Syarat dan Ketentuan
SYARAT DAN KETENTUAN APLIKASI TRUEMONEY
(TrueMoney Wallet Indonesia)
 
Syarat dan Ketentuan ini berlaku untuk semua para Pengguna Aplikasi TRUEMONEY yang
Layanannya disediakan oleh PT Witami Tunai Mandiri ("TRUEMONEY INDONESIA") atau ("Kami")
sehubungan dengan penggunaan dan akses Aplikasi TRUEMONEY.
 
I. DEFINISI
 
1. TRUEMONEY INDONESIA adalah operator uang elektronik berbasis server yang didirikan
dan dikelola oleh PT. Witami Tunai Mandiri berdomisili di Millenium Centennial Center,
Lantai 36. Jl. Jend Sudirman Kav 25, Kuningan-Setiabudi, Jakarta Selatan, 12920, yang telah
diberi izin dan diawasi oleh Bank Indonesia, yaitu:
 
a) Penerbit Uang Elektronik sesuai dengan Surat No. 16/129 / DKSP tertanggal 18 Juli
2014 sebagaimana diperpanjang dengan Surat No. 20/259/DKSP/Srt/B tertanggal 12
Juli 2018 yang dikeluarkan oleh Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran atau
“DKSP”; dan
 
b) Penyelenggara Transfer Dana sesuai dengan Sertifikat No. 16/152/DKSP/58
tertanggal 18 Juli 2014.
 
2. ID TRUEMONEY adalah identitas para Pengguna Aplikasi TRUEMONEY untuk tujuan
mengakses Layanan, dan aplikasi seluler.
 
3. KYC adalah Prinsip Pengenalan Nasabah (Know Your Customer) sebagai rangkaian tahapan
lebih lanjut dari Customer Due Diligence, KYC merupakan tindakan untuk melakukan
proses identifikasi, verifikasi, dan pemantauan calon Pengguna yang dilakukan oleh
TRUEMONEY INDONESIA sebelum calon Pengguna disetujui oleh TRUEMONEY INDONESIA
sebagai pengguna L ayanan Aplikasi TRUEMONEY.
 
4. Akun Dormant adalah akun terdaftar Agen TRUEMONEY dan Member TRUEMONEY yang
dalam jangka waktu tertentu tidak melaksanakan Transaksi .
 
5. Layanan terdiri dari layanan Uang Elektronik dan Transfer Dana yang memungkinkan
Pengguna memiliki saldo batas di Aplikasi TRUEMONEY.
 
6. Agen TRUEMONEY adalah individu atau entitas tertentu yang bermitra dengan TRUEMONEY
INDONESIA untuk mendistribusikan Layanan kepada Anggota dan non-Anggota, melalui
aplikasi smartphone berbasis Android.
 
7. Pedagang adalah toko ritel atau pihak ketiga berdasarkan perjanjian dengan TRUEMONEY
INDONESIA yang menawarkan Produk dan Layanan kepada para Pengguna.
 
8. Members atau (Para) Anggota adalah Pengguna Aplikasi TRUEMONEY yang kepadanya telah
atau belum dilakukan CDD atau KYC.
 
9. Pengguna adalah individu yang menggunakan Layanan Aplikasi TRUEMONEY.
 
10. (Para) Pengguna Tidak Terdaftar adalah para Pengguna Aplikasi TRUEMONEY yang
kepadanya proses CDD atau KYC belum dilakukan sehingga manfaatnya harus dibedakan
dari Para Pengguna Terdaftar sesuai dengan peraturan Bank Indonesia yang berlaku.
 
11. (Para) Pengguna Terdaftar adalah para Pengguna Aplikasi TRUEMONEY yang kepadanya
proses CDD atau KYC dilakukan yang akan diberikan manfaat sesuai dengan peraturan Bank
Indonesia yang berlaku dan jumlah total transaksi maksimum per bulan (secara akumulatif)
adalah Rp. 20.000.000 (dua puluh juta Rupiah).
 
12. Kanal Mitra adalah [pihak ketiga yang bekerjasama dengan TRUEMONEY INDONESIA dalam
menyediakan Layanan Aplikasi TRUEMONEY kepada Agen TRUEMONEY dan Anggota
TRUEMONEY.
 
13. Kata Sandi adalah kombinasi huruf dan angka yang dibuat oleh para Pengguna untuk
mengakses A plikasi TRUEMONEY dan dapat diubah oleh para Pengguna.
 
14. PIN (Nomor Identifikasi Pribadi) TRUEMONEY adalah informasi rahasia dan hanya diketahui
oleh para Pengguna dan harus dimasukkan/diinput oleh para Pengguna tersebut untuk
penggunaan Layanan Aplikasi TRUEMONEY. ID TRUEMONEY, Kata Sandi dan PIN digunakan
untuk membuktikan bahwa para Pengguna berhak untuk Layanan Aplikasi TRUEMONEY.
 
15. OTP (One Time Password) adalah kode acak yang dikirim melalui SMS ke masing-masing para
Pengguna.
 
16. Produk dan Layanan adalah barang dan/atau jasa yang diiklankan atau ditawarkan di
Aplikasi TRUEMONEY dan/atau Pedagang.
 
17. Transaksi adalah semua kegiatan keuangan yang melibatkan saldo Aplikasi TRUEMONEY
para Pengguna, termasuk tetapi tidak terbatas pada: debit, kredit, transfer, top-up, kas
keluar, pembelian Produk dan Layanan yang tersedia di Aplikasi TRUEMONEY dan/atau
aplikasi Pedagang yang dilakukan secara online atau offline.
 
18. Data Pribadi berarti informasi yang darinya seseorang dapat diidentifikasi secara
independen atau melalui kombinasi informasi lain yang kami miliki (mis. secara langsung
atau tidak langsung melalui sistem kami).
 
II. PERSYARATAN PENDAFTARAN
1. Calon Pengguna yang mendaftar melalui Aplikasi TRUEMONEY akan mengisi Data Pribadi
termasuk tetapi tidak terbatas pada Nama, Tanggal Lahir, Nomor Telepon/Nomor Ponsel,
Email, Nomor Kartu Identitas (atau Nomor Induk Kependudukan - sebagaimana berlaku bagi
warga negara Indonesia), dan harus mengunggah hasil pemindaian identitasnya yang sah.
Calon Pengguna yang mendaftar melalui Aplikasi TRUEMONEY akan melakukan proses KYC
untuk diklasifikasikan sebagai Anggota Terdaftar, sedangkan para Pengguna yang belum
dilakukan proses KYC akan diklasifikasikan sebagai Pengguna Tidak Terdaftar.
2. Para Pengguna kemudian perlu membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan
TRUEMONEY INDONESIA ini termasuk Kebijakan Privasi untuk menggunakan Layanan di
Aplikasi TRUEMONEY.
3. Para Pengguna kemudian dapat menggunakan Layanan Aplikasi TRUEMONEY untuk
melakukan Transaksi untuk Produk dan Layanan yang disediakan dan melakukan Transaksi
di situs web pedagang atau aplikasi TRUEMONEY.
 
