Ingin Sumbang Keluarga di Kampung Halaman? Kirim Uang Lewat Pos Aja!
03 November 2020

Tak dapat dipungkiri, pandemi Covid-19 membuat hampir semua aspek kehidupan berubah di setiap keluarga. Utamanya dari aspek ekonomi, banyak perusahaan yang mengurangi jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) atau bahkan menutup usahanya secara permanen. Nah, bagi Anda yang ingin menyumbang keluarga di kampung halaman, bisa kirim uang lewat pos dan jasa pengiriman uang lainnya. Simak di bawah ini untuk mengetahui selengkapnya!

 

Wesel Pos

Kirim uang lewat pos adalah salah satu cara yang paling tepat untuk mengirimkan uang ke daerah yang mungkin sulit terjangkau ATM. Jadi, bagi Anda yang ingin mengirimkan keluarga di kampung halaman yang membutuhkan dana, bisa mengunjungi Pos Indonesia. Layanan pengiriman uang di Pos Indonesia juga tersedia beberapa pilihan layanan wesel , yaitu:

  • Weselpos Instan: Layanan dengan waktu kirim real-time yang dikirimkan langsung oleh pengirim kepada penerima
  • Weselpos Prima: Layanan dengan surat pemberitahuan, diantar oleh Kantor Pos Tujuan kepada penerima
  • Weselpos Transfer Tunai (Cash To Account): mengirimkan uang tunai dengan tujuan semua rekening bank

Anda tinggal pilih layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan. Pengiriman lewat pos memang sudah sangat umum, karena merupakan pengiriman uang tertua di Indonesia. Namun, karena caranya masih konvensional, Anda harus datang sepagi mungkin ke kantor Pos. Kalau tidak begitu, Anda akan dihadapkan oleh antrean panjang yang menyita banyak waktu.

 

Teller Bank

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk mengirim uang kepada keluarga di kampung halaman adalah melalui teller bank. Tentu Anda juga bisa mengirimkan uang tanpa rekening, tetapi tidak untuk penerima. Penerima uang wajib memiliki rekening bank yang sama dengan tempat Anda mengirim uang. Sebelum Anda mengirim uang, pastikan membawa beberapa hal, seperti:

  • Identitas diri, seperti SIM, KTP, atau paspor
  • Uang yang hendak Anda kirimkan
  • Nomor rekening penerima uang

Jika sudah membawa kelengkapan seperti di atas, Anda hanya perlu mendatangi saja kantor bank yang terdekat dan mengambil nomor antrean. Setelah itu, Anda akan dipanggil dan dipandu oleh teller bank untuk melakukan pengiriman. Serupa dengan kirim uang lewat pos, Anda perlu datang lebih pagi untuk menghindari antrean yang panjang. Kalau tidak, Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk menunggu antrean. 

 

ATM

Pengiriman melalui ATM atau Automated Teller Machine tidak jauh berbeda dengan pengiriman uang melalui teller bank atau kirim uang lewat pos. Bedanya, Anda harus memiliki rekening terlebih dahulu. Jadi, sebelum bertransaksi, pastikan kartu ATM Anda tidak terblokir agar dapat melakukan pengiriman uang. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan hal-hal, seperti:

  • Kartu ATM yang masih aktif
  • saldo yang mencukupi jumlah uang yang hendak dikirimkan
  • Mengetahui nomor rekening penerima uang Anda

Setelah sudah mempersiapkan hal-hal seperti ini, Anda bisa mengunjungi mesin ATM yang terdekat. Namun, pastikan tempat mesin ATM yang Anda kunjungi terjamin keamanannya, karena banyak sekali modus kejahatan dan penipuan yang terjadi di mesin ATM. Saran kami, kunjungi ATM yang besar seperti di pusat perbelanjaan atau mesin ATM yang berada pada kantor cabang bank, terutama kalau Anda bertransaksi di malam hari.

 

Alfamart/Alfamidi

Cara terakhir yang bisa Anda coba adalah melalui layanan TrueMoney yang ada di Alfamart/Alfamidi. Cara ini terbilang lebih praktis dibandingkan kirim uang lewat pos, karena Anda akan terhindar dari antrean yang panjang. Selain itu, Anda akan lebih mudah menemukan Alfamart/Alfamidi karena gerainya tersebar ke seluruh penjuru Indonesia, bahkan di daerah yang sulit dijangkau ATM. Berikut cara untuk mengirim uang lewat Alfamart/Alfamidi, yaitu:

  • Datangi gerai Alfamart/Alfamidi terdekat
  • Jangan lupa untuk membawa kartu identitas (KTP/SIM/paspor) dan uang yang ingin Anda kirimkan
  • Isi formulir yang diberikan oleh kasir dengan lengkap
  • Kembalikan formulir dan uang yang mau Anda kirim
  • Anda akan diberikan struk yang berisi kode MTCN (Money Transfer Control Number)

Berikan kode MTCN kepada penerima, karena akan dibutuhkan untuk mencairkan uang. Praktis dan mudah bukan, kirim uang lewat TrueMoney? Selain itu, Anda juga tidak memerlukan rekening dan pengirimannya real-time alias tanpa jeda. Tidak perlu lama untuk keluarga Anda mencairkan uang kiriman ini.

 

Itulah dia cara kirim uang lewat pos dan beberapa cara lainnya untuk keluarga Anda di kampung halaman. Untuk kemudahan kirim uang tanpa rekening Anda bisa mempercayakan trueMoney yang sudah diakui oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sebagai jasa kirim uang yang resmi. Anda juga akan dimudahkan karena banyaknya gerai Alfamart/Alfamidi yang tersebar di seluruh Indonesia. Sehingga, Anda bisa kirim dan cairkan uang dengan mudah. Selain itu, Anda juga bisa kirim uang ke mana saja dan di mana saja menggunakan aplikasi TrueMoney! Transaksi dan kirim uang mudah, hanya lewat genggaman Anda!

Berita Lainnya

Tidak Perlu Ragu Kirim Uang Dengan #TRUEMONEYID

Sertifikasi E-Money Bank Indonesia No: 16/129/DKSP
Sertifikasi Remittance Bank Indonesia No:16/152/DKSP/58

 

 

#TRUEMONEYPENGIRIMANUANG
untuk download klik logo playstore dibawah ini