Berita

Tips Tukar Mata Uang Buat Jalan-jalan ke Luar Negeri

 27 September 2019

Menuju akhir tahun, pasti sudah banyak wacana liburan yang dipikirkan. Termasuk diantaranya jalan-jalan ke luar negeri. Pengalaman berlibur lintas negara memang terdengar sangat menyenangkan, namun banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan dipersiapkan secara matang. Hal ini dilakukan agar momen liburan Anda lancar. Biasanya yang harus disiapkan saat akan liburan itu meliputi tujuan destinasi, kepastian musim di negara tujuan, tiket pesawat, akomodasi, tempat tinggal, sampai perihal dana yang harus disiapkan untuk tukar mata uang. Nah, artikel ini akan memberikan Anda beberapa tips melakukan transaksi tukar mata uang saat ingin berlibur. Yuk, simak!

 

 

1. Riset Nilai Tukar Mata Uang

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum Anda menukarkan uang Anda ke currency asing adalah melakukan riset. Cari tahu kurs yang berlaku, kemudian bandingkan nilai tukar mata uang di banyak tempat dengan memperhatikan kurs jual dan kurs beli. Karena kondisinya yang ingin Anda konversi adalah nilai Rupiah dengan asing, jadi melakukan riset kurs beserta tempat menukar yang paling pas itu perlu, karena Anda pasti mencari kurs jual yang paling rendah.

 

 

2. Hati-hati Memilih Tempat Tukar Mata Uang

Money Changer adalah tempat yang sangat umum digunakan saat ingin melakukan transaksi tukar uang. Selain karena memiliki nilai tukar yang tinggi dibandingkan bank, sudah banyak lokasi jasa money changer di Indonesia maupun luar negeri. Jadi mencarinya pun sudah tidak sulit. Memang masih banyak tempat tukar lainnya seperti bank atau bandara, tapi kalau bisa dijadikan opsi setelahnya. Apalagi di bandara, nilai uang Anda bisa-bisa dinilai rendah dan mengalami pengurangan sampai dengan 20%, lho. Tapi proses menukar valuta asing di layanan money changer juga harus ekstra hati-hati, sebab tidak jarang ada penyedia jasa yang belum terpercaya serta kredibel. Jadi pastikan kalau tempat menukar valuta yang Anda gunakan terpercaya, ya!

 

 

3. Lakukan Tukar Mata Uang dalam Waktu yang Tepat dan Jumlah Sesuai

Setelah melihat 2 tips di atas, pasti Anda akan lebih tertarik menukarkan uang Anda di money changer, tapi satu hal lagi yang perlu Anda perhitungkan, yaitu jumlah nominal yang sesuai dan waktu penukaran yang tepat. Biasakan membuat anggaran berlibur terlebih dahulu, serta menentukan pos-pos keuangan sehingga saat menukarkannya Anda tidak perlu takut merasa kurang atau kelebihan ambil.

Nah, maksud waktu yang tepat adalah pertimbangan waktu penukaran yang paling cocok karena nilai kurs bersifat fluid. Kurs pada hari ini saja bisa jadi sudah tidak berlaku untuk esok hari dan nilainya pun tidak selalu pasti. Namun, ada kemungkinan jika Anda menukar uang dari jauh-jauh hari, bisa jadi lebih menguntungkan karena nilai kurs jual sedang berada pada posisi yang relatif rendah daripada melakukan transaksi saat mendekati keberangkatan.

 

 

4. Manfaatkan Aplikasi Terpercaya untuk Transaksi Mendesak

Berbeda dengan cara transaksi pertukaran uang di atas, tips terakhir ini bisa Anda gunakan dalam keadaan terdesak. Saat ini sudah banyak aplikasi terpercaya untuk melakukan bermacam-macam transaksi, termasuk di antaranya mengirimkan uang ke negara lain. Hanya dengan mengunduh TrueMoney Wallet di device Android Anda, transaksi luar kota sampai lintas negara bisa dilakukan dengan mudah. Jadi jika Anda atau sanak saudara Anda sedang berlibur namun ternyata tidak membawa budget yang sesuai, proses kirim-mengirim nominal uang bisa langsung dilakukan melalui aplikasi TrueMoney Wallet Member. Nah mulai dari tips menukarkan valuta sampai menggunakan aplikasi keuangan saat keadaan terdesak sudah diungkapkan, jadi mau jalan-jalan ke mana Anda saat musim liburan nanti?

**

Cek selengkapnya tentang TrueMoney di sini.