III. SYARAT DAN KETENTUAN UMUM
1. Ketika pertama kali menggunakan Layanan Aplikasi TRUEMONEY, para Pengguna harus
mendaftarkan akun dan masuk menggunakan PIN yang disediakan oleh TRUEMONEY
INDONESIA melalui SMS. Para Pengguna diminta untuk mengubah PIN saat pertama kali
mereka masuk, dengan PIN baru sesuai dengan keinginan Pengguna.
2. Para Pengguna dengan ini menyetujui dan menjamin bahwa Data Pribadi dan semua data
untuk setiap Transaksi adalah akurat, benar, dan lengkap. TRUEMONEY INDONESIA tidak
akan bertanggung jawab atas dampak yang mungkin timbul karena kelalaian,
ketidaklengkapan, ketidakjelasan, atau ketidaktepatan pesanan/data dari Pengguna.
3. Setiap Transaksi yang diperintahkan oleh para Pengguna di Aplikasi TRUEMONEY akan
dieksekusi dan tidak dapat dibatalkan setelah Pengguna tersebut memberikan PIN untuk
verifikasi.
4. Setiap perintah yang disetujui oleh Pengguna yang disimpan di pusat data TRUEMONEY
INDONESIA adalah data yang valid yang diterima sebagai bukti dari Pengguna yang relevan
akan menjadi perintah yang sah untuk Aplikasi TRUEMONEY untuk melakukan Transaksi.
5. Aplikasi TRUEMONEY menerima dan mengeksekusi setiap pesanan dari Pengguna sebagai
pesanan yang sah berdasarkan ketentuan PIN dan untuk itu TRUEMONEY INDONESIA tidak
memiliki kewajiban untuk memeriksa atau menyelidiki keaslian atau keabsahan atau otoritas
ID, Kata Sandi dan PIN TRUEMONEY Pengguna terkait atau untuk menilai atau membuktikan
keakuratan atau kelengkapan pesanan atau perintah Transaksi yang dimaksudkan, dan
dengan demikian, pesanan tersebut mengikat secara hukum pada Pengguna secara sesuai.
6. TRUEMONEY INDONESIA memiliki hak untuk tidak melakukan pesanan dari Pengguna, jika:
a. Saldo akun Pengguna di Aplikasi TRUEMONEY tidak cukup untuk melakukan
Transaksi.
b. TRUEMONEY INDONESIA mengetahui atau memiliki alasan untuk mencurigai bahwa
penipuan atau kejahatan telah atau akan dilakukan.
c. Para Pengguna belum menyelesaikan proses KYC - karenanya, para Pengguna
tersebut tidak dapat menggunakan fitur tertentu seperti transfer peer to peer
(mengirim uang ke sesama Pengguna Aplikasi TRUEMONEY), menguangkan, dan
mentransfer ke rekening bank.
7. Terhadap setiap kemungkinan terjadinya perbedaan data pada transaksi apapun yang
dilakukan oleh Pengguna di dalam L ayanan A plikasi TRUEMONEY maupun pada Kanal
Mitra, Rekonsiliasi data akan senantiasa merujuk kepada data yang dimiliki oleh
TRUEMONEY INDONESIA.
8. Sebagai bukti bahwa Transaksi yang dipesan oleh Pengguna telah berhasil dilakukan oleh
Aplikasi TRUEMONEY, Pengguna akan mendapatkan pemberitahuan tentang Transaksi
melalui dasbor pengguna di Aplikasi TRUEMONEY Pengguna.
9. Pengguna setuju dan mengakui bahwa: dengan melakukan Transaksi melalui Aplikasi
TRUEMONEY, semua pesanan Pengguna yang diterima oleh Aplikasi TRUEMONEY akan
diperlakukan sebagai bukti yang sah meskipun tidak ada dokumen tertulis yang dibuat
dan/atau diterbitkan dokumen yang ditandatangani. Bukti pesanan dari Pengguna ke
Aplikasi TRUEMONEY dikirim secara elektronik dan disimpan di pusat data TRUEMONEY
INDONESIA dan/atau disimpan dalam bentuk penyimpanan informasi dan data lainnya di
TRUEMONEY INDONESIA, baik dalam bentuk dokumen tertulis, catatan, cetakan komputer
dan/atau salinan, yang akan menjadi bukti yang sah sehingga keabsahan, kebenaran atau
keasliannya tidak akan ditolak.
10. Sehubungan dengan Pengguna TRUEMONEY Tidak Terdaftar, saldo batas akun maksimum
adalah Rp. 2.000.000 (dua juta Rupiah); Layanan yang diperoleh hanya dalam bentuk top-up
dan pembayaran;
11. Sementara sehubungan dengan Pengguna TRUEMONEY Terdaftar, saldo batas akun
adalah sebesar maksimal Rp. 10.000.000 (sepuluh juta Rupiah); Layanan yang diperoleh
adalah dalam bentuk top-up, pencairan, saldo transfer ke sesama Pengguna dan ke rekening
bank, serta pembayaran.
12. Pengguna tidak akan menerima bunga apa pun atas penempatan dana di akun Aplikasi
TRUEMONEY.
13. Dana Pengguna yang ditempatkan di Aplikasi TRUEMONEY tidak dilindungi oleh Lembaga
Penjamin Simpanan (LPS).
14. Pengguna dapat menghubungi dan melaporkan ke nomor telepon Layanan Pelanggan
TRUEMONEY INDONESIA (08041000100) jika kehilangan kartu sim atau perangkat ponsel
cerdas dengan nomor yang terdaftar di Aplikasi TRUEMONEY akan diblokir. Laporan tersebut
perlu mencantumkan nomor kartu identitas/SIM yang terdaftar pada sistem TRUEMONEY
INDONESIA.
15. Pengguna diharuskan untuk sering memperbarui jika ada perubahan pada Data Pribadi
dengan menghubungi nomor telepon Layanan Pelanggan TRUEMONEY (08041000100).
16. TRUEMONEY INDONESIA hanya berkewajiban menanggung kerugian langsung yang diderita
oleh Pengguna selama hal itu dapat dibuktikan karena kesalahan TRUEMONEY INDONESIA,
dengan jumlah maksimum dari jumlah nominal dari transaksi yang relevan atau yang
disengketakan.
 
