Syarat & Ketentuan

Istilah

  1. Uang Elektronik TrueMoney adalah suatu produk layanan uang elektronik berbasis server yang diselenggarakan oleh PT. Witami Tunai Mandiri (‘TRUEMONEY’) yang berdomisili di Gran Rubina Business Park, Generali Tower Lt. 19, Jalan HR. Rasuna Said Kavling C-22, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Dalam menjalankan usaha layanan ini, TrueMoney telah memperoleh beberapa perizinan yang terkait dari Bank Indonesia, yakni :
        1. Izin sebagai Penerbit Uang Elektronik (E-Money) nomor : 16/129/DKSP, tanggal 18 Juli 2014; dan
        2. Izin Penyelenggara Transfer Dana nomor : 16/152/DKSP/58, tanggal 18 Juli 2014.
    2. TrueMoney ID adalah identitas Pengguna Uang Elektronik TrueMoney untuk keperluan Pengguna mengakses servis, situs dan aplikasi Uang Elektronik TrueMoney.
    3. CDD atau KYC adalah singkatan dari Customer Due Diligent atau Know Your Customer adalah proses verifikasi terhadap calon pengguna yang dilakukan oleh petugas TrueMoney sebelum calon pengguna disetujui oleh True Money sebagai pengguna layanan Uang Elektronik TrueMoney
    4. Layanan adalah layanan uang elektronik dengan limit saldo per akun Pengguna maksimum Rp 1,000,000 (Satu Juta Rupiah) bagi Pengguna yang tidak memberikan bukti identitas diri (KTP/SIM/Paspor); (belum CDD), dan limit saldo maksimum Rp. 10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah); bagi Pengguna yang sudah memberikan bukti identitas diri (KTP/SIM/Paspor) dan telah memperoleh verifikasi dari TrueMoney (sudah CDD).
    5. Agen Uang Elektronik TrueMoney adalah pihak yang memberikan pelayanan TrueMoney kepada Member dan non-Member, melalui mesin EDC (Electronic Data Capture), aplikasi telepon pintar berbasis Android, atau website www.truemoney.co.id.
    6. Merchant Uang Elektronik TrueMoney adalah pihak ketiga yang menawarkan Produk dan Jasa bagi Pengguna.
    7. Member merupakan pengguna akhir jasa TrueMoney.
    8. Password adalah kombinasi huruf dan angka yang dibuat oleh Pengguna untuk mengakses servis, situs dan aplikasi Uang Elektronik TrueMoney dan bisa diubah oleh Pengguna.
    9. Pengguna adalah perorangan pemilik rekening Uang Elektronik TrueMoney yang terdaftar sebagai pengguna layanan Uang Elektronik TrueMoney.
    10. Pengguna unregistered adalah pengguna layanan Uang Elektronik TrueMoney yang mendaftar tanpa melalui proses CDD dan memiliki pembatasan manfaat sebagaimana diatur dalam Ketentuan dan Syarat ini;
    11. Pengguna registered adalah pengguna layanan Uang Elektronik TrueMoney yang telah melalui proses CDD dan memiliki kelebihan manfaat sebagaimana diatur dalam Ketentuan dan Syarat ini
    12. PIN (Personal Identification Number) Uang Elektronik TrueMoney adalah nomor identifikasi pribadi yang bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh Pengguna serta harus dicantumkan/diinput oleh Pengguna pada saat menggunakan Layanan Uang Elektronik TrueMoney. TrueMoney ID, Password dan PIN digunakan untuk membuktikan bahwa Pengguna bersangkutan berhak atas layanan Uang Elektronik TrueMoney.
    13. OTP (One Time Password) adalah kode acak yang dikirimkan melalui SMS jika pengguna ingin mengganti kode PIN dan Password.
    14. Kartu Agen merupakan alat yang digunakan untuk verifikasi setiap melakukan transaksi melalui mesin EDC.
    15. Produk dan Jasa adalah barang dan/atau jasa yang diiklankan atau ditawarkan pihak ketiga dalam situs dan aplikasi Uang Elektronik TrueMoney maupun situs dan aplikasi Merchant.
    16. Transaksi adalah semua kegiatan finansial menyangkut saldo Uang Elektronik TrueMoney milik Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada: Debit, Credit, Transfer, Top-up, Cash Out, pembelian Produk dan Jasa yang tersedia dalam situs atau aplikasi Uang Elektronik TrueMoney dan situs atau aplikasi Merchant yang dilakukan secara online maupun offline.

