Syarat dan Ketentuan
SYARAT DAN KETENTUAN APLIKASI TRUEMONEY
(TrueMoney Wallet Indonesia)
 
Syarat dan Ketentuan ini berlaku untuk semua para Pengguna Aplikasi TRUEMONEY yang
Layanannya disediakan oleh PT Witami Tunai Mandiri ("TRUEMONEY INDONESIA", atau"Kami")
sehubungan dengan penggunaan dan akses Aplikasi TRUEMONEY.
 
I. DEFINISI
 
1. TRUEMONEY INDONESIA adalah operator uang elektronik berbasis server yang didirikan
dan dikelola oleh PT. Witami Tunai Mandiri berdomisili di Millenium Centennial Center,
Lantai 36. Jl. Jend Sudirman Kav 25, Kuningan-Setiabudi, Jakarta Selatan, 12920, yang telah
diberi izin dan diawasi oleh Bank Indonesia, yaitu:
 
a) Penerbit Uang Elektronik sesuai dengan Surat No. 16/129 / DKSP tertanggal 18 Juli
2014 sebagaimana diperpanjang dengan Surat No. 20/259/DKSP/Srt/B tertanggal 12
Juli 2018 yang dikeluarkan oleh Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran atau
DKSP”; dan
 
b) Penyelenggara Transfer Dana sesuai dengan Sertifikat No. 16/152/DKSP/58
tertanggal 18 Juli 2014.
 
2. ID TRUEMONEY adalah identitas para Pengguna Aplikasi TRUEMONEY untuk tujuan
mengakses Layanan, dan aplikasi seluler.
 
3. KYC adalah Prinsip Pengenalan Nasabah (Know Your Customer) sebagai rangkaian tahapan
lebih lanjut dari Customer Due Diligence, KYC merupakan tindakan untuk melakukan proses
identifikasi, verifikasi, dan pemantauan calon Pengguna yang dilakukan oleh TRUEMONEY
INDONESIA sebelum calon Pengguna disetujui oleh TRUEMONEY Indonesia sebagai
pengguna layanan Aplikasi TRUEMONEY.
 
4. Akun Dormant adalah Agen TrueMoney yang didapatkan tanpa Transaksi atau Akun
Dormant merupakan akun yang didapatkan tidak ada Transaksi dalam waktu 3 (tiga) bulan
berturut-turut.
 
5. Layanan terdiri dari layanan Uang Elektronik dan Transfer Dana yang memungkinkan
Pengguna memiliki saldo batas di Aplikasi TRUEMONEY.
 
6. Agen TRUEMONEY adalah individu atau entitas tertentu yang bermitra dengan TRUEMONEY
INDONESIA untuk mendistribusikan Layanan kepada Anggota dan non-Anggota, melalui
aplikasi smartphone berbasis Android.
 
7. Pedagang adalah toko ritel atau pihak ketiga berdasarkan perjanjian dengan TRUEMONEY
INDONESIA yang menawarkan Produk dan Layanan kepada para Pengguna.
 
8. Members atau (Para) Anggota adalah Pengguna Aplikasi TRUEMONEY yang kepadanya telah
atau belum dilakukan CDD atau KYC.
 
9. Pengguna adalah individu yang menggunakan Layanan Aplikasi TRUEMONEY.
 
10. (Para) Pengguna Tidak Terdaftar adalah para Pengguna Aplikasi TRUEMONEY yang
kepadanya proses CDD atau KYC belum dilakukan sehingga manfaatnya harus dibedakan
dari Para Pengguna Terdaftar sesuai dengan peraturan Bank Indonesia yang berlaku.
 
11. (Para) Pengguna Terdaftar adalah para Pengguna Aplikasi TRUEMONEY yang kepadanya
proses CDD atau KYC dilakukan yang akan diberikan manfaat sesuai dengan peraturan Bank
Indonesia yang berlaku dan jumlah total transaksi maksimum per bulan (secara akumulatif)
adalah Rp 20.000.000 (dua puluh juta Rupiah).
 
12. Kata Sandi adalah kombinasi huruf dan angka yang dibuat oleh para Pengguna untuk
mengakses aplikasi TRUEMONEY dan dapat diubah oleh para Pengguna.
 
13. PIN (Nomor Identifikasi Pribadi) TRUEMONEY adalah informasi rahasia dan hanya diketahui
oleh para Pengguna dan harus dimasukkan/diinput oleh para Pengguna tersebut untuk
penggunaan Layanan Aplikasi TRUEMONEY. ID TRUEMONEY, Kata Sandi dan PIN digunakan
untuk membuktikan bahwa para Pengguna berhak untuk Layanan Aplikasi TRUEMONEY.
 
14. OTP (One Time Password) adalah kode acak yang dikirim melalui SMS ke masing-masing para
Pengguna.
 
15. Produk dan Layanan adalah barang dan/atau jasa yang diiklankan atau ditawarkan di
Aplikasi TRUEMONEY dan/atau Pedagang.
 
16. Transaksi adalah semua kegiatan keuangan yang melibatkan saldo Aplikasi TRUEMONEY
para Pengguna, termasuk tetapi tidak terbatas pada: debit, kredit, transfer, top-up, kas
keluar, pembelian Produk dan Layanan yang tersedia di Aplikasi TRUEMONEY dan/atau
aplikasi Pedagang yang dilakukan secara online atau offline.
 
17. Data Pribadi berarti informasi yang darinya seseorang dapat diidentifikasi secara
independen atau melalui kombinasi informasi lain yang kami miliki (mis. Secara langsung
atau tidak langsung melalui sistem kami).
 