IV. ID, KATA SANDI DAN PIN TRUEMONEY
1. ID dan PIN TRUEMONEY adalah kode rahasia dan wewenang untuk menggunakannya
terletak pada Pengguna. ID TRUEMONEY bersifat permanen dan tidak dapat diubah.
2. Pengguna diharuskan untuk mengamankan ID, Kata Sandi dan PIN TRUEMONEY sebagai
informasi rahasia dan dengan demikian diminta untuk tidak membagikannya kepada siapa
pun. Hati-hati saat menggunakan ID, Kata Sandi, dan PIN TRUEMONEY sehingga tidak
terlihat dan diketahui orang lain.
3. Pengguna disarankan untuk mengubah kata sandi dan PIN mereka secara berkala.
4. Jika Pengguna mengetahui atau mencurigai ID, Kata Sandi dan PIN TRUEMONEY untuk
Aplikasi TRUEMONEY telah ditemukan oleh siapa pun yang tidak berwenang, maka
Pengguna berkewajiban untuk segera membuat perubahan pada PIN mereka.
5. Semua pesanan dan Transaksi berdasarkan penggunaan ID, Kata Sandi, dan PIN TRUEMONEY
yang tidak sah oleh pihak yang tidak berwenang adalah tanggung jawab Pengguna yang
relevan.
6. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa penggunaan ID, Kata Sandi, dan PIN TRUEMONEY
dalam setiap pesanan untuk transaksi Aplikasi TRUEMONEY juga merupakan otorisasi dari
Pengguna untuk Aplikasi TRUEMONEY untuk melakukan Transaksi, tetapi tidak terbatas pada
mendebit saldo akun Pengguna yang masih tersedia di Aplikasi TRUEMONEY dalam konteks
melaksanakan Transaksi yang dipesan.
7. Semua penyalahgunaan ID, Kata Sandi atau PIN TRUEMONEY adalah tanggung jawab
Pengguna. Pengguna dengan ini membebaskan TRUEMONEY INDONESIA dari setiap dan
semua klaim yang mungkin timbul, baik dari pihak ketiga maupun Pengguna sendiri sebagai
akibat dari penyalahgunaan ID, Kata Sandi dan PIN TRUEMONEY.
 
V. PENGHENTIAN AKSES KE LAYANAN
1. Akses ke Layanan Aplikasi TRUEMONEY akan dihentikan oleh TRUEMONEY INDONESIA jika:
a. Pengguna meminta untuk berhenti mengakses Layanan Aplikasi TRUEMONEY secara
permanen, yang antara lain disebabkan oleh:
i. Para Pengguna lupa tentang akses ke ID/ID, Kata Sandi dan PIN
TRUEMONEY.
ii. Para Pengguna menutup semua akun yang dapat diakses melalui Layanan
Aplikasi TRUEMONEY.
iii. Akun Aplikasi TRUEMONEY dimasukkan dalam investigasi penipuan.
b. Bukti penerimaan laporan tertulis dari Pengguna terkait dugaan atau diketahuinya
ID, Kata Sandi dan PIN TRUEMONEY Pengguna oleh pihak lain yang tidak berwenang.
c. TRUEMONEY INDONESIA menerapkan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan
yang berlaku.
 
2. Dalam hal Anggota ingin melaporkan kehilangan saldo, permintaan untuk pemblokiran dan
pengaktifan kembali karena penghentian akses ke Layanan yang disebutkan di atas,
Pengguna harus menghubungi Layanan Pelanggan TRUEMONEY melalui nomor telepon
Layanan Pelanggan atau alamat email sebagaimana tertulis pada menu 'Kontak' di Aplikasi
TRUEMONEY.
 
VI. BATASAN TANGGUNG JAWAB
Pengguna akan membebaskan TRUEMONEY INDONESIA dari klaim apa pun, jika TRUEMONEY
INDONESIA tidak dapat melakukan pesanan untuk Transaksi dari Pengguna, baik sebagian atau
seluruhnya, karena peristiwa atau penyebab di luar kendali Aplikasi TRUEMONEY termasuk
tetapi tidak terbatas pada gangguan dengan virus komputer atau sistem Trojan Horses atau
komponen yang dapat mengganggu Layanan Aplikasi TRUEMONEY, atau sistem komputer, para
Pengguna atau Penyedia Layanan Internet, bencana alam, perang, kerusuhan, peralatan, sistem
atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan
pemerintah, kegagalan sistem perbankan, dan peristiwa atau sebab lain di luar kekuasaan atau
kemampuan TRUEMONEY INDONESIA.
 
VII. AKUN NON-AKTIF (DORMANT) DAN BIAYA AKUN DORMANT
1. Ketentuan Akun Non Aktif (selanjutnya disebut “Akun Dormant”) berlaku bagi Agen
TRUEMONEY dan M ember TRUEMONEY.
2. Agen TRUEMONEY dianggap tidak aktif atau Dormant dalam hal tidak ada Transaksi
selama 3 ( tiga ) bulan berturut-turut. Agen TRUEMONEY memberi wewenang
kepada TRUEMONEY INDONESIA untuk memotong saldo Agen dan membebankan Biaya
Akun Dormant dengan pemberitahuan 30 (tiga puluh) hari sebelumnya sejak tanggal 4 Juni
2021 (selanjutnya disebut sebagai "Biaya Akun Dormant"). Akun Agen Dormant dengan
ini mengesampingkan Pasal 1813, 1814 dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata dan
memberikan kepada TRUEMONEY INDONESIA hak dan kuasa yang tidak dapat ditarik
kembali untuk membebankan Biaya Akun Dormant dengan pemberitahuan 30 (tiga
puluh) hari sebelumnya dengan ketentuan sebagai berikut:
 
