FAQ

Apa itu TrueMoney?

TrueMoney ialah penyedia uang elektronik & jasa remittance yang dapat digunakan bertransaksi melalui aplikasi smartphone, website, dan EDC.

Apa saja fitur TrueMoney?

Fitur TrueMoney yang Anda bisa nikmati:

  • Top up/Cash in pada Agen, Website dan ATM.
  • Cash out.
  • Transfer uang.
  • Cek saldo.
  • Mutasi transaksi.
  • Pembayaran belanja di Merchant fisik/toko atau Merchant online/website.
  • Isi pulsa ke semua operator.
  • Pembayaran tagihan bulanan Anda.

Apa saja kemudahan yang dapat dinikmati dari TrueMoney?

Beberapa kemudahan yang dapat dinikmati oleh Anda adalah sebagai berikut:

  • Aman, dalam setiap transaksi akan menggunakan PIN ataupun Fingerprint.
  • Praktis, nomor handphone sebagai nomor kepemilikan TrueMoney.
  • Tidak ada biaya administrasi bulanan.
  • Cepat, transaksi dengan nominal dibawah 100 ribu rupiah hanya perlu tapping saja.

Bagaimana cara registrasi/mendapatkan layanan TrueMoney?

Registrasi bisa dilakukan melalui agen-agen TrueMoney, via Website TrueMoney dan kantor cabang kami.

Berapa dikenakan biaya transaksi pada saat menggunakan TrueMoney?

Anda hanya dikenakan biaya pada saat registrasi TrueMoney, Anda akan dikenakan biaya satu kali SMS (Rp250 - Rp350 tergantung jenis operator). Biaya SMS akan memotong pulsa (prabayar) atau masuk ke tagihan bulanan (pascabayar).

Apakah terdapat limit transaksi dalam menggunakan TrueMoney?

Ya, berikut tabel limit transaksi TrueMoney:

Uraian Reguler Premium
1 Saldo maksimum Rp1.000.000,00 Rp5.000.000,00
2 Top up/setoran maksimum Rp20.000.000,00/bulan Rp20.000.000,00/bulan
3 Setoran awal dan setoran minimum berikutnya Rp20.000,00 Rp20.000,00
4 Pembayaran belanja Merchant fisik maupun online Sesuai saldo Sesuai saldo
5 International Remittance Tidak bisa Bisa
6 Izin cash out (tarik dana) Tidak bisa Bisa

Bagaimana dengan keamanan dalam menggunakan TrueMoney?

Berikut fitur pengamanan yang kami gunakan untuk pengguna TrueMoney:

  • Sidik jari nasabah atau member.
  • PIN TrueMoney (6 digit numerik).

Apakah saya bisa memiliki lebih dari satu rekening TrueMoney?

Bisa, namun harus dengan nomor handphone dan smartphone yang berbeda (maksimal 5 kartu tambahan member).

Apakah saya bisa mengakses layanan TrueMoney di luar negeri?

Bisa, untuk saat ini sedang dikembangkan untuk ke depan.

Apakah ada batasan saldo minimum rekening TrueMoney?

Ada, saldo minimum adalah Rp20.000.

Apakah rekening TrueMoney dikenakan biaya administrasi dan diberikan bunga seperti halnya rekening Bank lainnya?

Sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia, uang elektronik termasuk TrueMoney tidak dikenakan biaya administrasi dan tidak kena bunga.

Apa saja penyebab bila tidak dapat melakukan registrasi TrueMoney?

Penyebabnya antara lain:

  • Smartphone kamu tidak support TrueMoney.
  • SMS Center operator sibuk/antri, handphone mati, pulsa telepon selular tidak memadai, gangguan jaringan handphone maupun penyebab lainnya.

Bagaimana jika lupa PIN/TrueMoney terblokir?

Jika Anda lupa PIN TrueMoney atau PIN Anda terblokir, kamu bisa langsung menghubungi Customer Service TrueMoney.

Bagaimana jika SIM Card dan/atau handphone saya hilang atau dicuri?

Anda bisa melakukan pemblokiran dan melaporkan kehilangan ke Customer Service operator seluler dan Customer Service TrueMoney untuk ditindaklanjuti penyelesaiannya.

Apakah saya akan kehilangan uang di TrueMoney jika SIM Card /handphone saya hilang atau dicuri?

Tidak, uang Anda aman di TrueMoney, dengan kondisi tidak ada orang lain yang tahu PIN TrueMoney Anda.

Apa yang harus dilakukan jika ingin menutup TrueMoney?

Anda bisa langsung menghubungi Customer Service TrueMoney, Anda tinggal mengikuti prosedur yang sudah kami buat.

Bagaimana saya mendapat notifikasi transaksi saya berhasil atau tidak?

Apabila transaksi Anda berhasil dilakukan, Anda akan dikirimkan SMS notifikasi transaksi berhasil, dan receipt akan tercetak dari mesin EDC.

Apa yang harus dilakukan member jika sudah melakukan transaksi normal namun tidak menerima notifikasi transaksi berhasil?

Anda bisa cek terlebih dahulu saldo dan history transaksi TrueMoney. Apabila ternyata saldo tidak berkurang (transaksi tidak berhasil), silakan mencoba lagi. Namun, jika saldo sudah berkurang namun transaksi tidak berhasil dilakukan, kamu bisa hubungi Customer Service.

Apa yang harus saya lakukan bila rekening TrueMoney terdebet namun transaksi gagal/terdebet dua kali atas transaksi yang sama/nasabah lebih bayar (salah memasukan nominal bayar)?

Anda bisa langsung menghubungi Customer Service TrueMoney.

Apa saja penyebab bila tidak dapat melakukan registrasi TrueMoney?

Penyebabnya antara lain:

  • Smartphone kamu tidak support TrueMoney.
  • Nomor handphone yang didaftarkan tidak terdaftar/aktif.

Bagaimana jika lupa PIN/ Account TrueMoney terblokir?

Jika Anda lupa PIN TrueMoney atau PIN Anda terblokir, kamu bisa langsung menghubungi Customer Service TrueMoney.

Bagaimana jika SIM Card dan/atau handphone saya hilang atau dicuri?

Anda bisa melakukan pemblokiran dan melaporkan kehilangan ke Customer Service operator seluler dan Customer Service TrueMoney untuk ditindaklanjuti penyelesaiannya.

Apakah saya akan kehilangan uang di TrueMoney jika SIM Card/handphone saya hilang atau dicuri?

Tidak, uang Anda aman di TrueMoney, dengan kondisi tidak ada orang lain yang tahu PIN TrueMoney Anda.

Apa yang harus dilakukan jika ingin menutup TrueMoney?

Anda bisa langsung menghubungi Customer Service TrueMoney di kantor pusat atau kantor cabang kami.

Apa yang harus saya lakukan bila rekening TrueMoney terdebet namun transaksi gagal/terdebet dua kali atas transaksi yang sama/nasabah lebih bayar (salah memasukan nominal bayar)?

Anda bisa langsung hubungi Call Center TrueMoney.