II. PERSYARATAN PENDAFTARAN
1. Calon Pengguna yang mendaftar melalui Aplikasi TrueMoney akan mengisi Data Pribadi
termasuk tetapi tidak terbatas pada Nama, Tanggal Lahir, Nomor Telepon/Nomor Ponsel,
Email, Nomor Kartu Identitas (atau Nomor Induk Kependudukan - sebagaimana berlaku bagi
warga negara Indonesia), dan harus mengunggah hasil pemindaian identitasnya yang sah.
Calon Pengguna yang mendaftar melalui Aplikasi TRUEMONEY akan melakukan proses KYC
untuk diklasifikasikan sebagai Anggota Terdaftar, sedangkan para Pengguna yang belum
dilakukan proses KYC akan diklasifikasikan sebagai Tidak Terdaftar.
2. Para Pengguna kemudian perlu membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan
TRUEMONEY INDONESIA ini termasuk Kebijakan Privasi untuk menggunakan Layanan di
Aplikasi TRUEMONEY.
3. Para Pengguna kemudian dapat menggunakan Layanan Aplikasi TRUEMONEY untuk
melakukan Transaksi untuk Produk dan Layanan yang disediakan dan melakukan Transaksi
di situs web pedagang atau aplikasi TRUEMONEY.
 
III. SYARAT DAN KETENTUAN UMUM
1. Ketika pertama kali menggunakan Layanan Aplikasi TRUEMONEY, para Pengguna harus
mendaftarkan akun dan masuk menggunakan PIN yang disediakan oleh TRUEMONEY
INDONESIA melalui SMS/email. Para Pengguna diminta untuk mengubah PIN saat pertama
kali mereka masuk, dengan PIN baru sesuai dengan keinginan Pengguna.
2. Para Pengguna dengan ini menyetujui dan menjamin bahwa Data Pribadi dan semua data
untuk setiap Transaksi adalah akurat, benar, dan lengkap. TRUEMONEY INDONESIA tidak
akan bertanggung jawab atas dampak yang mungkin timbul karena kelalaian,
ketidaklengkapan, ketidakjelasan, atau ketidaktepatan pesanan/data dari Pengguna.
3. Setiap Transaksi yang diperintahkan oleh para Pengguna di Aplikasi TRUEMONEY akan
dieksekusi dan tidak dapat dibatalkan setelah Pengguna tersebut memberikan PIN untuk
verifikasi.
4. Setiap perintah yang disetujui oleh Pengguna yang disimpan di pusat data TRUEMONEY
Indonesia adalah data yang valid yang diterima sebagai bukti dari Pengguna yang relevan
akan menjadi perintah yang sah untuk Aplikasi TRUEMONEY untuk melakukan Transaksi.
5. Aplikasip TRUEMONEY menerima dan mengeksekusi setiap pesanan dari Pengguna sebagai
pesanan yang sah berdasarkan ketentuan PIN dan untuk itu TRUEMONEY Indonesia tidak
memiliki kewajiban untuk memeriksa atau menyelidiki keaslian atau keabsahan atau otoritas
ID, Kata Sandi dan PIN TRUEMONEY Pengguna terkait atau untuk menilai atau membuktikan
keakuratan atau kelengkapan pesanan atau perintah Transaksi yang dimaksudkan, dan
dengan demikian, pesanan tersebut mengikat secara hukum pada Pengguna secara sesuai.
6. TRUEMONEY Indonesia memiliki hak untuk tidak melakukan pesanan dari Pengguna, jika:
a. Saldo akun Pengguna di Aplikasi TRUEMONEY tidak cukup untuk melakukan
Transaksi.
b. TRUEMONEY Indonesia mengetahui atau memiliki alasan untuk mencurigai bahwa
penipuan atau kejahatan telah atau akan dilakukan.
c. Para Pengguna belum menyelesaikan proses KYC - karenanya, para Pengguna
tersebut tidak dapat menggunakan fitur tertentu seperti transfer peer to peer
(mengirim uang ke sesama Pengguna Aplikasi TRUEMONEY), menguangkan, dan
mentransfer ke rekening bank.
 
7. Terhadap setiap kemungkinan terjadinya perbedaan data pada transaksi apapun yang
dilakukan oleh Pengguna di dalam layanan aplikasi TRUEMONEY maupun pada Kanal Mitra,
Rekonsiliasi data akan senantiasa merujuk kepada data yang dimiliki oleh TRUEMONEY.
 
 
8. Sebagai bukti bahwa Transaksi yang dipesan oleh Pengguna telah berhasil dilakukan oleh
Aplikasi TRUEMONEY, Pengguna akan mendapatkan pemberitahuan tentang Transaksi
melalui dasbor pengguna di Aplikasi TRUEMONEY Pengguna.
9. Pengguna setuju dan mengakui bahwa: dengan melakukan Transaksi melalui Aplikasi
TRUEMONEY, semua pesanan Pengguna yang diterima oleh Aplikasi TRUEMONEY akan
diperlakukan sebagai bukti yang sah meskipun tidak ada dokumen tertulis yang dibuat
dan/atau diterbitkan dokumen yang ditandatangani. Bukti pesanan dari Pengguna ke
Aplikasi TRUEMONEY dikirim secara elektronik dan disimpan di pusat data TRUEMONEY
Indonesia dan/atau disimpan dalam bentuk penyimpanan informasi dan data lainnya di
TRUEMONEY Indonesia, baik dalam bentuk dokumen tertulis, catatan, cetakan komputer
dan/atau salinan, yang akan menjadi bukti yang sah sehingga keabsahan, kebenaran atau
keasliannya tidak akan ditolak.
10. Sehubungan dengan Pengguna TRUEMONEY yang Tidak Terdaftar, saldo batas akun
maksimum adalah Rp 2.000.000 (dua juta Rupiah); Layanan yang diperoleh hanya dalam
bentuk top-up dan pembayaran;
11. Sementara sehubungan dengan Pengguna TRUEMONEY yang Terdaftar, saldo batas akun
adalah sebesar maksimal Rp 10.000.000 (sepuluh juta Rupiah); Layanan yang diperoleh
adalah dalam bentuk top-up, pencairan, saldo transfer ke sesama Pengguna dan ke rekening
bank, serta pembayaran.
12. Pengguna tidak akan menerima bunga apa pun atas penempatan dana di akun Aplikasi
TRUEMONEY.
13. Dana pengguna yang ditempatkan di Aplikasi TRUEMONEY tidak dilindungi oleh Lembaga
Penjamin Simpanan (LPS).
14. Pengguna dapat menghubungi dan melaporkan ke nomor telepon Layanan Pelanggan
TRUEMONEY Indonesia (08041000100) jika kehilangan kartu sim atau perangkat ponsel
cerdas dengan nomor yang terdaftar di Aplikasi TRUEMONEY akan diblokir. Laporan tersebut
perlu mencantumkan nomor kartu identitas/SIM yang cocok dengan kartu ID/SIM yang
terdaftar pada sistem TRUEMONEY Indonesia.
15. Pengguna diharuskan untuk sering memperbarui jika ada perubahan pada Data Pribadi
dengan menghubungi nomor telepon Layanan Pelanggan TRUEMONEY (08041000100).
16. TRUEMONEY Indonesia hanya berkewajiban menanggung kerugian langsung yang diderita
oleh Pengguna selama hal itu dapat dibuktikan karena kesalahan TRUEMONEY Indonesia,
dengan jumlah maksimum dari jumlah nominal dari transaksi yang relevan atau yang
disengketakan.
 