a) Biaya Akun Dormant sebesar Rp. 5.000 (lima ribu Rupiah) akan dikenakan setiap
bulan untuk Akun Dormant yang memenuhi kriteria tersebut di atas. Biaya
tersebut akan dikenakan kepada Akun Dormant yang tidak melakukan Transaksi
selama 3 ( tiga ) bulan berturut-turut kebelakang (retroaktif) . TRUEMONEY
INDONESIA akan memotong saldo Akun Dorman yang tersisa apabila kurang dari Rp.
5.000 (lima ribu Rupiah).
b) Setelah itu, Biaya Dormant akan meningkat menjadi Rp. 25.000 (dua puluh lima ribu
Rupiah) untuk setiap tambahan bulan tidak aktif berturut-turut (yaitu dari bulan ke-
7 setelah tidak aktif terus menerus).
c)  Selanjutnya, jika saldo Akun Agen Dormant berjumlah di bawah Biaya Akun
Dormant (Rp. 5.000 (lima ribu Rupiah) atau Rp. 25.000 (dua puluh lima ribu Rupiah))
yang berlaku yang dibebankan ke akun masing-masing pada bulan tertentu dimana
TRUEMONEY INDONESIA tidak dapat lagi mengenakan Biaya Akun Dormant sesuai
dengan ketentuan a dan b di atas, tunduk pada pemberitahuan sebelumnya kepada
Agen Akun Dormant, TRUEMONEY INDONESIA berhak dan menerima kuasa yang
tidak dapat dibatalkan untuk menutup akun-akun secara permanen apabila saldo
kosong atau Rp. 0 (nol Rupiah) dan membebankan Biaya Akun Dormant sejumlah
berapapun saldo Akun Dormant yang tersisa.
d) Jika Agen Dormant kembali melakukan Transaksi di akunnya, maka status akun
tersebut menjadi aktif serta tidak lagi dormant dan tidak akan dikenakan Biaya Akun
Dormant di bulan berikutnya sampai Agen kembali memasuki periode Akun
Dormant.
Untuk keperluan ketentuan ini, "Transaksi" berarti penyelesaian semua aktivitas
keuangan yang melibatkan saldo Aplikasi TRUEMONEY Pengguna, termasuk namun tidak
terbatas pada: debit, kredit, transfer, top-up, cash out, pembelian Produk dan Layanan
yang tersedia di TRUEMONEY INDONESIA p latform dan situs atau aplikasi pedagang
dilakukan secara online atau offline, seperti yang Anda instruksikan.
3. Member dianggap tidak aktif atau Dormant dalam hal tidak ada Transaksi selama 6 (enam)
bulan berturut-turut. Biaya Akun Dormant akan dikenakan secara otomatis pada bulan ke
7 (tujuh). Member TRUEMONEY memberi wewenang kepada TRUEMONEY INDONESIA untuk
memotong saldo Member dan membebankan Biaya Akun Dormant dengan
pemberitahuan 30 (tiga puluh) hari sebelumnya sejak tanggal 1 Desember 2022. Member
Dormant dengan ini mengesampingkan Pasal 1813, 1814 dan 1816 Kitab Undang-Undang
Hukum Perdata dan memberikan kepada TRUEMONEY hak dan kuasa yang tidak dapat
 
ditarik kembali untuk membebankan Biaya Akun Dormant dengan ketentuan sebagai
berikut:
a) Biaya Akun Dormant sebesar Rp. 5.000 (lima ribu Rupiah) akan dikenakan setiap
bulan untuk Akun Member Dormant yang memenuhi kriteria tersebut di atas. Biaya
tersebut akan dikenakan pada bulan ke 7 (tujuh) kepada Akun Member Dormant
yang tidak melakukan Transaksi selama 6 (enam) bulan berturut-turut kebelakang
(retroaktif) . TRUEMONEY INDONESIA akan memotong saldo Akun Dorman yang
tersisa apabila kurang dari Rp. 5.000 (lima ribu Rupiah).
b) Selanjutnya, jika saldo Akun Member Dormant berjumlah di bawah Biaya Akun
Dormant yang berlaku, TRUEMONEY INDONESIA berhak membebankan Biaya Akun
Dormant sejumlah berapapun saldo Akun Dormant yang tersisa.
c) Tunduk pada pemberitahuan sebelumnya kepada Akun Member Dormant,
TRUEMONEY INDONESIA berhak dan menerima kuasa yang mana TRUEMONEY
INDONESIA akan menutup Akun Member Dormant secara permanen apabila saldo
kosong atau Rp. 0 (nol Rupiah).
d) Jika Member Dormant kembali melakukan Transaksi di Akunnya, maka status Akun
tersebut menjadi aktif serta tidak lagi Dormant dan tidak akan dikenakan Biaya Akun
Dormant di bulan berikutnya sampai Member kembali memasuki periode Akun
Dormant.
 
4. Sehubungan dengan penutupan Akun Dormant oleh TRUEMONEY INDONESIA, Agen
TRUEMONEY , dan Member TRUEMONEY dengan ini setuju untuk mengesampingkan
penerapan Pasal 1266 dan 1267 KUHPerdata, kecuali jika Agent TRUEMONEY atau
Member TRUEMONEY menutup sendiri Akun Dormant mereka.
5. Ketentuan mengenai Akun Dormant ini diberitahukan pada tanggal 1 November 2022 dan
berlaku dalam waktu satu bulan ke depan, yaitu pada tanggal 1 Desember 2022.
 
VIII. Penarikan (Withdrawal)
1. Hanya Pengguna Terdaftar (KYC) yang dapat melakukan Penarikan (withdrawal) saldo yang
ada pada Aplikasi TRUEMONEY. Penarikan saldo hanya dapat dilakukan melalui Kanal Mitra
TRUEMONEY. Biaya untuk Penarikan ini dapat berbeda sesuai dengan kebijakan masing-
masing Kanal Mitra.
2. Di setiap Penarikan saldo yang dilakukan, TRUEMONEY INDONESIA berhak untuk
mengungkapkan nama lengkap atau Identitas Pengguna sebagai Pengguna terdaftar kepada
mitra. Apabila terjadi ketidaksesuaian identitas pengguna, TRUEMONEY INDONESIA tidak
bertanggungjawab atas perbedaaan identitas tersebut serta berhak menolak setiap
transaksi Penarikan saldo yang terindikasi mencurigakan sampai memperoleh kebenaran
identitas Pengguna yang sah.
3. TRUEMONEY INDONESIA tidak bertanggung jawab apabila terjadi penyalahgunaan atas
transaksi Penarikan saldo. Pengguna sepenuhnya memahami dan bertanggung jawab untuk
menjaga keamanan dan kerahasiaan setiap detil informasi penarikan saldo.
4. Setiap gangguan ataupun kerugian yang mungkin timbul terkait Penarikan karena kegagalan
sistem dalam ekosistem L ayanan TRUEMONEY INDONESIA atau Mitra termasuk pihak
ketiga lainnya yang bekerjasama, tidak akan menjadi tanggungjawab dari TRUEMONEY
INDONESIA sepenuhnya. Selanjutnya, apabila ada keluhan dari Pengguna yang disampaikan
kepada TRUEMONEY INDONESIA, maka TRUEMONEY INDONESIA akan membantu untuk
menyelesaikan kendala ini bersama-sama dengan mitra termasuk juga dengan pihak ketiga
lainnya yang terkait dalam proses Penarikan agar dapat ditindaklanjuti segera. TRUEMONEY
tidak bertanggung jawab atas kendala teknis/gangguan system yang terjadi yang berada
diluar kendali TRUEMONEY INDONESIA (force majeure)
 
IX. PENOLAKAN TRANSAKSI
Kami dapat menolak dilakukannya Transaksi oleh Anda, jika sistem kami mendapatkan pola
transaksi yang mencurigakan, adanya pelanggaran sebagian atau seluruh Syarat dan Ketentuan
dan/atau perbedaan data identitas anda yang kami miliki, serta apabila tidak memenuhi
ketentuan sebagaimana dipersyaratkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.
 
