Berita

Unik! 4 Pembayaran Elektronik di Dunia!

 14 June 2019

Sadarkah Anda semakin lama segala kebutuhan semakin mudah untuk dipenuhi? Ya, perkembangan teknologi faktanya sudah mengubah hampir seluruh aspek kehidupan manusia. Hal-hal yang dulunya bersifat manual, sekarang bisa didapatkan secara cepat dan mudah. Seperti halnya pembayaran elektronik yang semakin hari muncul dengan banyak inovasi, membuat masyarakat lebih mudah untuk menggunakannya. Nah, apa saja inovasi pembayaran elektronik tersebut?

 

 

1. Membayar dengan Senyuman 

 

Restoran cepat saji asal Amerika Serikat, KFC, di Tiongkok menjadi restoran pertama yang menerapkan pembayaran elektronik (non tunai) unik. Bagaimana tidak? Para pembeli cukup menyiapkan senyum mereka saja untuk membayar makanannya. 

Bersama dengan Ant Financial, Yum China Holdings Inc. mengembangkan teknologi pembayaran elektronik terbaru berbasis face recognition software dan menamakan sistem ini ‘Smile to Pay’ (membayar dengan senyuman). Untuk cara kerjanya sendiri, pertama-tama mesin akan memindai wajah konsumen, lalu konsumen memasukkan nomor ponsel mereka. Hal ini bertujuan agar terhindar dari penipuan dan pemalsuan identitas. Selain itu, mesin ini juga menjamin keamanan identitas konsumen dan pemakaiannya dengan mengkombinasikan kamera 3D dan deteksi algoritma, sehingga tidak bisa disalahgunakan orang lain. Namun sayangnya, teknologi ini belum bisa kita coba di Indonesia.

 

 

2. Bayar dengan Kunci Mobil

 

Tidak berhenti pada pembayaran dengan internet dan dompet digital, kini pembayaran elektronik sudah bisa Anda lakukan dengan kunci mobil! Ya, Anda tidak salah membacanya kok. Baru-baru ini, produsen asal Perancis DS dan Barclaycard telah menciptakan teknologi pembayaran DS3 atau Connected Chic. Hmm, lalu bagaimana cara kerjanya? Pembayaran dengan kunci mobil ini semudah membuka pintu mobil dengan memencet tombol pindai jarak jauh (scan remotely). Di dalam (remote) fob kunci mobil, disematkan chip bPay Barclaycard. Sehingga Anda bisa secara langsung melacak pembayaran yang telah dilakukan melalui aplikasi bPay baik  Android dan iPhone. Dengan adanya inovasi ini, lupa bawa dompet dan ponsel pun kini sudah bukan menjadi masalah besar.

 

 

3. Bayar dengan Jam Tangan

 

Nah, untuk inovasi selanjutnya ini sangat dekat dengan aksesori yang biasa Anda pakai sehari-hari. Ya, apalagi kalau bukan jam tangan! Aksesori yang melekat pada tangan Anda kini bisa dipercanggih dengan teknologi Near Field Communication (NFC). Cara pembayaran elektronik dengan jam tangan ini pun serupa dengan konsep pembayaran elektronik pada kartu (seperti e-money dan Flazz), yaitu dengan tap atau mendekatkan kartu ke mesin. Pembayaran elektronik dengan jam tangan berteknologi NFC ini bisa Anda pakai di manapun asalkan pihak merchant sudah menyediakan mesin yang sesuai untuk menerima pembayaran.

 

 

4. Pembayaran Elektronik dengan Scan Code

 

Pasti Anda sudah tidak asing dengan cara pembayaran ini bukan? Atau mungkin Anda baru saja melakukan pembayaran elektronik dengan QR Code ini untuk membayar makanan Anda? Ya, pembayaran elektronik terakhir yang bisa Anda gunakan adalah dengan scan QR Code.

Serupa dengan sistem sebelumnya, pembayaran dengan scan code baru bisa dilakukan apabila merchant yang dituju memiliki alat untuk menerima pembayaran ini. Selain itu, pastikan juga  Anda sudah memiliki aplikasi yang melayani transaksi jenis ini. Dan kalau memang belum, Anda bisa melakukan pembayaran kode hitam putih berlarik ini dengan aplikasi TrueMoney Wallet.

Sebelum melakukan transaksi, tentu saja Anda perlu mengunggah aplikasi TrueMoney dan registrasi terlebih dahulu. Apabila sudah, buka aplikasi TrueMoney, pilih belanja, lalu klik Ottopay QR, kemudian scan QR Code pada merchant yang dituju untuk menyelesaikan transaksi. Untuk merchant-merchant yang melayani pembayaran elektronik dengan QR Code ini, bisa Anda temui di Alfamart, Alfamidi, Bebek Kaleyo, Warunk Upnormal, KFC, Yogya Dept. store, dan juga Prima Freshmart. Selain itu Anda juga bisa pakai di merchant e-commerce, yaitu Alfacart dan Elevenia.

Tidak bisa dipungkiri, semakin hari teknologi mengambil peran penting dalam semua aspek kehidupan manusia. Bahkan pengiriman uang pun sekarang juga sudah bisa dilakukan tanpa perlu ada rekening. Tak  hanya pengiriman uang di dalam negeri saja yang dapat dilakukan di Alfamart dan Alfamidi menggunakan TrueMoney, pengiriman uang ke luar negeri seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Nigeria, dan Pantai Gading pun  dapat dilakukan hanya melalui aplikasi TrueMoney.

Segala transaksi yang tadinya tunai dan dilakukan secara manual, kini sudah menjadi non-tunai secara digital. Kalau memang bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, kenapa tidak? Selamat bertransaksi!