 
IV. ID, KATA SANDI DAN PIN TRUEMONEY
1. ID dan PIN TRUEMONEY adalah kode rahasia dan wewenang untuk menggunakannya
terletak pada Pengguna. ID TRUEMONEY bersifat permanen dan tidak dapat diubah.
2. Pengguna diharuskan untuk mengamankan ID, Kata Sandi dan PIN TRUEMONEY sebagai
informasi rahasia dan dengan demikian diminta untuk tidak membagikannya kepada siapa
pun. Hati-hati saat menggunakan ID, Kata Sandi, dan PIN TRUEMONEY sehingga tidak
terlihat dan diketahui orang lain.
3. Pengguna disarankan untuk mengubah kata sandi dan PIN mereka secara berkala.
4. Jika Pengguna mengetahui atau mencurigai ID, Kata Sandi dan PIN TRUEMONEY untuk
Aplikasi TRUEMONEY telah ditemukan oleh siapa pun yang tidak berwenang, maka
Pengguna berkewajiban untuk segera membuat perubahan pada PIN mereka.
5. Semua pesanan dan Transaksi berdasarkan penggunaan ID, Kata Sandi, dan PIN TRUEMONEY
yang tidak sah oleh pihak yang tidak berwenang adalah tanggung jawab Pengguna yang
relevan.
6. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa penggunaan ID, Kata Sandi, dan PIN TRUEMONEY
dalam setiap pesanan untuk transaksi Aplikasi TRUEMONEY juga merupakan otorisasi dari
Pengguna untuk Aplikasi TRUEMONEY untuk melakukan Transaksi, tetapi tidak terbatas pada
mendebit saldo akun Pengguna yang masih tersedia di Aplikasi TRUEMONEY dalam konteks
melaksanakan Transaksi yang dipesan.
7. Semua penyalahgunaan ID, Kata Sandi atau PIN TRUEMONEY adalah tanggung jawab
Pengguna. Pengguna dengan ini membebaskan TRUEMONEY dari setiap dan semua klaim
yang mungkin timbul, baik dari pihak ketiga maupun Pengguna sendiri sebagai akibat dari
penyalahgunaan ID, Kata Sandi dan PIN TRUEMONEY.
 
V. PENGHENTIAN AKSES KE LAYANAN
1. Akses ke Layanan Aplikasi TRUEMONEY akan dihentikan oleh TRUEMONEY Indonesia jika:
a. Pengguna meminta untuk berhenti mengakses Layanan Aplikasi TRUEMONEY secara
permanen, yang antara lain disebabkan oleh:
i. Para Pengguna lupa tentang akses ke ID/ID, Kata Sandi dan PIN TRUEMONEY.
ii. Para Pengguna menutup semua akun yang dapat diakses melalui Layanan Aplikasi TRUEMONEY.
iii. Akun Aplikasi TRUEMONEY dimasukkan dalam investigasi penipuan.
 
b. Bukti penerimaan laporan tertulis dari Pengguna terkait dugaan atau diketahuinya
ID, Kata Sandi dan PIN TRUEMONEY Pengguna oleh pihak lain yang tidak berwenang.
 
c. TRUEMONEY Indonesia menerapkan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan
yang berlaku.
 
2. Dalam hal Anggota ingin melaporkan kehilangan saldo, permintaan untuk pemblokiran dan
pengaktifan kembali karena penghentian akses ke Layanan yang disebutkan di atas,
Pengguna harus menghubungi Layanan Pelanggan TRUEMONEY melalui nomor telepon
Layanan Pelanggan atau alamat email sebagaimana tertulis pada menu 'Kontak' di Aplikasi
TRUEMONEY.
 
VI. BATASAN TANGGUNG JAWAB
Pengguna akan membebaskan TRUEMONEY Indonesia dari klaim apa pun, jika TRUEMONEY
Indonesia tidak dapat melakukan pesanan untuk Transaksi dari Pengguna, baik sebagian atau
seluruhnya, karena peristiwa atau penyebab di luar kendali Aplikasi TRUEMONEY termasuk
tetapi tidak terbatas pada gangguan dengan virus komputer atau sistem Trojan Horses atau
komponen yang dapat mengganggu Layanan Aplikasi TRUEMONEY, atau sistem komputer, para
Pengguna atau Penyedia Layanan Internet, bencana alam, perang, kerusuhan, peralatan, sistem
atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan
pemerintah, kegagalan sistem perbankan, dan peristiwa atau sebab lain di luar kekuasaan atau
kemampuan TRUEMONEY Indonesia.
 
