Berita

Aplikasi Yang Bikin Hidup Lebih Mudah!

 19 April 2019

Kemajuan teknologi digital membuat segala sesuatunya menjadi serba praktis. Berbagai aplikasi online pun diciptakan untuk memudahkan segala aspek kehidupan, mulai dari transportasi hingga finansial. Kemajuan ini, tak ayal membentuk sikap baru masyarakat yang sebelumnya terbiasa menggunakan cara konvensional, kini mau tidak mau harus mulai beradaptasi terhadap digitalisasi yang terjadi, yaitu beralih menggunakan aplikasi online. Berikut beberapa aplikasi yang bisa bikin hidup lebih mudah:

 

 

1. Transportasi Online

 

Berbagai moda transportasi online berbasis aplikasi semakin menjamur dan diminati masyarakat. Dengan menawarkan kepraktisan dan kemudahan penggunanya, tiap-tiap transportasi online berlomba-lomba untuk menarik perhatian masyarakat. Hanya bermodalkan aplikasi, nomor telepon seluler, dan e-mail, Anda sudah bisa langsung memesan transportasi yang diinginkan di manapun Anda berada. Tarifnya pun terbilang ekonomis, belum lagi Anda dapat menikmati potongan tambahan dari promosi-promosi yang ditawarkan tiap-tiap perusahaan jasa ini. Pilihan transportasi yang ada juga beragam, seperti motor, mobil (pribadi), dan mobil taksi. Contoh dari aplikasi transportasi online yang bisa Anda pakai, yaitu GO-JEK, Grab, dan Anterin.

 

 

2. Investasi Online

 

Kabar baik bagi Anda penggiat investasi, maupun yang baru akan mencoba berinvestasi!  Tidak berhenti pada transportasi yang sudah masuk ke kancah digital, kini investasi juga bisa Anda lakukan secara online. Contohnya Anda bisa mencoba Bareksa, yaitu salah satu pelopor marketplace reksa dana dengan variasi pilihan produk yang bisa diperjualbelikan. Mulai dari pendapatan tetap, pasar uang, hingga saham, bisa Anda ikuti dalam reksa dana. Bagi Anda investor pemula, investasi jenis reksa dana ini cocok untuk dicoba. Namun sebelumnya, penting untuk mempelajari terlebih dahulu seluk beluk investasi yang hendak Anda lakukan. Karena nantinya, dana investasi yang Anda alokasikan akan ‘dimainkan’ oleh Manajer Investasi. Selain itu, tak ada salahnya Anda menetapkan tujuan dari investasi yang hendak dilakukan sejak awal.

 

 

3. Belanja Online

 

Sudah bukan hal asing lagi bagi masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli dengan platform online, atau yang biasa kita sebut e-commerce. Kini masyarakat semakin dipermudah untuk melakukan belanja online tanpa harus repot-repot datang ke toko (offline) yang diinginkan untuk membeli barang. Sama seperti transportasi atau investasi online, dengan hanya mengunggah aplikasi belanja online di smartphone, e-mail, dan nomor telepon seluler Anda sudah bisa melihat, serta memesan barang yang diinginkan. Anda tinggal memilih aplikasi sesuai dengan preferensi, karena masing-masing perusahaan memiliki jenis-jenis barang dan cara yang berbeda. Mulai dari kosmetik, pakaian, makanan, hingga kendaraan bisa Anda pesan. Adapun contoh aplikasi belanja online yang ada yaitu, Tokopedia, Shopee, OLX, Lazada, dan lainnya. Dengan kehadiran aplikasi tersebut, kebutuhan Anda bisa terpenuhi dengan mudah, sekaligus menghemat waktu, tenaga, dan biaya.

 

 

4. Pembayaran Online

 

Dengan menjamurnya industri e-commerce di tengah kehidupan, metode pembayaran yang dapat dipilih pun juga kian bervariasi.  Contohnya saja, metode pembayaran melalui aplikasi seperti Paytren dan TrueMoney Wallet dari TrueMoney Indonesia. Baik Paytren, maupun TrueMoney Wallet, keduanya bisa Anda download melalui Google Playstore untuk Android. Kemudian Anda bisa langsung meregistrasikan diri Anda, dan layanan transaksi pun sudah bisa Anda lakukan. Sama halnya dengan Paytren, TrueMoney Wallet juga bisa melakukan transaksi non-tunai seperti untuk membayar token listrik PLN, BPJS, telepon rumah, PDAM, serta membeli voucher elektronik, kuota internet, hingga voucher games. Untuk pengisian saldo sendiri, bisa diisi sesuai keinginan Anda dan dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain melalui transfer virtual account pada Bank BTN, Bank Mandiri, ATM Alto, atau melalui ritel Alfamart serta Alfamidi terdekat.

 

Tidak hanya melakukan aplikasi keuangan, perusahaan jasa finansial TrueMoney Indonesia ini juga memiliki produk lainnya, yaitu layanan pengiriman uang tunai atau remittance tanpa rekening. Tidak perlu setor tunai ke ATM atau kantor pos, layanan ini memungkinkan Anda kirim uang melalui Alfamart dan Alfamidi. Anda tinggal mendatangi salah satu ritel Alfamart atau Alfamidi terdekat dengan membawa KTP/SIM/PASPOR asli dan fotokopi, kemudian registrasi lalu Anda pun bisa langsung mengirim uang. Untuk jumlah uang yang bisa Anda kirimkan mulai dari 10 ribu hingga 5 juta rupiah.

 

Itulah beberapa aplikasi yang bisa membuat hidup Anda lebih mudah. Dengan bermodalkan smartphone dan koneksi internet, transaksi online apapun sudah ada digenggaman Anda. Selamat mencoba!