Syarat Pendaftaran Uang Elektronik TrueMoney

  1. Calon Pengguna datang ke cabang atau Agen TrueMoney terdekat, mengisi form pendaftaran sebagai pengguna Uang Elektronik TrueMoney sesuai dengan identitas (KTP/SIM/Paspor) calon pengguna .  Selanjutnya petugas layanan akan melakukan CDD kepada calon pengguna sesuai dengan ketentuan yang berlaku.  Calon Pengguna yang sudah melewati proses CDD akan didaftarkan sebagai Pengguna Uang Elektronik TrueMoney registered
  2. Selain datang langsung ke cabang atau agen TrueMoney, Calon Pengguna dapat mendaftar melalui aplikasi True Money yang bisa diunduh di App Store/Play Store dan mengisi data pribadi seperti Nama, Tanggal Lahir, Nomor Telepon/Nomor Handphone, E-mail, dan lain-lain. Dan selanjutnya calon Pengguna mengunggah scan bukti identitas diri yang sah sebagaimana pada poin 1 di atas.  Calon Pengguna yang mendaftar melalui aplikasi dan belum  melewati proses CDD akan didaftarkan sebagai Pengguna Uang Elektronik TrueMoney unregistered.  Proses selanjutnya :
  3. Pengguna telah membaca dan memahami Syarat dan Ketentuan Uang Elektronik TrueMoney.
  4. Dengan telah mengisi form dan melewati proses CDD serta telah membaca dan memahami Syarat dan Ketentuan, berarti Pengguna telah memilih dan menyetujui jenis dan layanan Uang Elektronik TrueMoney. 
    Ketentuan Penggunaan Uang Elektronik TrueMoney