VII. AKUN NON-AKTIF (DORMANT) DAN BIAYA AKUN DORMANT
 
1. Ketentuan Akun Non Aktif (selanjutnya disebut “Akun Dormant”) berlaku hanya bagi Agen
TRUEMONEY dan tidak termasuk member TRUEMONEY. Agen TrueMoney dianggap tidak
aktif atau Dormant dalam hal tidak ada Transaksi selama 3 (tiga) bulan berturut-turut. Agen
TrueMoney memberi wewenang kepada TRUEMONEY untuk memotong saldo Agen dan
membebankan Biaya Akun Dormant dengan pemberitahuan 30 (tiga puluh) hari sebelumnya
sejak tanggal 4 Juni 2021 (selanjutnya disebut sebagai "Biaya Akun Dormant"). Akun Agen
Dormant dengan ini mengesampingkan Pasal 1813, 1814 dan 1816 Kitab Undang-Undang
Hukum Perdata dan memberikan kepada TRUEMONEY hak dan kuasa yang tidak dapat
ditarik kembali untuk membebankan Biaya Rekening Dormant dengan ketentuan sebagai
berikut:
a) Biaya Akun Dormant sebesar Rp 5.000 (lima ribu Rupiah) akan dikenakan setiap
bulan untuk Rekening Dormant yang memenuhi kriteria tersebut di atas. Biaya
tersebut akan dikenakan kepada Akun Dormant yang tidak melakukan Transaksi
selama 3 (tiga) bulan berturut-turut kebelakang (retroaktif) jika akun tetap Dormant.
b) Setelah itu, Biaya Dormant akan meningkat menjadi Rp 25.000 (dua puluh lima ribu
Rupiah) untuk setiap tambahan bulan tidak aktif berturut-turut (yaitu dari bulan ke-
7 tidak aktif terus menerus).
c)  Selanjutnya, jika saldo Akun Dormant berjumlah di bawah Biaya Akun Dormant yang
berlaku yang dibebankan ke akun masing-masing pada bulan tertentu dimana
TRUEMONEY tidak dapat lagi mengenakan Biaya Dormant sesuai dengan ketentuan
a dan b di atas, tunduk pada pemberitahuan sebelumnya kepada pemegang Akun
Dormant, TRUEMONEY berhak dan menerima kuasa yang tidak dapat dibatalkan
untuk menutup akun-akun ini dan membebankan Biaya Akun Dormant sejumlah
berapapun saldo Akun Dormant yang tersisa.
Untuk keperluan ketentuan ini, "Transaksi" berarti penyelesaian semua aktivitas
keuangan yang melibatkan saldo Aplikasi TRUEMONEY Pengguna, termasuk namun tidak
terbatas pada: debit, kredit, transfer, top-up, cash out, pembelian Produk dan Layanan
yang tersedia di TRUEMONEY Platform dan situs atau aplikasi pedagang dilakukan secara
online atau offline, seperti yang Anda instruksikan.
 
2. Sehubungan dengan penghentian Akun Dormant oleh TRUEMONEY, Agen Dormant dan
TRUEMONEY dengan ini setuju untuk mengesampingkan penerapan Pasal 1266 dan 1267
KUHPerdata, kecuali jika Akun Dormant menutup akun mereka.
 
VIII. Penarikan (Withdrawal)
1. Hanya Pengguna Terdaftar (KYC) dapat melakukan Penarikan (withdrawal) saldo yang ada
pada Aplikasi TRUEMONEY. Penarikan saldo hanya dapat dilakukan melalui Kanal Mitra
TRUEMONEY. Biaya untuk Penarikan ini dapat berbeda sesuai dengan kebijakan masing-
masing Kanal Mitra.
2. Di setiap Penarikan saldo yang dilakukan, TRUEMONEY berhak untuk mengungkapkan nama
lengkap atau Identitas Pengguna sebagai Pengguna terdaftar kepada mitra. Apabila terjadi
ketidaksesuaian identitas pengguna, TRUEMONEY tidak bertanggungjawab atas perbedaaan
identitas tersebut serta berhak menolak setiap transaksi Penarikan saldo yang terindikasi
mencurigakan sampai memperoleh kebenaran identitas Pengguna yang sah.
3. TRUEMONEY tidak bertanggung jawab apabila terjadi penyalahgunaan atas transaksi
Penarikan saldo. Pengguna sepenuhnya memahami dan bertanggung jawab untuk menjaga
keamanan dan kerahasiaan setiap detil informasi penarikan saldo.
4. Setiap gangguan ataupun kerugian yang mungkin timbul terkait Penarikan karena kegagalan
sistem dalam ekosistem layanan TRUEMONEY atau Mitra termasuk pihak ketiga lainnya yang
bekerjasama, tidak akan menjadi tanggungjawab dari TRUEMONEY sepenuhnya.
Selanjutnya, apabila ada keluhan dari Pengguna yang disampaikan kepada TRUEMONEY,
maka TRUEMONEY akan membantu untuk menyelesaikan kendala ini bersama-sama dengan
mitra termasuk juga dengan pihak ketiga lainnya yang terkait dalam proses Penarikan agar
dapat ditindaklanjuti segera. TRUEMONEY tidak bertanggung jawab atas kendala
teknis/gangguan system yang terjadi yang berada diluar kendali TRUEMONEY (force
majeure)
 
IX. PENOLAKAN TRANSAKSI
Kami dapat menolak dilakukannya Transaksi oleh Anda, jika sistem kami mendapatkan pola
transaksi yang mencurigakan, adanya pelanggaran sebagian atau seluruh Syarat dan Ketentuan
dan/atau perbedaan data identitas anda yang kami miliki, serta apabila tidak memenuhi
ketentuan sebagaimana dipersyaratkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Layanan Kami dapat diinterupsi oleh kejadian atau hal tertentu di luar kewenangan dan kontrol
Kami (Keadaan Kahar), termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, gangguan listrik,
gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, dan hal-hal lainnya yang di luar kewenangan
dan kontrol Kami. Anda oleh karenanya setuju untuk melepaskan Kami dari setiap klaim, jika
Kami tidak dapat memenuhi instruksi Anda melalui akun TrueMoney baik sebagian maupun
seluruhnya karena Keadaan Kahar.
 
X. HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
 
Grafik, logo, foto, gambar, nama, kata, huruf, angka, teks, pengaturan warna dan kombinasi
elemen dari setiap hak kekayaan intelektual yang tersedia melalui TRUEMONEY App Services
dimiliki oleh TRUEMONEY Indonesia atau pemasok atau Pedagangnya. Merek dagang tersebut
tidak boleh digunakan untuk hal-hal yang tidak terkait dengan Produk dan Layanan dengan cara
apa pun yang dapat menyebabkan kebingungan di antara Pengguna Aplikasi TRUEMONEY atau
membahayakan TRUEMONEY Indonesia atau pemasok atau Pedagangnya. Para Pengguna
Aplikasi TRUEMONEY dilarang meniru, mereproduksi, atau menggunakannya untuk keuntungan
dan dengan cara apa pun tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari TRUEMONEY Indonesia
atau pemasok atau Pedagangnya.
 
