Berita

4 Cara Kirim Uang Aman Tanpa Rekening

 22 October 2018

Banyak cara kirim uang yang ada, salah satunya pengiriman uang tanpa rekening. Mungkin Anda berpikir, di zaman sekarang tak mungkin ada orang yang tidak memiliki rekening. Tapi nyatanya, dari data yang ada hanya 38% masyarakat di Indonesia yang memiliki rekening Bank, sisanya tidak memiliki rekening   dan kebanyakan dari mereka tinggal di daerah yang memang tidak terjangkau oleh Bank. Tentunya ini bisa menghambat transaksi pengiriman uang, apalagi jika Anda memiliki kerabat yang tidak memiliki rekening. Jadi bagaimana mengirimkan uang tanpa rekening dengan aman? Berikut ulasannya!

 

Image source: suaramerdeka.com

 

1. Setoran Tunai di Bank

Menyetor uang tunai di bank merupakan salah satu cara kirim uang yang sering dilakukan. Anda sebagai pengirim bisa secara langsung datang ke bank dengan membawa sejumlah uang untuk dikirimkan. Saat sampai, Anda harus mengambil antrean untuk menuju teller bank, lalu mengisi formulir yang telah disiapkan. Setelah tiba gilirannya, Anda akan diminta ke bagian teller bank, katakan keperluan untuk mengirim uang dan berikan formulir yang sebelumnya diisi, lalu transaksi pun selesai.

Namun, perlu digaris bawahi bahwa transaksi ini hanya bisa dilakukan jika orang yang akan dikirimkan uang memiliki rekening. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pastikan terdapat cabang terdekat, karena tidak semua bank menjangkau daerah-daerah tertentu. Selain itu, Anda juga harus mengantisipasi waktu transaksi, untuk menghindari terkena antre yang panjang.

 

Image source: online24jam.com

 

2. Cara Kirim Uang Dengan Wesel

Wesel merupakan salah satu cara kirim uang yang bisa dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Layanan ini dipelopori oleh kantor pos Indonesia. Jika Anda ingin mengirimkan uang melalui cara ini, prosesnya hampir sama dengan setor tunai lewat bank. Datangi kantor pos terdekat dan temui petugas di sana untuk mengirimkan uang. Tidak seperti menyetor tunai di bank, Anda bisa mengirim uang walaupun penerima uang tidak memiliki rekening. Jadi, petugas pos akan mengantar langsung wesel tersebut ke pihak penerima yang bisa dicairkan melalui kantor pos terdekat.

Sama seperti cara menyetor tunai di bank, keberadaan cabang kantor pos juga jarang ada di sekitaran lokasi rumah. Selain itu, Anda juga harus antisipasi waktu agar tidak terjebak dalam antrean panjang bila ingin melakukan transaksi di sini. Namun, karena milik negara, layanan ini bisa menjadi cara yang aman untuk mengirimkan uang.

 

Image source: channelpronetwork.com

 

3. E-commerce Payment Berbasis Internet

Adanya perkembangan teknologi membuat transaksi keuangan hadir dalam berbagai jenis, salah satunya e-commerce payment berbasis internet. Biasanya, dengan cara ini Anda tidak akan memakai uang fisik melainkan uang elektronik. Satu hal yang Anda butuhkan untuk menjalani transaksi, hanyalah koneksi internet, komputer atau smartphone. Cara online ini sangat populer untuk masyarakat kota yang memang terpapar teknologi dan jaringan internet, namun bagaimana dengan masyarakat yang tinggal di daerah? Tak menutup kemungkinan, jika mereka akan kesulitan untuk mendapatkan koneksi internet yang stabil, padahal stabilitas internet sangat dibutuhkan untuk melakukan transaksi yang lancar. Jadi jika Anda tertarik untuk melakukan hal ini, pastikan koneksi internet yang ada dalam keadaan baik.

 

Image source: merdeka.com

 

4. Melalui TrueMoney di Alfamart

Saat ini, cara yang paling mudah untuk mengirim uang sebenarnya bisa dilakukan menggunakan layanan TrueMoney di Alfamart. Alfamart tidak hanya melayani Anda untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari, tetapi juga mampu melakukan pengiriman uang yang aman dan mudah lewat TrueMoney. TrueMoney juga bukan perusahaan baru, karena selain di Indonesia, TrueMoney sebelumnya telah sukses  menjalankan layanan pengiriman uang di beberapa negara seperti Kamboja, Myanmar, Thailand, dan Vietnam.

Di Indonesia sendiri, TrueMoney mempermudah masyarakat melakukan pengiriman uang ke seluruh daerah hanya dengan datang ke Alfamart terdekat. Transaksi ini tidak memerlukan rekening, Anda cukup membawa identitas diri resmi dan uang yang akan dikirimkan. Isi formulir yang diminta dengan valid sesuai identitas pengirim dan penerima, setelah itu Anda akan dikirimkan pesan singkat atau sms ke nomor pribadi yang dicantumkan sebelumnya, menandakan transaksi berhasil. 

Kiriman uang bisa diambil secara tunai di saat itu juga, penerima cukup membawa identitas diri asli yang masih berlaku dan membawa kode pengiriman uang yang dikenal sebagai kode MTCN, ke Alfamart terdekat. Alfamart sendiri memiliki lebih dari 13.000 gerai di seluruh Indonesia dan bisa menjangkau daerah-daerah pelosok. Lokasinya juga strategis, karena membaur dengan tempat tinggal masyarakat. Jika Anda atau kerabat ingin lakukan cara kirim uang melalui TrueMoney di Alfamart, klik di sini untuk tahu cara dan ketentuannya lebih lanjut.