Layanan Kami dapat diinterupsi oleh kejadian atau hal tertentu di luar kewenangan dan kontrol
Kami (Keadaan Kahar), termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, gangguan listrik,
gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, dan hal-hal lainnya yang di luar kewenangan
dan kontrol kami. Anda oleh karenanya setuju untuk melepaskan Kami dari setiap klaim, jika
Kami tidak dapat memenuhi instruksi Anda melalui akun TRUEMONEY INDONESIA baik sebagian
maupun seluruhnya karena Keadaan Kahar.
 
X. HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
Grafik, logo, foto, gambar, nama, kata, huruf, angka, teks, pengaturan warna dan kombinasi
elemen dari setiap hak kekayaan intelektual yang tersedia melalui Layanan TRUEMONEY
Aplikasi yang dimiliki oleh TRUEMONEY INDONESIA atau pemasok atau Pedagangnya. Merek
dagang tersebut tidak boleh digunakan untuk hal-hal yang tidak terkait dengan Produk dan
Layanan dengan cara apa pun yang dapat menyebabkan kebingungan di antara Pengguna
Aplikasi TRUEMONEY atau membahayakan TRUEMONEY INDONESIA atau pemasok atau
Pedagangnya. Para Pengguna Aplikasi TRUEMONEY dilarang meniru, mereproduksi, atau
menggunakannya untuk keuntungan dan dengan cara apa pun tanpa persetujuan tertulis
sebelumnya dari TRUEMONEY INDONESIA atau pemasok atau Pedagangnya.
 
XI. KEBIJAKAN PRIVASI
Harap mengacu ke Tambahan A tentang Kebijakan Privasi tentang bagaimana kami
mengumpulkan, menggunakan atau mengungkapkan Data Pribadi Anda dan praktik
perlindungan data kami.
 
XII. KETIDAKABSAHAN
Jika ada bagian dari Syarat dan Ketentuan ini menjadi tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan
karena hukum dan peraturan yang berlaku, maka para Pengguna setuju bahwa ketidakabsahan
tersebut tidak akan mempengaruhi semua bagian lain dari Syarat dan Ketentuan ini. Kami akan
berusaha untuk mengganti ketentuan tersebut menjadi sah dan tidak melanggar ketentuan
hukum lainnya sehingga dapat mencerminkan tujuan yang sama dari ketentuan masing-masing.
 
XIII. HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN
Dengan menggunakan Layanan Aplikasi TRUEMONEY, Pengguna setuju untuk terikat dengan
Syarat dan Ketentuan ini dan bahwa interpretasinya akan tunduk pada ketentuan Undang-
Undang Republik Indonesia. Setiap tindakan hukum atau perselisihan yang mungkin timbul
sehubungan dengan Layanan Aplikasi TRUEMONEY, harus diselesaikan di Pengadilan Negeri
Jakarta Selatan atau tanpa mengurangi hak TRUEMONEY INDONESIA untuk mengajukan klaim
ke pengadilan negeri kompeten lainnya di Indonesia.
 
XIV. LAIN-LAIN
1. Setiap Pengguna dapat menghubungi Layanan Pelanggan TRUEMONEY INDONESIA melalui
telepon atau alamat e-mail sebagaimana tercantum dalam menu 'Kontak' pada Aplikasi
TRUEMONEY; jika ada pertanyaan, keluhan atau masalah yang berkaitan dengan Transaksi
dan kesulitan dalam mengakses Layanan Aplikasi TRUEMONEY. Keluhan pelanggan akan
diselesaikan dalam maksimal 14 (empat belas) hari kerja. Layanan Pelanggan TRUEMONEY
INDONESIA akan mengkonfirmasi kepada masing-masing Pengguna status keluhan jika
keluhan tersebut telah diselesaikan atau menginformasikan kepada Pengguna yang relevan
jika penyelesaian akan membutuhkan lebih dari 14 (empat belas) hari kerja karena
memerlukan penyelidikan lebih lanjut.
2. Kami berhak untuk membuat perubahan pada situs-situs, kebijakan, ketentuan L ayanan
ini, dan Syarat dan Ketentuan ini setiap saat setelah disampaikan kepada Pengguna di media
yang kami sediakan. Semua perubahan, penambahan, penghapusan, modifikasi dan lainnya
yang kami lakukan sehubungan dengan L ayanan tersebut akan secara otomatis berlaku
dalam 1x24 jam setelah mereka diunduh dan diumumkan pada Aplikasi TRUEMONEY. Para
Pengguna disarankan untuk selalu membaca dan mencari setiap pemberitahuan yang kami
sampaikan kepada media TRUEMONEY INDONESIA. Oleh karena itu, para Pengguna dengan
ini setuju untuk terikat pada setiap perubahan yang kami buat pada situs-situs, kebijakan,
ketentuan L ayanan ini, dan Syarat dan Ketentuan ini.
3. Kami menyatakan bahwa Pedagang adalah kontraktor independen yang tidak terkait dengan
TRUEMONEY INDONESIA atau anak perusahaan, karyawan, manajemen, atau pihak
terafiliasi kami lainnya.
4. Para Pengguna setuju bahwa TRUEMONEY INDONESIA dapat menggunakan Data Pribadi
Pengguna untuk keperluan analisis data internal jika diperlukan.
 
Penggunaan Anda atas a kun TRUEMONEY INDONESIA dan/atau Layanan TRUEMONEY
INDONESIA merupakan persetujuan Anda untuk tunduk kepada (i) Ketentuan ini; (ii) Syarat
dan Ketentuan Umum untujk penggunaan Aplikasi TRUEMONEY; (iii) Syarat dan Ketentuan
khusus yang berlaku untuk setiap L ayanan atau promosi atau kampanye pemasaran yang
tersedia di Aplikasi, atau media sosial TRUEMONEY INDONESIA; (iv) kebijakan privasi; dan (v)
peraturan perundang-undangan yang berlaku.
 