XI. KEBIJAKAN PRIVASI
 
Harap mengacu ke Tambahan A tentang Kebijakan Privasi tentang bagaimana kami
mengumpulkan, menggunakan atau mengungkapkan Data Pribadi Anda dan praktik
perlindungan data kami.
 
XII. KETIDAKABSAHAN
Jika ada bagian dari Syarat dan Ketentuan ini menjadi tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan
karena hukum dan peraturan yang berlaku, maka para Pengguna setuju bahwa ketidakabsahan
tersebut tidak akan mempengaruhi semua bagian lain dari Syarat dan Ketentuan ini. Kami akan
berusaha untuk mengganti ketentuan tersebut menjadi sah dan tidak melanggar ketentuan
hukum lainnya sehingga dapat mencerminkan tujuan yang sama dari ketentuan masing-masing.
 
XIII. HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN
Dengan menggunakan Layanan Aplikasi TRUEMONEY, Pengguna setuju untuk terikat dengan
Syarat dan Ketentuan ini dan bahwa interpretasinya akan tunduk pada ketentuan Undang-
Undang Republik Indonesia. Setiap tindakan hukum atau perselisihan yang mungkin timbul
sehubungan dengan Layanan Aplikasi TRUEMONEY, harus diselesaikan di Pengadilan Negeri
Jakarta Selatan atau tanpa mengurangi hak TRUEMONEY INDONESIA untuk mengajukan klaim
ke pengadilan negeri kompeten lainnya di Indonesia.
 
XIV. LAIN-LAIN
1. Setiap Pengguna dapat menghubungi Layanan Pelanggan TRUEMONEY INDONESIA melalui
telepon atau alamat e-mail sebagaimana tercantum dalam menu 'Kontak' pada Aplikasi
TRUEMONEY; jika ada pertanyaan, keluhan atau masalah yang berkaitan dengan Transaksi
dan kesulitan dalam mengakses Layanan Aplikasi TRUEMONEY. Keluhan pelanggan akan
diselesaikan dalam maksimal 14 (empat belas) hari kerja. Layanan Pelanggan TRUEMONEY
INDONESIA akan mengkonfirmasi kepada masing-masing Pengguna status keluhan jika
keluhan tersebut telah diselesaikan atau menginformasikan kepada Pengguna yang relevan
jika penyelesaian akan membutuhkan lebih dari 14 hari kerja karena memerlukan
penyelidikan lebih lanjut.
2. Kami berhak untuk membuat perubahan pada situs-situs, kebijakan, ketentuan layanan ini,
dan Syarat dan Ketentuan ini setiap saat setelah disampaikan kepada Pengguna di media
yang kami sediakan. Semua perubahan, penambahan, penghapusan, modifikasi dan lainnya
yang kami lakukan sehubungan dengan layanan tersebut akan secara otomatis berlaku
dalam 1x24 jam setelah mereka diunduh dan diumumkan pada Aplikasi TRUEMONEY. Para
Pengguna disarankan untuk selalu membaca dan mencari setiap pemberitahuan yang kami
sampaikan kepada media TRUEMONEY INDONESIA. Oleh karena itu, para Pengguna dengan
ini setuju untuk terikat pada setiap perubahan yang kami buat pada situs-situs, kebijakan,
ketentuan layanan ini, dan Syarat dan Ketentuan ini.
3. Kami menyatakan bahwa Pedagang adalah kontraktor independen yang tidak terkait dengan
TRUEMONEY Indonesia atau anak perusahaan, karyawan, manajemen, atau pihak terafiliasi
kami lainnya.
4. Para Pengguna setuju bahwa TRUEMONEY Indonesia dapat menggunakan Data Pribadi
Pengguna untuk keperluan analisis data internal jika diperlukan.
 
Penggunaan Anda atas Akun TrueMoney dan/atau Layanan TrueMoney merupakan
persetujuan Anda untuk tunduk kepada (i) Ketentuan ini; (ii) Syarat dan Ketentuan Umum
untujk penggunaan Aplikasi TrueMoney; (iii) Syarat dan Ketentuan khusus yang berlaku
untuk setiap layanan atau promosi atau kampanye pemasaran yang tersedia di Aplikasi,
atau media sosial TrueMoney; (iv) kebijakan privasi; dan (v) peraturan perundang-undangan
yang berlaku.
 
 
TAMBAHAN A – Kebijakan Privasi
 
Kebijakan Privasi ini berlaku bagi Layanan yang diberikan dan menetapkan bagaimana kami dapat
mengumpulkan, menggunakan, dan mengungkapkan “Data Pribadi”, “informasi yang dapat
diidentifikasi secara pribadi” Pengguna atau informasi pribadi lainnya (secara bersama-sama, “Data
Pribadi”) sehubungand engan akses dan penggunaan Pengguna pada Aplikasi TRUEMONEY.
Sebagaimana dijelaskan lebih lengkap dalam Syarat dan Ketentuan untuk TRUEMONEY INDONESIA
(“Syarat dan Ketentuan”), Aplikasi TRUEMONEY adalah aplikasi layanan terintegrasi yang dirancang
oleh TRUEMONEY untuk para pengguna. Aplikasi TRUEMONEY menyediakan gerbang bagi Pengguna
terdaftar Aplikasi TRUEMONEY untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, termasuk mengakses
informasi atau promosi, dan melakukan pembayaran.
Aplikasi TRUEMONEY diberikan secara gratis bagi para pengguna terdaftar. TRUEMONEY Indonesia
adalah lembaga non-bank yang telah memperoleh izin untuk melakukan fasilitas nilai tersimpan di
bawah pengawasan Bank Indonesia sebagai yang berwenang. Untuk penjelasan lebih rinci tentang
Kebijakan Privasi ini mengenai TRUEMONEY Indonesia, silakan baca bagian terkait di Aplikasi
TRUEMONEY.
Dari waktu ke waktu, perlu bagi para Pengguna untuk memberikan Data Pribadi kepada kami
sehubungan dengan akses Pengguna ke dan penggunaan Aplikasi TRUEMONEY. Dengan menyetujui
Syarat dan Ketentuan atau dengan terus mengakses atau menggunakan Aplikasi TRUEMONEY, para
Pengguna akan dianggap telah menyetujui dan diberitahu tentang ketentuan Kebijakan Privasi ini
tentang pengumpulan, penggunaan, proses, penyimpanan, transfer, dan pengungkapan. Data
Pribadi Pengguna sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini.
Jika seorang Pengguna tidak memberikan Data Pribadi tersebut kepada kami, kami akan tetap tidak
dapat memberikan Layanan penuh kepada Pengguna tersebut dalam Aplikasi TRUEMONEY atau
untuk mematuhi hukum atau pedoman yang dikeluarkan oleh badan pengatur atau pihak
berwenang terkait.
Dalam Kebijakan Privasi ini, kata “termasuk” tidak akan terbatas.
 
