Berita

Tips Melakukan Pertukaran Uang Sampai Transfer ke Luar Negeri

 13 September 2019

Banyak riset yang sudah membuktikan bahwa peningkatan jumlah pekerja dan pelajar di luar Indonesia semakin meningkat. Tidak hanya itu, frekuensi kunjungan masyarakat Indonesia ke luar negara juga meningkat seiring berjalannya waktu. Berangkat dari fakta tersebut, dapat kita simpulkan bahwa kebutuhan akan pertukaran uang, transfer lintas negara dan ragam transaksi lintas negara pun turut meningkat. Yuk, perhatikan beberapa tips berikut untuk bantu Anda melakukan transaksi mulai dari pertukaran uang sampai pengiriman uang.

 

 

1. Melalui Money Changer

Hal pertama yang paling umum dilakukan untuk melakukan transaksi pertukaran uang adalah pergi ke money changer. Tempat ini sangat mudah ditemukan. Mulai dari bandara, tempat perbelanjaan, bahkan di pinggir jalan pun tidak jarang kita menemukan plang jasa penukaran ini. Lokasi yang mudah ditemui di dalam negeri maupun luar negeri, membuat money changer sangat digemari untuk melakukan transaksi tersebut. Eits, tapi hati-hati, kalau Anda berencana menukarkan uang Anda di sini, pastikan tempatnya berlisensi resmi, ya! Agar nilai tukar yang didapatkan lebih baik dan terhindar dari kasus-kasus penipuan.

 

 

2. Via ATM

Selain melakukan pertukaran uang dengan money changer, transaksi tukar menukar mata uang dengan valuta asing pun bisa saja kamu lakukan di ATM. Tapi, pertukaran biasanya hanya bisa dilakukan di ATM negara asal yang kamu kunjungi. Biasanya sih pilihan ini dilakukan ketika berada dalam keadaan terdesak, misalnya ketika belum sempat menukarkan uang di negara asal atau kehabisan uang saat sedang berjalan-jalan. Syarat melakukan ini adalah menggunakan kartu debit atau kartu kredit yang memiliki jaringan internasional, seperti Cirrus, VISA, Mastercard, Maestro dan Plus. Untuk info tambahan, biasanya biaya administrasi untuk penarikan uang antar negara juga tidak terlalu besar, sekitar Rp25.000 per sekali tarikan saja bagi kartu debit, beda halnya jika menggunakan kartu kredit. Akan ada perhitungan lainnya yang menambah charge.

 

 

3. Lewat Bank

Menukar uang di Bank saat ingin melakukan perjalanan ke negeri lain juga cukup umum digunakan. Selain mudah dijangkau karena banyaknya cabang, kadang melakukan penukaran di bank meninggalkan kesan yang lebih aman buat para penukar. Bank juga memiliki exchange rate yang baik. Tapi, khusus untuk pertukaran uang di bank, lebih baik Anda melakukannya di negara asal ketimbang di negara tujuan, karena nilai belinya lebih baik terhadap daripada di negara tujuan. Nah, selain menukarkan, bank juga menyediakan fitur pengiriman uang ke lintas negara buat Anda yang membutuhkannya. Misalnya, mentransfer bulanan anak yang berkuliah di luar, atau memberikan uang untuk menitip belikan sesuatu melalui kerabat di luar negeri. Berbeda dengan transaksi menukar uang, pengiriman uang biasanya disertakan beberapa syarat administratif yang mencantumkan nomor rekening bank yang dituju di luar sana.

 

 

4. Melalui Aplikasi

Kalau sedari tadi sudah membicarakan soal transaksi pertukaran uang melalui banyak cara, khusus untuk pengiriman uang ke luar negeri Anda bisa tempuh hanya dengan aplikasi TrueMoney Wallet. Cukup unduh aplikasi di device android Anda, pilih aplikasi Member TrueMoney Wallet, registrasi, isi saldo and voila! Anda bisa langsung melakukan ragam transaksi mulai dari ranah domestik sampai lintas negara. Bahkan tidak hanya itu, terdapat fitur-fitur lainnya yang memungkinkan Anda melakukan transaksi lain, seperti membayar tagihan utilitas publik, sampai membeli pulsa. Dapatkan kemudahannya dan cek selengkapnya di sini.