TAMBAHAN A – Kebijakan Privasi
 
Kebijakan Privasi ini berlaku bagi Layanan yang diberikan dan menetapkan bagaimana kami dapat
mengumpulkan, menggunakan, dan mengungkapkan “Data Pribadi”, “informasi yang dapat
diidentifikasi secara pribadi” Pengguna atau informasi pribadi lainnya (secara bersama-sama, “Data
Pribadi”) sehubungand engan akses dan penggunaan Pengguna pada Aplikasi TRUEMONEY.
Sebagaimana dijelaskan lebih lengkap dalam Syarat dan Ketentuan untuk TRUEMONEY INDONESIA
(“Syarat dan Ketentuan”), Aplikasi TRUEMONEY adalah aplikasi layanan terintegrasi yang dirancang
oleh TRUEMONEY INDONESIA untuk para pengguna. Aplikasi TRUEMONEY menyediakan gerbang
bagi Pengguna terdaftar Aplikasi TRUEMONEY untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan,
termasuk mengakses informasi atau promosi, dan melakukan pembayaran.
Aplikasi TRUEMONEY diberikan secara gratis bagi para pengguna terdaftar. TRUEMONEY INDONESIA
adalah lembaga non-bank yang telah memperoleh izin untuk melakukan fasilitas nilai tersimpan di
bawah pengawasan Bank Indonesia sebagai yang berwenang. Untuk penjelasan lebih rinci tentang
Kebijakan Privasi ini mengenai TRUEMONEY INDONESIA, silakan baca bagian terkait di Aplikasi
TRUEMONEY.
Dari waktu ke waktu, perlu bagi para Pengguna untuk memberikan Data Pribadi kepada kami
sehubungan dengan akses Pengguna ke dan penggunaan Aplikasi TRUEMONEY. Dengan menyetujui
Syarat dan Ketentuan atau dengan terus mengakses atau menggunakan Aplikasi TRUEMONEY, para
Pengguna akan dianggap telah menyetujui dan diberitahu tentang ketentuan Kebijakan Privasi ini
tentang pengumpulan, penggunaan, proses, penyimpanan, transfer, dan pengungkapan. Data
Pribadi Pengguna sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini.
Jika seorang Pengguna tidak memberikan Data Pribadi tersebut kepada kami, kami akan tetap tidak
dapat memberikan Layanan penuh kepada Pengguna tersebut dalam Aplikasi TRUEMONEY atau
untuk mematuhi hukum atau pedoman yang dikeluarkan oleh badan pengatur atau pihak
berwenang terkait.
Dalam Kebijakan Privasi ini, kata “termasuk” tidak akan terbatas.
 
A. PENGUMPULAN DATA PRIBADI
Kami dapat memperoleh Data Pribadi Pengguna dari berbagai sumber (misalnya dari Pengguna atau
melalui pihak ketiga), termasuk:
1. Informasi yang didapatkan (secara langsung atau tidak langsung) mengenai perangkat mobile
Pengguna atau perangkat keras lain yang digunakan untuk mengakses Aplikasi TRUEMONEY
(termasuk alamat IP Pengguna, lokasi geografis, jenis dan versi browser/platform, penyedia
layanan internet, sistem operasi, sumber rujukan/keluar dari halaman, lamanya
kunjungan/penggunaan, tampilan halaman dan istilah pencarian apa pun yang digunakan oleh
Pengguna) (“Informasi Perangkat”).
2. Informasi yang didapatkan (secara langsung atau tidak langsung) ketika Pengguna mendaftar
untuk a kun TRUEMONEY INDONESIA sebagai pengguna Aplikasi TRUEMONEY, termasuk
nama, tanggal lahir, alamat, nomor telepon, dan alamat email Pengguna (“Informasi
Pendaftaran”).
3. Informasi yang didapatkan (secara langsung atau tidak langsung) selama penggunaan akun
TRUEMONEY INDONESIA, termasuk nomor rekening bank, informasi tagihan dan pengiriman,
data transaksi, dan informasi lainnya dari cek atau perintah pembayaran Pengguna (“Informasi
Akun”).
4. Informasi yang didapatkan (secara langsung atau tidak langsung) ketika Pengguna
memanfaatkan akun virtual yang disediakan oleh TRUEMONEY INDONESIA untuk menerima
uang elektronik dan/atau pembayaran dompet elektronik dari pembayar, apakah Anda adalah
penyedia layanan atau Pedagang, TRUEMONEY INDONESIA dapat mengumpulkan informasi
tertentu yang terkait dengan pemanfaatan Anda termasuk tetapi tidak terbatas pada layanan
dan/atau barang yang ditransaksikan, jumlah yang Anda kumpulkan dari setiap transaksi, rincian
akun penarikan atau penyelesaian dan riwayat penarikan atau penyelesaian.
5. TRUEMONEY INDONESIA juga dapat mengumpulkan Data Pribadi Anda dari pihak ketiga
(termasuk agen, vendor, pemasok, kontraktor, mitra kami, dan pihak lainnya yang memberikan
layanan kepada kami, melakukan fungsi atas nama kami, atau yang bekerja sama dengan kami).
Dalam hal tersebut, kami hanya akan mengumpulkan Data Pribadi Anda untuk atau sehubungan
dengan tujuan yang melibatkan pihak ketiga tersebut atau tujuan kolaborasi kami dengan pihak
ketiga tersebut (tergantung kasusnya).
6. Informasi Perangkat, Informasi Pendaftaran, dan Informasi Akun di atas atau informasi lain
dapat diakses atau dikumpulkan (secara otomatis atau manual) pada saat pendaftaran Pengguna
dengan akun TRUEMONEY sebagai pengguna Aplikasi TRUEMONEY dan/atau selama Pengguna
menggunakan A plikasi TRUEMONEY dan akun TRUEMONEY INDONESIA. Informasi di atas
yang kami peroleh dapat merupakan Data Pribadi Pengguna. Kami telah mengambil langkah-
langkah untuk memastikan bahwa kami tidak mengumpulkan informasi lebih (apakah informasi
tersebut merupakan Data Pribadi atau tidak) dari Pengguna selain dari yang kami perlukan untuk
menyediakan Layanan kami kepada Pengguna, untuk melakukan fungsi yang ditetapkan dalam
Bagian B dari Kebijakan Privasi ini , untuk melindungi akun Pengguna TRUEMONEY INDONESIA
, mematuhi kewajiban hukum kami, melindungi hak hukum kami, dan untuk menjalankan bisnis
kami.
 
