Tidak Hanya Western Union! Ini 4 Cara Kirim Uang ke Luar Negeri!
05 Oktober 2020

Di tahun 2019, catatan terakhir dari Badan Pusat Statistik (BPS) mendata jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri mencapai 276.553. Dengan adanya data itu, pengiriman uang lintas negara, terlebih di masa pandemi Covid-19, tentu menjadi kebutuhan para pekerja. Nah, untuk memenuhi kebutuhan untuk transfer uang lintas negara selama pandemi ini, kami akan memberikan lima cara mudah dan aman. Mulai dari ATM, Western Union, hingga TrueMoney Wallet. Untuk selengkapnya, simak langsung di bawah ini!

 

Western Union

Melakukan transfer ke luar negeri dengan Western Union adalah cara yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang. Selain mudah ditemui, jasa transfer uang yang ditawarkan juga terbilang tidak terlalu mahal. Namun, untuk melakukan transfer melalui Western Union, maka langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah

  • Mendatangi kantor/agen Western Union terdekat
  • Membawa identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM/passport)
  • Memenuhi beberapa persyaratan untuk melengkapi formulir pengiriman.

Untuk melakukan pengiriman menggunakan Western Union Anda membutuhkan biaya pengiriman. Besaran biaya yang dibutuhkan dalam melakukan jasa transfer uang ini beragam, tergantung jumlah yang mau dikirimkan. Mulai dari range paling kecil, yaitu Rp45.000 untuk nominal pengiriman Rp100.00-Rp1.000.000, Rp90.000 untuk nominal pengiriman Rp2.000.000-Rp10.000.000, dan seterusnya.

 

Bank to Bank

Tidak begitu berbeda dengan pengiriman menggunakan Western Union, transaksi antar bank ini juga menggunakan sistem offline. Artinya Anda harus langsung mendatangi jasa pengiriman, untuk melakukan transfer uang. Simak langkah-langkah mengirim uang menggunakan bank di bawah ini:

  • Datangi bank tempat rekening Anda terdaftar
  • Pastikan Anda membawa identitas diri (KTP/SIM/passport) dan buku tabungan
  • Selanjutnya, teller akan memandu Anda untuk melakukan pengiriman

Sebelumnya, Anda juga harus mengetahui kurs mata uang negara tujuan pengiriman, sehingga nominal uang yang akan dikirim tidak salah. Namun sayangnya, pengiriman offline seperti ini memakan banyak waktu karena harus antre jika Anda tidak datang pagi.

ATM

Berbeda dengan pengiriman menggunakan Western Union dan bank, pengiriman menggunakan ATM merupakan pengiriman uang yang lebih modern, yaitu berbasis digital. Dengan basis pengiriman digital tentu akan lebih praktis dan tidak menghabiskan banyak waktu. Namun, Anda harus mengetahui beberapa hal seperti:

  • Kode swift bank yang dituju.
  • Nomor rekening penerima
  • Nomor referensi

Untuk, kode swift bisa didapatkan dari pihak bank lokal yang Anda gunakan. Cara ini mungkin terlihat mudah, namun memiliki risiko yang cukup besar kalau tidak teliti dalam memasukkan nomor rekening dan nomor referensi dengan tepat. Setelah melakukan transfer, pastikan Anda menyimpan bukti transfer untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan dan menginformasikan penerima untuk memastikan apakah uangnya sudah masuk atau belum setelahnya.

TrueMoney Wallet

TrueMoney Wallet bisa dibilang adalah sebuah terobosan dalam jasa remittance (pengiriman luar negeri). Tidak seperti Western Union, TrueMoney Wallet berbasis aplikasi. Untuk mengetahui cara kirim uang ke luar negeri dengan aplikasi TrueMoney, simak selengkapnya di bawah ini:

  • Buka aplikasi TrueMoney Indonesia pada ponsel Anda dan pastikan akun Anda sudah terverifikasi
  • Pilih menu transfer dan tap “Kirim Uang ke Luar Negeri”
  • Pilih negara tujuan
  • Tentukan bentuk pengiriman yang Anda inginkan (Anda bisa memilih uang tunai, atau rekening bank, atau melalui TrueMoney Wallet)
  • Setelah itu lengkapi data diri Anda dengan teliti
  • Masukkan nominal pengiriman Anda kemudian tekan Next/Lanjut
  • Pastikan transaksi Anda sudah sesuai dan konfirmasi transaksi Anda

Setelah itu, Anda akan mendapatkan notifikasi yang menyatakan kalau pengiriman Anda sudah berhasil. Dengan menggunakan layanan pengiriman melalui aplikasi TrueMoney, Anda akan sangat dimudahkan, karena pengiriman TrueMoney bisa dilakukan hanya dari genggaman saja. Selain itu, tata caranya juga sangat mudah, bahkan untuk orang yang baru pertama kali melakukan pengiriman uang ke luar negeri.

Itu dia empat cara aman dan mudah kirim uang ke luar negeri. Anda bisa memilih pengiriman berbasis offline seperti Western Union dan melalui teller bank atau bisa juga memilih jasa pengiriman berbasis online/digital seperti TrueMoney Wallet dan ATM. Tidak hanya antarkota, aplikasi TrueMoney juga bisa digunakan untuk kirim uang ke luar negeri dengan mudah dari genggaman saja. Kabar baiknya per 1 Oktober 2020, TrueMoney Indonesia akan meluncurkan aplikasi yang terintegrasi. Jadi, nantinya Anda tidak perlu download aplikasi member TrueMoney dan aplikasi agen TrueMoney secara terpisah. Karena aplikasi TrueMoney akan menjadi single app atau satu aplikasi. Semakin mudah saja bukan pakai TrueMoney? Selamat bertransaksi!

 

Berita Lainnya

Tidak Perlu Ragu Kirim Uang Dengan #TRUEMONEYID

Sertifikasi E-Money Bank Indonesia No: 16/129/DKSP
Sertifikasi Remittance Bank Indonesia No:16/152/DKSP/58

 

 

#TRUEMONEYPENGIRIMANUANG
untuk download klik logo playstore dibawah ini