SYARAT & KETENTUAN

Istilah

  1. Uang Elektronik TrueMoney adalah suatu produk layanan uang elektronik berbasis server yang diselenggarakan oleh PT. Witami Tunai Mandiri (‘TRUEMONEY’) yang berdomisili di Gran Rubina Business Park, Generali Tower Lt. 19, Jalan HR. Rasuna Said Kavling C-22, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Dalam menjalankan usaha layanan ini, TrueMoney telah memperoleh beberapa perizinan yang terkait dari Bank Indonesia, yakni :
    1. Izin sebagai Penerbit Uang Elektronik (E-Money) nomor : 14/898/DASP, tanggal 20 Desember 2012; dan
    2. Izin Penyelenggara Transfer Dana nomor : 17/2385/DKSP, tanggal 26 Oktober 2015.
  2. TrueMoney ID adalah identitas Pengguna Uang Elektronik TrueMoney untuk keperluan Pengguna mengakses servis, situs dan aplikasi Uang Elektronik TrueMoney.
  3. Layanan adalah layanan penyediaan aplikasi sistem uang elektronik dengan limit pembayaran Transaksi per akun Pengguna maksimum Rp 1,000,000 (Satu Juta Rupiah) bagi Pengguna yang tidak memberikan bukti identitas diri (KTP/SIM/Paspor); (belum KYC), dan limit pembayaran Transaksi maksimum Rp. 5.000.000,- (Lima Juta Rupiah); bagi Pengguna yang sudah memberikan bukti identitas diri (KTP/SIM/Paspor) dan telah memperoleh verifikasi dari TrueMoney (sudah KYC). Pengguna yang sudah memberikan bukti identitas diri berhak atas layanan seperti : peer to peer transfer (pengiriman uang dengan sesama Pengguna Uang Elektronik TrueMoney), cash out, dan transfer dana ke akun bank.
  4. Agen Uang Elektronik TrueMoney adalah pihak yang memberikan pelayanan TrueMoney kepada Member dan non-Member, melalui mesin EDC (Electronic Data Capture), aplikasi telepon pintar berbasis Android, atau website www.truemoney.co.id.
  5. Merchant Uang Elektronik TrueMoney adalah pihak ketiga yang menawarkan Produk dan Jasa bagi Pengguna.
  6. Member merupakan pengguna akhir jasa TrueMoney.
  7. Password adalah kombinasi huruf dan angka yang dibuat oleh Pengguna untuk mengakses servis, situs dan aplikasi Uang Elektronik TrueMoney dan bisa diubah oleh Pengguna.
  8. Pengguna adalah perorangan pemilik rekening Uang Elektronik TrueMoney yang terdaftar sebagai pengguna Layanan Uang Elektronik TrueMoney.
  9. PIN (Personal Identification Number) Uang Elektronik TrueMoney adalah nomor identifikasi pribadi yang bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh Pengguna serta harus dicantumkan/diinput oleh Pengguna pada saat menggunakan Layanan Uang Elektronik TrueMoney. TrueMoney ID, Password dan PIN digunakan untuk membuktikan bahwa Pengguna bersangkutan berhak atas layanan Uang Elektronik TrueMoney.
  10. OTP (One Time Password) adalah kode acak yang dikirimkan melalui SMS jika pengguna ingin mengganti kode PIN dan Password.
  11. Kartu Agen merupakan alat yang digunakan untuk verifikasi setiap melakukan transaksi melalui mesin EDC.
  12. Kartu Member merupakan alat bayar yang digunakan olen Member untuk melakukan transaksi dengan menggunakan mesin EDC di Agen dan merchant TrueMoney.
  13. Produk dan Jasa adalah barang dan/atau jasa yang diiklankan atau ditawarkan pihak ketiga dalam situs dan aplikasi Uang Elektronik TrueMoney maupun situs dan aplikasi Merchant.
  14. Saldo Rekening Maksimum adalah saldo rekening sebesar Rp. 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah) bagi Pengguna yang tidak meng-upload bukti identitas diri (KTP/SIM/Paspor) dan maksimum sebesar Rp. 5.000.000,- (Lima Juta Rupiah) bagi Pengguna yang sudah meng-upload bukti identitas diri (KTP/SIM/Paspor) dan telah memperoleh verifikasi dari TrueMoney.
  15. Transaksi adalah semua kegiatan finansial menyangkut saldo Uang Elektronik TrueMoney milik Pengguna, termasuk dan tidak terkecuali: Debit, Credit, Transfer, Top-up, Cash Out, pembelian Produk dan Jasa yang tersedia dalam situs atau aplikasi Uang Elektronik TrueMoney dan situs atau aplikasi Merchant yang dilakukan secara online maupun offline.