Ketentuan Penggunaan Uang Elektronik TrueMoney

  1. Pengguna dapat menggunakan Layanan Uang Elektronik TrueMoney untuk melakukan transaksi Produk dan Jasa yang terdapat di dalam aplikasi Uang Elektronik TrueMoney dan website atau aplikasi Merchant.
  2. Pada saat pertama kali menggunakan Layanan Uang Elektronik TrueMoney, Pengguna diharuskan melakukan registrasi akun dan log-in menggunakan PIN yang diberikan TrueMoney melalui SMS/e-mail. Pengguna diwajibkan untuk mengganti PIN tersebut pada saat pertama kali log-in dengan PIN baru sesuai keinginan pengguna.
  3. Untuk setiap pelaksanaan transaksi: Pengguna wajib memastikan ketepatan dan kelengkapan perintah transaksi (termasuk memastikan bahwa semua data yang diperlukan untuk transaksi telah diisi secara lengkap dan benar). TrueMoney tidak bertanggung jawab terhadap segala dampak apapun yang mungkin timbul yang diakibatkan kelalaian, ketidaklengkapan, ketidakjelasan, atau ketidaktepatan perintah/data dari Pengguna. Pengguna memiliki kesempatan untuk memeriksa kembali dan/atau membatalkan data yang telah diisi sebelum penginputan dan eksekusi PIN.
  4. Segala transaksi yang telah diperintahkan kepada Uang Elektronik TrueMoney dan disetujui oleh Pengguna yang ditandai dengan penginputan dan eksekusi PIN tidak dapat dibatalkan.
  5. Setiap perintah yang telah disetujui dari Pengguna yang tersimpan pada pusat data elektronik TrueMoney merupakan data yang benar yang diterima sebagai bukti perintah dari Pengguna kepada Uang Elektronik TrueMoney untuk melaksanakan transaksi yang dimaksud.
  6. Uang Elektronik TrueMoney menerima dan menjalankan setiap perintah dari Pengguna sebagai perintah yang sah berdasarkan penggunaan PIN dan untuk itu TrueMoney tidak mempunyai kewajiban untuk meneliti atau menyelidiki keaslian maupun keabsahan atau kewenangan pengguna TrueMoney ID, Password dan PIN atau menilai maupun membuktikan ketepatan maupun kelengkapan perintah yang dimaksud, dan oleh karena itu, perintah tersebut sah mengikat Pengguna dengan sebagaimana mestinya.
  7. TrueMoney berhak untuk tidak melaksanakan perintah dari Pengguna, apabila:
    o Saldo rekening Pengguna di Uang Elektronik TrueMoney tidak mencukupi untuk melakukan transaksi..
    o TrueMoney mengetahui atau mempunyai alasan untuk menduga bahwa penipuan atau aksi kejahatan telah atau akan dilakukan.
    o Pengguna belum melengkapi proses KYC (Know Your Customer) sebagaimana dimaksud dalam Butir 3 pada ketentuan “Istilah” diatas, sehingga Pengguna tidak dapat menggunakan fitur-fitur tertentu seperti peer to peer transfer (pengiriman uang dengan sesama Pengguna Uang Elektronik TrueMoney), cash out, dan transfer ke akun bank.
  8. Sebagai bukti bahwa Transaksi yang diperintahkan Pengguna telah berhasil dilakukan oleh Uang Elektronik TrueMoney, Pengguna akan mendapatkan notifikasi tentang Transaksi melalui e-mail Pengguna/web dashboard Pengguna/aplikasi Pengguna.
  9. Pengguna menyetujui dan mengakui bahwa: Dengan dilaksanakannya transaksi melalui Uang Elektronik TrueMoney, semua perintah Pengguna yang diterima Uang Elektronik TrueMoney akan diperlakukan sebagai alat bukti yang sah meskipun tidak dibuat dokumen tertulis dan/atau dikeluarkan dokumen yang ditandatangani. Bukti atas perintah dari Pengguna kepada Uang Elektronik TrueMoney yang dikirim secara elektronik yang tersimpan pada pusat data elektronik Uang Elektronik TrueMoney dan/atau tersimpan dalam bentuk penyimpanan informasi dan data lainnya di Uang Elektronik TrueMoney, baik berupa dokumen tertulis, catatan, print out komputer dan/atau salinan, merupakan alat bukti yang sah yang tidak akan dibantah keabsahan, kebenaran atau keasliannya.
  10.  Pengguna Uang Elektronik TrueMoney jenis unregistered, selain limit saldo akun maksimum Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah), fasilitas layanan yang didapat hanya berupa pengisian saldo (top up) dan pembayaran (payment), dan maksimum jumlah transaksi per bulan total sebesar Rp 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah).
  11. Pengguna Uang elektronik TrueMoney registered, selain limit saldo akun maksimum Rp 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah), fasilitas layanan yang didapat berupa pengisian saldo (top up), tarik tunai (cash out), transfer saldo ke sesama pengguna dan ke rekening bank, serta pembayaran (payment)
  12. Pengguna tidak mendapatkan bunga atas penempatan dananya di Uang Elektronik TrueMoney.
  13. Dana Pengguna yang ditempatkan di Uang Elektronik TrueMoney tidak dilindungi oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)
  14. TrueMoney berhak menghentikan Layanan Uang Elektronik TrueMoney untuk sementara waktu maupun untuk jangka waktu tertentu yang ditentukan oleh TrueMoney untuk keperluan pembaharuan, pemeliharaan atau untuk tujuan lain dengan alasan apapun yang dianggap baik oleh TrueMoney, dan untuk itu TrueMoney tidak berkewajiban mempertanggungjawabkannya kepada siapapun.
  15. Pengguna TrueMoney wajib melapor melalui Customer Care TrueMoney di nomor telepon 08041000100 jika terjadi kehilangan kartu sim atau handphone dengan nomor yang terdaftar di TrueMoney untuk dapat dilakukan pemblokiran. Pelaporan harus disertakan dengan menyebutkan nomor kartu identitas/SIM yang sesuai dengan kartu identitas/SIM yang terdaftar pada sistem TrueMoney.
  16. TrueMoney hanya berkewajiban untuk menanggung kerugian langsung yang diderita Pelanggan sepanjang dapat dibuktikan karena kesalahan TrueMoney, dengan jumlah maksimum sebesar jumlah nominal Transaksi yang bermasalah.

