Berita

Tips Hidup Hemat dan Menerapkannya dengan Mudah!

 17 July 2020

Mengingat inflasi yang terus mengalami kenaikan tiap tahun, biaya hidup pun pastinya turut mengalami peningkatan. Maka dari itu, untuk memenuhinya Anda perlu memutar otak agar pengeluaran tetap  on-track dan terhindar dari perilaku boros. Berikut adalah tips hidup hemat yang bisa ditiru demi menerapkan hidup nyaman sesuai kebutuhan. 

1. Tentukan Skala Prioritas dan Daftar Pengeluaran

Tentukan Skala Prioritas dan Daftar Pengeluaran

 “Wah enak nih awal bulan, masih tanggal muda bisa belanja yang puas deh” seperti itu biasanya kalimat ungkapan yang biasa digunakan untuk menyebut hari gajian. Memang sih hari gajian itu hari yang paling menyenangkan, karena akhirnya Anda bisa membeli barang-barang yang sudah diimpikan. Namun bagaimana dengan biaya pengeluaran Anda bulan ini? Jangan sampai saking senangnya belanja, Anda sampai harus makan mie instan terus-terusan di akhir bulan. Oleh karena itu penting buat Anda membuat skala prioritas dan daftar pengeluaran bulanan. Prioritaskan apa yang mau Anda beli pada bulan itu. Apakah Anda benar-benar membutuhkan barang itu ataukah hanya keinginan saja? Apakah Penghasilan Anda bulan itu mencukupi untuk biaya hidup setelah membeli barang itu? Tanyakanlah kepada diri Anda pertanyaan-pertanyaan seperti ini. Jika Anda sudah yakin, baru beli barang tersebut. Jangan lupa juga untuk membuat daftar perincian pengeluaran sebagai tips hidup hemat Anda. Atur pengeluaran Anda setiap bulan, tetapi ingat juga untuk mematuhinya. Jangan sampai pengeluarannya membengkak. 

2. Alihkan Anggaran untuk Shopping ke Investasi 

Alihkan Anggaran Untuk Shopping Ke Investasi

 Shopping/belanja memang sangat menyenangkan. Baik Anda jalan-jalan ke pusat perbelanjaan untuk shopping atau dari rumah saja menggunakan aplikasi e-commerce, belanja selalu terasa menyenangkan. Namun apakah barang yang Anda beli itu akan terpakai? Atau hanya untuk memuaskan hasrat belanja saja? Walaupun harga barang-barang yang ada di e-commerce tergolong murah, tetapi jika Anda sering melakukan transaksi akumulasinya akan besar juga. Jadi tips hidup hemat selanjutnya untuk Anda adalah alihkan biaya belanja/shopping yang tidak perlu ke investasi. Sekarang banyak investasi yang bisa dilakukan oleh para pemula contohnya seperti saham dan reksadana. Investasi yang Anda lakukan tidak perlu besar, reksadana menetapkan modal minimal adalah 100.000 rupiah. Jadi berhentilah shopping yang kurang berguna dan mulailah alihkan dana Anda ke investasi. 

3. Gunakan Aplikasi untuk Membayar Tagihan

Gunakan Aplikasi Untuk Membayar Tagihan

 Membayar tagihan adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan setiap bulannya. Namun membayar tagihan itu juga bisa menjadi mahal dan merepotkan. Anda harus mengeluarkan ongkos atau uang bensin jika bepergian untuk membayar tagihan seperti listrik atau air di perusahaan yang terkait. Mungkin Anda juga bisa membayarnya di mesin ATM terdekat, tetapi itu juga tetap memerlukan usaha. Membayar menggunakan aplikasi seperti TrueMoney juga bisa menjadi salah satu tips hidup hemat loh. Karena dengan menggunakan TrueMoney Anda bisa membayar semua kebutuhan cuma dari genggaman saja. Dengan TrueMoney Anda bisa melakukan pembayaran tagihan bulanan PLN, PDAM, telepon/ponsel, internet, BPJS, TV berbayar dan multifinance. Selain itu Anda bisa melakukan pembelian seperti pembelian pulsa, paket data internet, token listrik, dan voucher games.

4. Pisahkan Rekening Pengeluaran dan Tabungan

Pisahkan Rekening Pengeluaran dan Tabungan

 Apakah Anda pernah secara sengaja atau tidak, memakai uang yang ditabung di rekening? Hal ini sangat lumrah terjadi, karena biasanya Anda tidak memisahkan rekening tabungan. Tips hidup hemat selanjutnya adalah pisahkan rekening pengeluaran dan tabungan Anda. Jadi begitu gaji bulanan Anda ditransfer ke rekening Anda, langsung segera sisihkan sejumlah uang yang Anda niatkan untuk ditabung. Jadi rekening yang satunya lagi bisa Anda pakai untuk pengeluaran bulanan. Dengan begitu uang tabungan Anda tidak akan terpakai. Kemudian, berikan kartu rekening tabungan itu kepada orang tua atau pasangan Anda. Tujuannya agar Anda tidak dapat dengan mudah mengakses uang tabungan itu. Kalau Anda dengan mudah mengakses tabungan itu, maka dengan mudah juga Anda akan tergiur menggunakannya. Apalagi jika uang bulanan Anda sudah habis.

Itu tadi 4 tips hidup hemat yang bisa dengan mudah Anda terapkan. Memulai kebiasaan yang bagus seperti hidup hemat mungkin agak susah, tetapi jika mengingat manfaatnya seperti bisa memiliki usaha, atau jalan-jalan ke luar negeri dan bahkan memiliki properti Anda sendiri, Anda juga pasti ingin memulai hidup hemat sekarang juga. Mulai hidup hemat Anda dengan melakukan pembayaran tagihan bulanan menggunakan TrueMoney. Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi agen TrueMoney. Nanti hasilnya bisa menambah tabungan Anda juga loh!