 
A. PENGUMPULAN DATA PRIBADI
Kami dapat memperoleh Data Pribadi Pengguna dari berbagai sumber (misalnya dari Pengguna atau
melalui pihak ketiga), termasuk:
1. Informasi yang didapatkan (secara langsung atau tidak langsung) mengenai perangkat mobile
Pengguna atau perangkat keras lain yang digunakan untuk mengakses Aplikasi TRUEMONEY
(termasuk alamat IP Pengguna, lokasi geografis, jenis dan versi browser/platform, penyedia
layanan internet, sistem operasi, sumber rujukan/keluar dari halaman, lamanya
kunjungan/penggunaan, tampilan halaman dan istilah pencarian apa pun yang digunakan oleh
Pengguna) (“Informasi Perangkat”).
2. Informasi yang didapatkan (secara langsung atau tidak langsung) ketika Pengguna mendaftar
untuk Akun TRUEMONEY sebagai pengguna Aplikasi TRUEMONEY, termasuk nama, tanggal lahir,
alamat, nomor telepon, dan alamat email Pengguna (“Informasi Pendaftaran”).
3. Informasi yang didapatkan (secara langsung atau tidak langsung) selama penggunaan akun
TRUEMONEY, termasuk nomor rekening bank, informasi tagihan dan pengiriman, data transaksi,
dan informasi lainnya dari cek atau perintah pembayaran Pengguna (“Informasi Akun”).
4. Informasi yang didapatkan (secara langsung atau tidak langsung) ketika Pengguna
memanfaatkan akun virtual yang disediakan oleh TRUEMONEY Indonesia untuk menerima uang
elektronik dan/atau pembayaran dompet elektronik dari pembayar, apakah Anda adalah
penyedia layanan atau Pedagang, TRUEMONEY dapat mengumpulkan informasi tertentu yang
terkait dengan pemanfaatan Anda termasuk tetapi tidak terbatas pada layanan dan/atau barang
yang ditransaksikan, jumlah yang Anda kumpulkan dari setiap transaksi, rincian akun penarikan
atau penyelesaian dan riwayat penarikan atau penyelesaian.
5. TRUEMONEY juga dapat mengumpulkan Data Pribadi Anda dari pihak ketiga (termasuk agen,
vendor, pemasok, kontraktor, mitra kami, dan pihak lainnya yang memberikan layanan kepada
kami, melakukan fungsi atas nama kami, atau yang bekerja sama dengan kami). Dalam hal
tersebut, kami hanya akan mengumpulkan Data Pribadi Anda untuk atau sehubungan dengan
tujuan yang melibatkan pihak ketiga tersebut atau tujuan kolaborasi kami dengan pihak ketiga
tersebut (tergantung kasusnya).
6. Informasi Perangkat, Informasi Pendaftaran, dan Informasi Akun di atas atau informasi lain
dapat diakses atau dikumpulkan (secara otomatis atau manual) pada saat pendaftaran Pengguna
dengan akun TRUEMONEY sebagai pengguna Aplikasi TRUEMONEY dan/atau selama Pengguna
menggunakan aplikasi TRUEMONEY dan akun TRUEMONEY. Informasi di atas yang kami peroleh
dapat merupakan Data Pribadi Pengguna. Kami telah mengambil langkah-langkah untuk
memastikan bahwa kami tidak mengumpulkan informasi lebih (apakah informasi tersebut
merupakan Data Pribadi atau tidak) dari Pengguna selain dari yang kami perlukan untuk
menyediakan Layanan kami kepada Pengguna, untuk melakukan fungsi yang ditetapkan dalam
Bagian B dari Kebijakan Privasi ini , untuk melindungi akun TRUEMONEY Pengguna, mematuhi
kewajiban hukum kami, melindungi hak hukum kami, dan untuk menjalankan bisnis kami.
 
