJS, telepon rumah, PDAM, Telkom Vision, Telkom Speedy, dan pembayaran cicilan kredit ataupun untuk melakukan pengiriman uang tanpa rekening. Jika Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan cek juga cara untuk menjadi agen TrueMoney.