Syarat Pendaftaran Uang Elektronik TrueMoney

  1. Pengguna mengisi data pribadi seperti Nama, Tanggal Lahir, Nomor Telepon/Nomor Handphone, E-mail, dan lain-lain di situs atau aplikasi TrueMoney.
  2. Mengunggah scan bukti identitas diri yang sah (KTP/SIM/Paspor) bagi Pengguna yang memilih limit Saldo Rekening Maksimum sampai dengan Rp. 5.000.000,- (Lima Juta Rupiah) dan dapat mengakses fitur tambahan seperti : peer to peer transfer (pengiriman uang dengan sesama Pengguna Uang Elektronik TrueMoney), cash out, dan transfer dana ke akun bank.
  3. Pengguna harus memiliki alamat e-mail dan nomor telepon.
  4. Telah membaca dan memahami Syarat dan Ketentuan Uang Elektronik TrueMoney.

Ketentuan Penggunaan Uang Elektronik TrueMoney

  1. Pengguna dapat menggunakan Layanan Uang Elektronik TrueMoney untuk melakukan transaksi Produk dan Jasa yang terdapat di dalam situs atau aplikasi Uang Elektronik TrueMoney dan website atau aplikasi Merchant.
  2. Pada saat pertama kali menggunakan Layanan Uang Elektronik TrueMoney, Pengguna diharuskan melakukan aktivasi akun dengan mengklik link Uang Elektronik TrueMoney yang telah dikirim oleh administrator TrueMoney ke alamat e-mail Pengguna.
  3. Untuk setiap pelaksanaan transaksi: Pengguna wajib memastikan ketepatan dan kelengkapan perintah transaksi (termasuk memastikan bahwa semua data yang diperlukan untuk transaksi telah diisi secara lengkap dan benar). TrueMoney tidak bertanggung jawab terhadap segala dampak apapun yang mungkin timbul yang diakibatkan kelalaian, ketidaklengkapan, ketidakjelasan, atau ketidaktepatan perintah/data dari Pengguna. Pengguna memiliki kesempatan untuk memeriksa kembali dan/atau membatalkan data yang telah diisi sebelum penginputan dan eksekusi PIN.
  4. Segala transaksi yang telah diperintahkan kepada Uang Elektronik TrueMoney dan disetujui oleh Pengguna yang ditandai dengan penginputan dan eksekusi PIN tidak dapat dibatalkan.
  5. Setiap perintah yang telah disetujui dari Pengguna yang tersimpan pada pusat data elektronik TrueMoney merupakan data yang benar yang diterima sebagai bukti perintah dari Pengguna kepada Uang Elektronik TrueMoney untuk melaksanakan transaksi yang dimaksud.
  6. Uang Elektronik TrueMoney menerima dan menjalankan setiap perintah dari Pengguna sebagai perintah yang sah berdasarkan penggunaan PIN dan untuk itu TrueMoney tidak mempunyai kewajiban untuk meneliti atau menyelidiki keaslian maupun keabsahan atau kewenangan pengguna TrueMoney ID, Password dan PIN atau menilai maupun membuktikan ketepatan maupun kelengkapan perintah yang dimaksud, dan oleh karena itu, perintah tersebut sah mengikat Pengguna dengan sebagaimana mestinya.
  7. TrueMoney berhak untuk tidak melaksanakan perintah dari Pengguna, apabila:
    • Saldo rekening Pengguna di Uang Elektronik TrueMoney tidak cukup.
    • TrueMoney mengetahui atau mempunyai alasan untuk menduga bahwa penipuan atau aksi kejahatan telah atau akan dilakukan.
    • Pengguna belum melengkapi proses KYC (Know Your Customer) sebagaimana dimaksud dalam Butir 3 pada ketentuan “Istilah” diatas, sehingga Pengguna tidak dapat menggunakan fitur-fitur tertentu seperti peer to peer transfer (pengiriman uang dengan sesama Pengguna Uang Elektronik TrueMoney), cash out, dan transfer ke akun bank.
  8. Sebagai bukti bahwa Transaksi yang diperintahkan Pengguna telah berhasil dilakukan oleh Uang Elektronik TrueMoney, Pengguna akan mendapatkan notifikasi tentang Transaksi melalui e-mail Pengguna/web dashboard Pengguna/aplikasi Pengguna.
  9. Pengguna menyetujui dan mengakui bahwa: Dengan dilaksanakannya transaksi melalui Uang Elektronik TrueMoney, semua perintah Pengguna yang diterima Uang Elektronik TrueMoney akan diperlakukan sebagai alat bukti yang sah meskipun tidak dibuat TrueMoneymen tertulis dan/atau dikeluarkan TrueMoneymen yang ditandatangi. Bukti atas perintah dari Pengguna kepada Uang Elektronik TrueMoney yang dikirim secara elektronik yang tersimpan pada pusat data elektronik Uang Elektronik TrueMoney dan/atau tersimpan dalam bentuk penyimpanan informasi dan data lainnya di Uang Elektronik TrueMoney, baik berupa TrueMoneymen tertulis, catatan, print out komputer dan/atau salinan, merupakan alat bukti yang sah yang tidak akan dibantah keabsahan, kebenaran atau keasliannya.
  10. TrueMoney berhak menghentikan Layanan Uang Elektronik TrueMoney untuk sementara waktu maupun untuk jangka waktu tertentu yang ditentukan oleh TrueMoney untuk keperluan pembaharuan, pemeliharaan atau untuk tujuan lain dengan alasan apapun yang dianggap baik oleh TrueMoney, dan untuk itu TrueMoney tidak berkewajiban mempertanggungjawabkannya kepada siapapun.