B. PENGGUNAAN DATA PRIBADI
Kami akan menggunakan Data Pribadi yang kami dapatkan mengenai Pengguna untuk tujuan berikut
ini:
1. Memverifikasi kelayakan Pengguna untuk menggunakan salah satu fitur dan fungsi Aplikasi
TRUEMONEY.
2. Memproses pendaftaran Pengguna dengan akun TRUEMONEY sebagai Pengguna Aplikasi
TRUEMONEY, memelihara dan mengelola pendaftaran Pengguna.
3. Memberi layanan dan layanan pelanggan terkait kepada Pengguna mengenai penggunaan akun
TRUEMONEY Pengguna, termasuk, bekerja sama dengan TRUEMONEY Indonesia untuk
memfasilitasi penyelesaian harga pembelian barang dan jasa, pengiriman, dan layanan terkait
untuk pembelian, pengembalian biaya, pengiriman pemberitahuan tentang transaksi Pengguna,
dan menanggapi pertanyaan, umpan balik, klaim, atau perselisihan Pengguna.
4. Memberikan Layanan dan layanan pelanggan terkait kepada Pengguna mengenai penggunaan
Aplikasi TRUEMONEY, yaitu untuk memberikan kemudahan bagi Pengguna dalam
mengidentifikasi Pengguna Aplikasi TRUEMONEY lainnya ketika Pengguna sedang memeriksa
buku kontak ponselnya melalui Aplikasi TRUEMONEY.
5. Meningkatkan dan memperluas penawaran kami dengan cara meneliti dan mengembangkan
fungsi-fungsi baru dari Aplikasi TRUEMONEY atau produk dan layanan baru lainnya yang dapat
kami tawarkan dari waktu ke waktu.
6. Melakukan penelitian, analisis statistik atau survei, baik secara lisan atau tertulis, untuk
mengelola dan melindungi bisnis kami termasuk infrastruktur teknologi informasi kami, untuk
mengukur kinerja Aplikasi TRUEMONEY dan layanan lain yang kami tawarkan dan untuk
memastikan kepuasan Pengguna dengan layanan kami.
7. Menganalisis tren, penggunaan, dan perilaku lain (baik secara individual atau agregat), yang
membantu kami lebih memahami bagaimana Pengguna dan basis Pengguna kolektif kami
mengakses dan menggunakan Aplikasi TRUEMONEY dan kegiatan komersial mendasar yang
dilakukan, termasuk untuk tujuan meningkatkan Layanan kami dan menanggapi pertanyaan dan
preferensi pelanggan.
8. Karena telah mendapatkan persetujuan Pengguna sesuai dengan hukum yang berlaku dan
sebagaimana dimaksud dalam bagian D di bawah ini, kami dapat memberikan informasi
pemasaran langsung kepada Pengguna terkait dengan layanan yang ditawarkan oleh kami dan
afiliasi kami dan pihak ketiga yang dipilih dengan menggunakan Data Pribadi Pengguna untuk
menghubungi Pengguna, termasuk melalui telepon, teks (SMS), email, dan pos.
9. Mengelola risiko, melakukan pemeriksaan kelayakan kredit dan kemampuan, atau menilai,
mendeteksi, menginvestigasi, mencegah dan/atau menyelesaikan kecurangan atau kegiatan lain
yang berpotensi dilarang atau ilegal dan sebaliknya melindungi integritas platform teknologi
informasi kami.
10. Mendeteksi, menyelidiki, mencegah atau memulihkan pelanggaran terhadap Syarat dan
Ketentuan, setiap kebijakan aplikasi TRUEMONEY internal yang berlaku, standar industri,
pedoman, undang-undang atau peraturan yang relevan.
11. Membuat pengungkapan seperti yang diperlukan oleh hukum atau peraturan negara mana pun
yang berlaku bagi kami atau afiliasi kami, pejabat pemerintah, atau pihak ketiga, termasuk setiap
asosiasi kartu atau jaringan pembayaran lainnya. Pengungkapan juga dapat dilakukan sesuai
dengan panggilan (subpoena), perintah pengadilan atau proses atau persyaratan hukum lainnya
di negara mana pun yang berlaku bagi kami atau afiliasi kami (termasuk persyaratan pelaporan
pencucian uang dan anti-terorisme).
12. Membuat pengungkapan apa pun untuk mencegah bahaya atau kerugian finansial, untuk
melaporkan dugaan adanya aktivitas ilegal atau untuk menangani klaim atau potensi klaim yang
diajukan terhadap kami atau afiliasi kami.
13. Setiap tujuan bisnis lain yang sah, seperti melindungi Pengguna dari kerugian, melindungi
nyawa, menjaga keamanan sistem dan produk kami, dan melindungi hak dan/atau properti kami
yang lain.
 
Kami juga dapat menggunakan Data Pribadi Pengguna dengan cara lain yang untuk hal tersebut kami
berikan pemberitahuan spesifik pada saat pengumpulan atau yang untuk hal tersebut selanjutnya
telah disetujui oleh Pengguna.
 
 
C. PENGUNGKAPAN DATA PRIBADI
Data Pribadi Pengguna yang kami miliki akan dirahasiakan namun kami dapat memberikan informasi
tersebut kepada para pihak berikut ini (dalam negeri atau luar negeri) untuk tujuan yang ditentukan
dalam B.1 hingga B.3 di atas:
1. Akun TRUEMONEY dan Layanan TRUEMONEY lainnya yang dimiliki sepenuhnya atau sebagian
perusahaan grup.
2. Setiap agen, kontraktor, atau penyedia layanan pihak ketiga yang bekerja sama dengan kami
dalam menyediakan Layanan kepada Pengguna, termasuk untuk pencegahan penipuan,
pengumpulan tagihan, entri data, manajemen basis data, promosi, pemasaran, layanan
pelanggan, layanan teknologi, peringatan produk dan layanan, dan layanan perpanjangan
pembayaran.
3. Entitas yang dengannya kami menjaga rujukan bisnis atau pengaturan komersial lainnya,
termasuk pihak terafiliasi, pihak ketiga atau entitas yang terlibat secara komersial dengan
TRUEMONEY Indonesia.
4. Pedagang dan organisasi lain, seperti jaringan pembayaran atau lembaga keuangan, yang
padanya atau melaluinya pembayaran ini dilakukan menggunakan Aplikasi TRUEMONEY, atau
entitas lain yang memungkinkan penggunaan Aplikasi TRUEMONEY.
5. Lembaga keuangan pihak ketiga, bank, agen penagihan, dan agen kredit.
6. Penyedia layanan pemasaran pihak ketiga.
7. Penasihat profesional, lembaga penegak hukum, perusahaan asuransi, pemerintah, dan otoritas
pengatur atau lembaga lain yang padanya TRUEMONEY Indonesia berkewajiban untuk
melakukan pengungkapan berdasarkan persyaratan hukum, peraturan, atau pengaturan
komersial apa pun yang berlaku, termasuk pengaturan dengan asosiasi kartu atau jaringan
pembayaran apa pun.
8. Entitas yang terlibat dalam setiap penggabungan, akuisisi, transaksi pembiayaan, atau usaha
patungan bersama kami.
 