TrueMoney ID, Password dan PIN Uang Eletronik TrueMoney

  1. TrueMoney ID dan PIN merupakan kode yang bersifat rahasia dan kewenangan penggunaannya ada pada Pengguna. TrueMoney ID yang bersifat tetap dan tidak dapat diubah kembali.
  2. Pengguna wajib mengamankan TrueMoney ID, Password dan PIN Uang Elektronik TrueMoney dengan cara: Tidak memberitahukan TrueMoney ID, Password dan PIN Uang Elektronik TrueMoney kepada orang lain. Berhati-hati menggunakan TrueMoney ID, Password dan PIN Uang Elektronik TrueMoney agar tidak terlihat dan diketahui oleh orang lain.
  3. Pengguna disarankan untuk mengganti password dan PIN Uang Elektronik TrueMoney secara berkala.
  4. Jika Pengguna mengetahui atau menduga TrueMoney ID, Password dan PIN Uang Elektronik TrueMoney telah diketahui oleh orang lain yang tidak berwenang, maka Pengguna wajib segera melakukan pengamanan dengan melakukan perubahan PIN Uang Elektronik TrueMoney.
  5. Segala perintah dan transaksi berdasarkan penggunaan TrueMoney ID, Password dan PIN Uang Elektronik TrueMoney oleh pihak yang tidak berwenang sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna.
  6. Penggunaan TrueMoney ID, Password dan PIN Uang Elektronik TrueMoney mempunyai kekuatan hukum, sehingga karenanya Pengguna dengan ini menyatakan bahwa penggunaan TrueMoney ID, Password dan PIN Uang Elektronik TrueMoney dalam setiap perintah atas transaksi Uang Elektronik TrueMoney juga merupakan pemberian kuasa dari Pengguna kepada TrueMoney untuk melaksanakan Transaksi, namun tidak terbatas untuk melakukan pendebetan rekening saldo Pengguna yang masih tersedia di dalam Uang Elektronik TrueMoney dalam rangka pelaksanaan Transaksi yang diperintahkan.
  7. Kuasa sebagaimana tersebut diatas tidak dapat berakhir karena alasan apapun termasuk karena alasan-alasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata selama Pengguna masih memperoleh Layanan Uang Elektronik TrueMoney.
  8. Segala penyalahgunaan Access ID/TrueMoney ID, Access Password/Password Uang Elektronik TrueMoney dan Access PIN/PIN Uang Elektronik TrueMoney merupakan tanggung jawab Pengguna. Pengguna dengan ini membebaskan TrueMoney dari segala tuntutan yang mungkin timbul, baik dari pihak lain maupun Pengguna sendiri sebagai akibat penyalahgunaan Access ID/TrueMoney ID, Access Password/Password dan Access PIN/PIN Uang Elektronik TrueMoney.

Penghentian Akses Layanan Uang Elektronik TrueMoney

1. Akses layanan Uang Elektronik TrueMoney akan dihentikan oleh TrueMoney apabila:

  • Pengguna meminta kepada Uang Elektronik TrueMoney untuk menghentikan akses Layanan Uang Elektronik TrueMoney secara permanen yang antara lain disebabkan oleh:
  • Pengguna lupa akan akses ID/TrueMoney ID, akses Password/Password dan/atau akses PIN/PIN Uang Elektronik TrueMoney.
  • Pengguna menutup semua rekening yang dapat diakses melalui Layanan Uang Elektronik TrueMoney.
  • Akun Uang Elektronik TrueMoney termasuk dalam investigasi penipuan.
  • Diterimanya laporan tertulis dari Pengguna mengenai dugaan atau diketahuinya TrueMoney ID, Password dan PIN Uang Elektronik TrueMoney Pengguna oleh pihak lain yang tidak berwenang.
  • TrueMoney melaksanakan suatu keharusan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

2. Untuk melakukan pelaporan kehilangan Uang Elektronik, permohonan pemblokiran dan aktivasi kembali karena penghentian akses Layanan tersebut di atas, Pengguna harus menghubungi Customer Care TrueMoney, dengan nomor telepon dan alamat email Customer Care sebagaimana tertulis pada menu ‘Hubungi’ di aplikasi Uang Elektronik True Money.