B. PENGGUNAAN DATA PRIBADI
Kami akan menggunakan Data Pribadi yang kami dapatkan mengenai Pengguna untuk tujuan berikut
ini:
1. Memverifikasi kelayakan Pengguna untuk menggunakan salah satu fitur dan fungsi Aplikasi
TRUEMONEY.
2. Memproses pendaftaran Pengguna dengan akun TRUEMONEY INDONESIA sebagai Pengguna
Aplikasi TRUEMONEY, memelihara dan mengelola pendaftaran Pengguna.
3. Memberi L ayanan dan L ayanan pelanggan terkait kepada Pengguna mengenai penggunaan
akun TRUEMONEY Pengguna, termasuk, bekerja sama dengan TRUEMONEY INDONESIA untuk
memfasilitasi penyelesaian harga pembelian barang dan jasa, pengiriman, dan layanan terkait
untuk pembelian, pengembalian biaya, pengiriman pemberitahuan tentang transaksi Pengguna,
dan menanggapi pertanyaan, umpan balik, klaim, atau perselisihan Pengguna.
4. Memberikan Layanan dan layanan pelanggan terkait kepada Pengguna mengenai penggunaan
Aplikasi TRUEMONEY, yaitu untuk memberikan kemudahan bagi Pengguna dalam
mengidentifikasi Pengguna Aplikasi TRUEMONEY lainnya ketika Pengguna sedang memeriksa
buku kontak ponselnya melalui Aplikasi TRUEMONEY.
5. Meningkatkan dan memperluas penawaran kami dengan cara meneliti dan mengembangkan
fungsi-fungsi baru dari Aplikasi TRUEMONEY atau produk dan layanan baru lainnya yang dapat
kami tawarkan dari waktu ke waktu.
6. Melakukan penelitian, analisis statistik atau survei, baik secara lisan atau tertulis, untuk
mengelola dan melindungi bisnis kami termasuk infrastruktur teknologi informasi kami, untuk
mengukur kinerja Aplikasi TRUEMONEY dan L ayanan lain yang kami tawarkan dan untuk
memastikan kepuasan Pengguna dengan L ayanan kami.
7. Menganalisis tren, penggunaan, dan perilaku lain (baik secara individual atau agregat), yang
membantu kami lebih memahami bagaimana Pengguna dan basis Pengguna kolektif kami
mengakses dan menggunakan Aplikasi TRUEMONEY dan kegiatan komersial mendasar yang
dilakukan, termasuk untuk tujuan meningkatkan Layanan kami dan menanggapi pertanyaan dan
preferensi pelanggan.
8. Karena telah mendapatkan persetujuan Pengguna sesuai dengan hukum yang berlaku dan
sebagaimana dimaksud dalam bagian D di bawah ini, kami dapat memberikan informasi
pemasaran langsung kepada Pengguna terkait dengan layanan yang ditawarkan oleh kami dan
afiliasi kami dan pihak ketiga yang dipilih dengan menggunakan Data Pribadi Pengguna untuk
menghubungi Pengguna, termasuk melalui telepon, teks (SMS), email, dan pos.
9. Mengelola risiko, melakukan pemeriksaan kelayakan kredit dan kemampuan, atau menilai,
mendeteksi, menginvestigasi, mencegah dan/atau menyelesaikan kecurangan atau kegiatan lain
yang berpotensi dilarang atau ilegal dan sebaliknya melindungi integritas platform teknologi
informasi kami.
10. Mendeteksi, menyelidiki, mencegah atau memulihkan pelanggaran terhadap Syarat dan
Ketentuan, setiap kebijakan A plikasi TRUEMONEY internal yang berlaku, standar industri,
pedoman, undang-undang atau peraturan yang relevan.
11. Membuat pengungkapan seperti yang diperlukan oleh hukum atau peraturan negara mana pun
yang berlaku bagi kami atau afiliasi kami, pejabat pemerintah, atau pihak ketiga, termasuk setiap
asosiasi kartu atau jaringan pembayaran lainnya. Pengungkapan juga dapat dilakukan sesuai
dengan panggilan (subpoena), perintah pengadilan atau proses atau persyaratan hukum lainnya
di negara mana pun yang berlaku bagi kami atau afiliasi kami (termasuk persyaratan pelaporan
pencucian uang dan anti-terorisme).
12. Membuat pengungkapan apa pun untuk mencegah bahaya atau kerugian finansial, untuk
melaporkan dugaan adanya aktivitas ilegal atau untuk menangani klaim atau potensi klaim yang
diajukan terhadap kami atau afiliasi kami.
13. Setiap tujuan bisnis lain yang sah, seperti melindungi Pengguna dari kerugian, melindungi
nyawa, menjaga keamanan sistem dan produk kami, dan melindungi hak dan/atau properti kami
yang lain.
Kami juga dapat menggunakan Data Pribadi Pengguna dengan cara lain yang untuk hal tersebut kami
berikan pemberitahuan spesifik pada saat pengumpulan atau yang untuk hal tersebut selanjutnya
telah disetujui oleh Pengguna.
 
C. PENGUNGKAPAN DATA PRIBADI
Data Pribadi Pengguna yang kami miliki akan dirahasiakan namun kami dapat memberikan informasi
tersebut kepada para pihak berikut ini (dalam negeri atau luar negeri) untuk tujuan yang ditentukan
dalam B.1 hingga B.3 di atas:
1. Akun TRUEMONEY INDONESIA dan Layanan TRUEMONEY lainnya yang dimiliki sepenuhnya atau
sebagian perusahaan grup.
2. Setiap agen, kontraktor, atau penyedia layanan pihak ketiga yang bekerja sama dengan kami
dalam menyediakan Layanan kepada Pengguna, termasuk untuk pencegahan penipuan,
pengumpulan tagihan, entri data, manajemen basis data, promosi, pemasaran, layanan
pelanggan, layanan teknologi, peringatan produk dan layanan, dan layanan perpanjangan
pembayaran.
3. Entitas yang dengannya kami menjaga rujukan bisnis atau pengaturan komersial lainnya,
termasuk pihak terafiliasi, pihak ketiga atau entitas yang terlibat secara komersial dengan
TRUEMONEY Indonesia.
4. Pedagang dan organisasi lain, seperti jaringan pembayaran atau lembaga keuangan, yang
padanya atau melaluinya pembayaran ini dilakukan menggunakan Aplikasi TRUEMONEY, atau
entitas lain yang memungkinkan penggunaan Aplikasi TRUEMONEY.
5. Lembaga keuangan pihak ketiga, bank, agen penagihan, dan agen kredit.
6. Penyedia layanan pemasaran pihak ketiga.
7. Penasihat profesional, lembaga penegak hukum, perusahaan asuransi, pemerintah, dan otoritas
pengatur atau lembaga lain yang padanya TRUEMONEY INDONESIA berkewajiban untuk
melakukan pengungkapan berdasarkan persyaratan hukum, peraturan, atau pengaturan
komersial apa pun yang berlaku, termasuk pengaturan dengan asosiasi kartu atau jaringan
pembayaran apa pun.
8. Entitas yang terlibat dalam setiap penggabungan, akuisisi, transaksi pembiayaan, atau usaha
patungan bersama kami.
 