TrueMoney ID, Password dan PIN Uang Eletronik TrueMoney

  1. TrueMoney ID dan PIN merupakan kode yang bersifat rahasia dan kewenangan penggunaannya ada pada Pengguna. TrueMoney ID bersifat tetap dan tidak dapat diubah kembali.
  2. Pengguna wajib mengamankan TrueMoney ID, Password dan PIN Uang Elektronik TrueMoney dengan cara: Tidak memberitahukan TrueMoney ID, Password dan PIN Uang Elektronik TrueMoney kepada orang lain. Berhati-hati menggunakan TrueMoney ID, Password dan PIN Uang Elektronik TrueMoney agar tidak terlihat orang lain.
  3. Jika Pengguna mengetahui atau menduga TrueMoney ID, Password dan PIN Uang Elektronik TrueMoney telah diketahui oleh orang lain yang tidak berwenang, maka Pengguna wajib segera melakukan pengamanan dengan melakukan perubahan PIN Uang Elektronik TrueMoney.
  4. Segala perintah dan transaksi berdasarkan penggunaan TrueMoney ID, Password dan PIN Uang Elektronik TrueMoney oleh pihak yang tidak berwenang sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna.
  5. Penggunaan TrueMoney ID, Password dan PIN Uang Elektronik TrueMoney mempunyai kekuatan hukum, sehingga karenanya Pengguna dengan ini menyatakan bahwa penggunaan TrueMoney ID, Password dan PIN Uang Elektronik TrueMoney dalam setiap perintah atas transaksi Uang Elektronik TrueMoney juga merupakan pemberian kuasa dari Pengguna kepada TrueMoney untuk melaksanakan Transaksi, namun tidak terbatas untuk melakukan pendebetan rekening saldo Pengguna yang masih tersedia di dalam Uang Elektronik TrueMoney dalam rangka pelaksanaan Transaksi yang diperintahkan.
  6. Kuasa sebagaimana tersebut diatas tidak dapat berakhir karena alasan apapun termasuk karena alasan-alasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata selama Pengguna masih memperoleh Layanan Uang Elektronik TrueMoney.
  7. Segala penyalahgunaan Access ID/TrueMoney ID, Access Password/Password Uang Elektronik TrueMoney dan Access PIN/PIN Uang Elektronik TrueMoney merupakan tanggung jawab Pengguna. Pengguna dengan ini membebaskan TrueMoney dari segala tuntutan yang mungkin timbul, baik dari pihak lain maupun Pengguna sendiri sebagai akibat penyalahgunaan Access ID/TrueMoney ID, Access Password/Password dan Access PIN/PIN Uang Elektronik TrueMoney.