Force Majeure

Pengguna akan membebaskan TrueMoney dari segala tuntutan apapun, jika TrueMoney tidak dapat melaksanakan perintah dari Pengguna baik sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan TrueMoney termasuk namun tidak terbatas pada segala gangguan virus komputer atau sistem Trojan Horses atau komponen membahayakan yang dapat menggangu Layanan Uang Elektronik TrueMoney, web browser atau komputer sistem TrueMoney, Pengguna, atau Internet Service Provider, bencana alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, kegagalan sistem perbankan serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain di luar kekuasaan atau kemampuan TrueMoney.

Hak Kekayaan Intelektual

Segala hak atas kekayaan intelektual yang melekat pada situs dan aplikasi TrueMoney seperti logo, foto, gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, tulisan, susunan warna dan kombinasi dari unsur-unsur merupakan milik TrueMoney sepenuhnya. Pengguna situs dan aplikasi TrueMoney dilarang untuk meniru, memperbanyak, atau menggunakannya untuk kepentingan dan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis dahulu dari TrueMoney.

Lain-lain

  1. Pengguna dapat menghubungi Customer Care TrueMoney, dengan nomor telepon atau alamat email yang tertera di menu ‘Hubungi’ pada aplikasi Uang Elektronik TrueMoney, atas setiap permasalahan yang berkaitan dengan transaksi dan perubahan akses Layanan Uang Elektronik TrueMoney.  Customer Care akan menghubungi Pengguna dan menyampaikan konfirmasi terhadap status penyelesaian permasalahan dalam waktu 1x24 jam.
  2. TrueMoney dapat mengubah syarat dan ketentuan ini setiap saat.
  3. Pengguna tunduk pada ketentuan-ketentuan dan peraturan-peraturan yang berlaku pada TrueMoney termasuk setiap perubahannya.
  4. Penawaran Produk dan Jasa Merchant yang terdapat di dalam situs dan aplikasi Uang Elektronik TrueMoney hanya sebagai informasi Produk bagi Pengguna saja, dan Merchant hanya merupakan kontraktor independen yang tidak berkaitan dengan TrueMoney termasuk perusahaan, anak perusahaan, karyawan, manajemen atau pihak terafiliasi lainnya.
  5. Pengguna menyetujui bahwa TrueMoney tidak bertanggung jawab, atau menjamin, bahwa semua informasi mengenai Produk dan Jasa yang diberikan oleh Merchant adalah akurat, lengkap, benar atau terbaru.
  6. Apabila timbul perselisihan sehubungan dengan penafsiran dan pelaksanaan dari syarat dan ketentuan ini, TrueMoney dan Pengguna sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dimaksud secara musyawarah untuk mencapai mufakat.
  7. Apabila perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah, TrueMoney dan Pengguna dengan ini sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dimaksud melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dengan tidak mengurangi hak TrueMoney untuk mengajukan gugatan atau tuntutan melalui Pengadilan Negeri lainnya dalam wilayah Republik Indonesia.

 

Dengan ini Saya telah membaca, memahami dan menyetujui hal-hal yang tercantum pada syarat dan ketentuan Pengguna Uang Elektronik TrueMoney sebagai media pembayaran pembelanjaan online Saya, dan Saya tidak berkeberatan apabila TrueMoney menggunakan data pribadi Saya berupa alamat e-mail/nomor handphone untuk kepentingan pengiriman informasi seperti newsletter, brosur, dan lain-lain.