D. PEMASARAN LANGSUNG
Sebagaimana ditetapkan pada B.7, TRUEMONEY INDONESIA mungkin ingin menggunakan Data
Pribadi Pengguna dalam kegiatan pemasaran langsung dan, di masa depan, akan mendapatkan
persetujuan Pengguna sehubungan dengan ruang lingkup dan cara yang dimaksud untuk kegiatan
pemasaran langsung tersebut. Di mana Pengguna memberikan persetujuan selanjutnya, maka harap
dicatat bahwa:
1. Data Pribadi tertentu yang kami peroleh dari waktu ke waktu dapat digunakan dalam pemasaran
dan promosi langsung.
2. Kami dapat menawarkan promosi barang dan layanan kepada Pengguna yang dianggap relevan
bagi Pengguna yang untuknya persetujuan Pengguna selanjutnya akan diperoleh secara khusus.
Ini mungkin termasuk barang dan Layanan yang kami, afiliasi kami, mitra bisnis kami atau pihak
ketiga terpilih tawarkan, termasuk setiap pembayaran dan produk keuangan.
3. Kami dapat memberikan Data Pribadi Pengguna kepada pihak ketiga tertentu untuk digunakan
oleh mereka dalam memasarkan barang dan Layanan mereka sendiri, termasuk (i) afiliasi kami,
(ii) mitra bisnis dan (iii) pihak ketiga lainnya.
4. Persetujuan pengguna untuk penggunaan Data Pribadi Pengguna untuk tujuan pemasaran
langsung akan diminta dengan cara mencentang kotak “ikut” atau indikasi positif lainnya untuk
tidak berkeberatan.
5. Jika pada suatu waktu Pengguna tidak ingin kami terus menggunakan atau memberikan Data
Pribadi Pengguna kepada orang lain untuk digunakan dalam pemasaran langsung seperti yang
dijelaskan di atas dan dalam persetujuan yang relevan, maka Pengguna dapat menggunakan hak
"berhenti" Pengguna dengan memberi tahu kami.
 
E. LANGKAH KEAMANAN DAN RETENSI
Kami mengambil semua langkah wajar, termasuk perlindungan teknis, administratif, dan fisik untuk
membantu melindungi Data Pribadi Pengguna yang kami proses, dari kehilangan, penyalahgunaan,
dan akses tidak sah, pengungkapan, perubahan, dan perusakan.
 
Kami akan menyimpan dan mengusahakan penyedia L ayanan kami untuk menyimpan Data
Pribadi Pengguna hanya selama diperlukan untuk tujuan yang ditetapkan dalam Kebijakan Privasi ini
dan sesuai dengan Kebijakan Privasi dan semua persyaratan peraturan yang berlaku.
Untuk para pengguna terdaftar akun TRUEMONEY, Informasi Pendaftaran dan Informasi Akun
Pengguna (jika ada) dapat dilihat dan diedit dalam Ap likasi TRUEMONEY melalui akun Pengguna
TRUEMONEY INDONESIA , yang dilindungi dengan kata sandi atau kode PIN. Kami sarankan agar
Pengguna tidak mengungkapkan kata sandi atau kode PIN kepada siapa pun. Personel kami tidak
akan pernah meminta kata sandi kepada setiap dalam panggilan telepon yang tidak diminta atau
dalam email yang tidak diminta. Pengguna tidak boleh menyimpan informasi loginnya (mis., ID dan
kata sandi pengguna) di komputer bersama atau publik.
 
F. PERUBAHAN PADA KEBIJAKAN PRIVASI INI
TRUEMONEY INDONESIA berhak untuk meninjau dan mengubah Kebijakan Privasi ini atas kebijakan
kami sendiri dari waktu ke waktu, untuk memastikan bahwa kebijakan ini konsisten dengan
perkembangan masa depan kami, dan/atau perubahan dalam persyaratan hukum atau peraturan.
Jika kami memutuskan untuk mengubah Kebijakan Privasi ini, kami akan memberi tahu Anda tentang
perubahan tersebut melalui pemberitahuan umum yang dipublikasikan pada Aplikasi atau ke alamat
email Anda yang tercantum dalam akun Anda. Anda setuju bahwa Anda bertanggung jawab untuk
meninjau Kebijakan Privasi ini secara teratur untuk informasi terbaru tentang pemrosesan data dan
praktik perlindungan data kami, dan bahwa keberlanjutan penggunaan Anda atas Aplikasi atau
komunikasi dengan kami, atau akses ke dan penggunaan L ayanan setelah setiap perubahan pada
Kebijakan Privasi ini akan merupakan penerimaan Anda terhadap Kebijakan Privasi ini dan semua
perubahannya.
 
G. LAIN-LAIN
1. Kebijakan Privasi ini tunduk, diatur, dan diterapkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia.
2. Setiap tindakan hukum atau perselisihan yang mungkin timbul sehubungan dengan Kebijakan
Privasi ini, harus diselesaikan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan atau tanpa mengurangi hak
TRUEMONEY INDONESIA untuk mengajukan klaim ke pengadilan negeri kompeten lainnya di
Indonesia.
 
H. PERNYATAAN
Dengan menggunakan Aplikasi TRUEMONEY, para Pengguna menyatakan bahwa para Pengguna
telah membaca dan mengerti Kebijakan Privasi ini dan menyetujui penggunaan, pemrosesan, dan
transfer Data Pribadi sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini.
 
I. INFORMASI LEBIH LANJUT
Sesuai dengan hak Pengguna berdasarkan Kebijakan Privasi ini untuk mengakses atau mengoreksi
Data Pribadi Pengguna atau “opt-out” atau jika Pengguna ingin mengajukan pertanyaan atau
complain, harap menghubungi Layanan Pelanggan
di bawah ini:
PT. Witami Tunai Mandiri
Millenium Centennial Center, Lantai 36
Jl. Jend Sudirman Kav 25, Kuningan-Setiabudi, Jakarta Selatan,

Tidak Perlu Ragu Kirim Uang Dengan #TRUEMONEYID

Sertifikasi E-Money Bank Indonesia No: 16/129/DKSP
Sertifikasi Remittance Bank Indonesia No:16/152/DKSP/58

 

 

#TRUEMONEYPENGIRIMANUANG
untuk download klik logo playstore dibawah ini