Penghentian Akses Layanan Uang Elektronik TrueMoney

  1. Akses layanan Uang Elektronik TrueMoney akan dihentikan oleh TrueMoney apabila:
    • Pengguna meminta kepada Uang Elektronik TrueMoney untuk menghentikan akses Layanan Uang Elektronik TrueMoney secara permanen yang antara lain disebabkan oleh:
      • Pengguna lupa akan akses ID/TrueMoney ID, akses Password/Password dan/atau akses PIN/PIN Uang Elektronik TrueMoney.
      • Pengguna menutup semua rekening yang dapat diakses melalui Layanan Uang Elektronik TrueMoney.
      • Akun Uang Elektronik TrueMoney termasuk dalam investigasi penipuan.
    • Diterimanya laporan tertulis dari Pengguna mengenai dugaan atau diketahuinya TrueMoney ID, Password dan PIN Uang Elektronik TrueMoney Pengguna oleh pihak lain yang tidak berwenang.
    • TrueMoney melaksanakan suatu keharusan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Untuk melakukan aktivasi kembali karena penghentian akses Layanan tersebut di atas, Pengguna harus menghubungi Customer Care TrueMoney.

Force Majeure

Pengguna akan membebaskan TrueMoney dari segala tuntutan apapun, jika TrueMoney tidak dapat melaksanakan perintah dari Pengguna baik sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan TrueMoney termasuk namun tidak terbatas pada segala gangguan virus komputer atau sistem Trojan Horses atau komponen membahayakan yang dapat menggangu Layanan Uang Elektronik TrueMoney, web browser atau komputer sistem TrueMoney, Pengguna, atau Internet Service Provider, bencana alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, kegagalan sistem perbankan serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain di luar kekuasaan atau kemampuan TrueMoney.

Hak Kekayaan Intelektual

Segala hak atas kekayaan intelektual yang melekat pada situs dan aplikasi TrueMoney seperti logo, foto, gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, tulisan, susunan warna dan kombinasi dari unsur-unsur merupakan milik TrueMoney sepenuhnya. Pengguna situs dan aplikasi TrueMoney dilarang untuk meniru, memperbanyak, atau menggunakannya untuk kepentingan dan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis dahulu dari TrueMoney.

Lain-lain

  1. Pengguna dapat menghubungi Customer Care TrueMoney atas setiap permasalahan yang berkaitan dengan transaksi dan perubahan akses Layanan Uang Elektronik TrueMoney.
  2. TrueMoney dapat mengubah syarat dan ketentuan ini setiap saat.
  3. Pengguna tunduk pada ketentuan-ketentuan dan peraturan-peraturan yang berlaku pada TrueMoney termasuk setiap perubahannya.
  4. Penawaran Produk dan Jasa Merchant yang terdapat di dalam situs dan aplikasi Uang Elektronik TrueMoney hanya sebagai informasi Produk bagi Pengguna saja, dan Merchant hanya merupakan kontraktor independen yang tidak berkaitan dengan TrueMoney termasuk perusahaan, anak perusahaan, karyawan, manajemen atau pihak terafiliasi lainnya.
  5. Pengguna menyetujui bahwa TrueMoney tidak bertanggung jawab, atau menjamin, bahwa semua informasi mengenai Produk dan Jasa yang diberikan oleh Merchant adalah akurat, lengkap, benar atau terbaru.
  6. Apabila timbul perselisihan sehubungan dengan penafsiran dan pelaksanaan dari syarat dan ketentuan ini, TrueMoney dan Pengguna sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dimaksud secara musyawarah untuk mencapai mufakat.
  7. Apabila perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah, TrueMoney dan Pengguna dengan ini sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dimaksud melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dengan tidak mengurangi hak TrueMoney untuk mengajukan gugatan atau tuntutan melalui Pengadilan Negeri lainnya dalam wilayah Republik Indonesia.

Dengan ini Saya telah membaca, memahami dan menyetujui hal-hal yang tercantum pada syarat dan ketentuan Pengguna Uang Elektronik TrueMoney sebagai media pembayaran pembelanjaan online Saya, dan Saya tidak berkeberatan apabila TrueMoney menggunakan data pribadi Saya berupa alamat e-mail/nomor handphone untuk kepentingan pengiriman informasi seperti newsletter, brosur, dan lain-lain.