 
D. PEMASARAN LANGSUNG
Sebagaimana ditetapkan pada B.7, TRUEMONEY mungkin ingin menggunakan Data Pribadi Pengguna
dalam kegiatan pemasaran langsung dan, di masa depan, akan mendapatkan persetujuan Pengguna
sehubungan dengan ruang lingkup dan cara yang dimaksud untuk kegiatan pemasaran langsung
tersebut. Di mana Pengguna memberikan persetujuan selanjutnya, maka harap dicatat bahwa:
1. Data Pribadi tertentu yang kami peroleh dari waktu ke waktu dapat digunakan dalam pemasaran
dan promosi langsung.
2. Kami dapat menawarkan promosi barang dan layanan kepada Pengguna yang dianggap relevan
bagi Pengguna yang untuknya persetujuan Pengguna selanjutnya akan diperoleh secara khusus.
Ini mungkin termasuk barang dan Layanan yang kami, afiliasi kami, mitra bisnis kami atau pihak
ketiga terpilih tawarkan, termasuk setiap pembayaran dan produk keuangan.
3. Kami dapat memberikan Data Pribadi Pengguna kepada pihak ketiga tertentu untuk digunakan
oleh mereka dalam memasarkan barang dan Layanan mereka sendiri, termasuk (i) afiliasi kami,
(ii) mitra bisnis dan (iii) pihak ketiga lainnya.
4. Persetujuan pengguna untuk penggunaan Data Pribadi Pengguna untuk tujuan pemasaran
langsung akan diminta dengan cara mencentang kotak “ikut” atau indikasi positif lainnya untuk
tidak berkeberatan.
5. Jika pada suatu waktu Pengguna tidak ingin kami terus menggunakan atau memberikan Data
Pribadi Pengguna kepada orang lain untuk digunakan dalam pemasaran langsung seperti yang
dijelaskan di atas dan dalam persetujuan yang relevan, maka Pengguna dapat menggunakan hak
"berhenti" Pengguna dengan memberi tahu kami.
 
E. LANGKAH KEAMANAN DAN RETENSI
Kami mengambil semua langkah wajar, termasuk perlindungan teknis, administratif, dan fisik untuk
membantu melindungi Data Pribadi Pengguna yang kami proses, dari kehilangan, penyalahgunaan,
dan akses tidak sah, pengungkapan, perubahan, dan perusakan.
 
Kami akan menyimpan dan mengusahakan penyedia layanan kami untuk menyimpan Data Pribadi
Pengguna hanya selama diperlukan untuk tujuan yang ditetapkan dalam Kebijakan Privasi ini dan
sesuai dengan Kebijakan Privasi dan semua persyaratan peraturan yang berlaku.
Untuk para pengguna terdaftar akun TRUEMONEY, Informasi Pendaftaran dan Informasi Akun
Pengguna (jika ada) dapat dilihat dan diedit dalam Applikasi TRUEMONEY melalui akun TRUEMONEY
Pengguna, yang dilindungi dengan kata sandi atau kode PIN. Kami sarankan agar Pengguna tidak
mengungkapkan kata sandi atau kode PIN kepada siapa pun. Personel kami tidak akan pernah
meminta kata sandi kepada setiap dalam panggilan telepon yang tidak diminta atau dalam email
yang tidak diminta. Pengguna tidak boleh menyimpan informasi loginnya (mis., ID dan kata sandi
pengguna) di komputer bersama atau publik.
F. PERUBAHAN PADA KEBIJAKAN PRIVASI INI
TRUEMONEY Indonesia berhak untuk meninjau dan mengubah Kebijakan Privasi ini atas kebijakan
kami sendiri dari waktu ke waktu, untuk memastikan bahwa kebijakan ini konsisten dengan
perkembangan masa depan kami, dan/atau perubahan dalam persyaratan hukum atau peraturan.
Jika kami memutuskan untuk mengubah Kebijakan Privasi ini, kami akan memberi tahu Anda tentang
perubahan tersebut melalui pemberitahuan umum yang dipublikasikan pada Aplikasi atau ke alamat
email Anda yang tercantum dalam akun Anda. Anda setuju bahwa Anda bertanggung jawab untuk
meninjau Kebijakan Privasi ini secara teratur untuk informasi terbaru tentang pemrosesan data dan
praktik perlindungan data kami, dan bahwa keberlanjutan penggunaan Anda atas Aplikasi atau
komunikasi dengan kami, atau akses ke dan penggunaan layanan setelah setiap perubahan pada
Kebijakan Privasi ini akan merupakan penerimaan Anda terhadap Kebijakan Privasi ini dan semua
perubahannya.
 
G. LAIN-LAIN
1. Kebijakan Privasi ini tunduk, diatur, dan diterapkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia.
2. Setiap tindakan hukum atau perselisihan yang mungkin timbul sehubungan dengan Kebijakan
Privasi ini, harus diselesaikan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan atau tanpa mengurangi hak
TRUEMONEY INDONESIA untuk mengajukan klaim ke pengadilan negeri kompeten lainnya di
Indonesia.
 
H. PERNYATAAN
Dengan menggunakan Aplikasi TRUEMONEY, para Pengguna menyatakan bahwa para Pengguna
telah membaca dan mengerti Kebijakan Privasi ini dan menyetujui penggunaan, pemrosesan, dan
transfer Data Pribadi sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini.
 
I. INFORMASI LEBIH LANJUT
Sesuai dengan hak Pengguna berdasarkan Kebijakan Privasi ini untuk mengakses atau mengoreksi
Data Pribadi Pengguna atau “opt-out” atau jika Pengguna ingin mengajukan pertanyaan atau
complain, harap menghubungi Layanan Pelanggan
di bawah ini:
 
PT. Witami Tunai Mandiri
Millenium Centennial Center, Lantai 36
Jl. Jend Sudirman Kav 25, Kuningan-Setiabudi, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta
12920
Contact Center: 0804-1000-100
Email: info@truemoney.co.id

Tidak Perlu Ragu Kirim Uang Dengan #TRUEMONEYID

Sertifikasi E-Money Bank Indonesia No: 16/129/DKSP
Sertifikasi Remittance Bank Indonesia No:16/152/DKSP/58

 

 

#TRUEMONEYPENGIRIMANUANG
untuk download klik logo playstore dibawah ini