Penting! Ini 5 Tips Mengatur Keuangan di Masa Pandemi
26 Oktober 2020

Jika Anda sering merasakan boros hampir setiap bulan, maka artikel ini cocok untuk tahu cara menghindari pemborosan. Karena mengatur keuangan dengan tepat tidak hanya penting di masa pandemi, tetapi bisa menjadi bekal di masa mendatang. Lalu, apa saja tips mengatur keuangan dengan tepat? Simak tipsnya di sini!

membuat anggaran harian

Buat Anggaran Harian, Mingguan, Bulanan

Tips mengatur keuangan pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat anggaran untuk setiap pengeluaran Anda. Terdengar sederhana, tetapi ternyata banyak dari kita yang tidak menerapkan hal ini. Bagi Anda yang belum melakukannya, cobalah dari sekarang. Agar perhitungan anggaran tepat, sebaiknya, Anda perlu membuatnya secara detail dan spesifik. Buatlah anggaran pengeluaran yang wajib Anda keluarkan untuk harian, mingguan, dan juga bulanan, contohnya:

  • Tagihan listrik tiap bulan
  • Ongkos transportasi atau bensin dalam seminggu
  • Pengeluaran makan setiap hari

Anda bisa mengkategorikannya sesuai dengan preferensi dan skala prioritas Anda. Setelah membuat anggaran ini, pastikan untuk disiplin mematuhinya, ya. Supaya Anda terhindar dari pengeluaran yang tetap besar walau sudah menuliskan anggaran.

catat pengeluaran

Catat Pengeluaran

Setelah membuat anggaran pengeluaran, tips mengatur keuangan yang kedua Anda juga perlu mencatat pengeluaran. Hal ini dilakukan agar dapat  mengetahui apakah Anda melakukan pemborosan pada bulan ini atau tidak. Cara mencatat pengeluaran yang bisa Anda lakukan, adalah:

  • Kumpulkan struk belanja kebutuhan sehari-hari Anda. Lalu, catat dalam satu buku setiap bulannya atau setiap hari
  • Untuk pengeluaran tanpa struk, Anda bisa screenshot dan catat di buku yang sama

Dengan catatan ini, Anda jadi tahu berapa jumlah uang yang dikeluarkan setiap bulannya. Selain itu, Anda juga mengetahui di bagian mana pengeluaran Anda yang membengkak. Kalau hal yang Anda inginkan itu belum menjadi prioritas, mungkin Anda bisa mengalokasikannya di bulan depan. Untuk memudahkan penghitungan pengeluaran, Anda bisa menggunakan Truemoney Wallet di setiap transaksi, lho. Karena dengan menggunakan TrueMoney setiap transaksi yang Anda lakukan akan tercatat di aplikasi.

sisihkan uang untuk tabungan

Sisihkan Uang untuk Ditabung

Salah satu faktor utama dari sulitnya keuangan Anda adalah tidak mengetahui pentingnya menabung. Salah satu tips mengatur keuangan Anda, terlebih di masa pandemi adalah menabung. Karena bisa saja sewaktu-waktu Anda membutuhkan dana untuk keperluan yang mendadak. Jika Anda memiliki uang tabungan, tidak perlu repot untuk mencarinya apalagi sampai meminjam. Cara menabung setiap orang juga berbeda-beda, di antaranya adalah:

  • Menyisihkan sebagian uang tepat setelah gajian
  • Menabung dari sisa pengeluaran yang tidak terpakai
  • Mengumpulkan uang kembalian setiap sehabis belanja atau bertransaksi

Sebaiknya kamu sudah menentukan berapa yang akan Anda tabung, bahkan sebelum membuat anggaran pengeluaran. Jadi sisihkan dulu uang yang ingin Anda tabung, baru kemudian sisa dari uang itu Anda kelola untuk pengeluaran di bulan itu. Dengan cara ini uang tabungan Anda tidak akan terpakai, selama Anda juga mematuhi anggaran yang dibuat.

manfaatkan diskon & promo

Manfaatkan Diskon dan Promo

Diskon dan promo adalah waktu yang tepat untuk dimanfaatkan! Karena di saat inilah, barang-barang tertentu memiliki potongan harga yang tentunya lebih murah dari biasanya. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi pengeluaran pada bulan itu. Manfaatkan diskon-diskon besar, seperti;

  • Diskon akhir tahun
  • Diskon lebaran
  • Diskon di hari belanja online nasional

Tapi, pastikan untuk bijak dalam menggunakan diskon ini, ya. Walaupun lebih murah, tentu harus disesuaikan kembali dengan budget Anda juga, bukan? Jangan sampai pengeluaran Anda malah jadi overbudget, ya.

mencari penghasilan tambahan

Cari Penghasilan Tambahan

Bagi Anda yang merasa penghasilan bulanan belum cukup, tips mengatur keuangan dari kami yang terakhir ini bisa dilakukan. Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan bulanan dengan cara:

  • Kerja paruh waktu
  • Membuat usaha
  • Berdagang di online shop,

Atau Anda juga bisa mencari penghasilan tambahan dengan menjadi agen TrueMoney. Anda hanya perlu bermodalkan smartphone Android dan mengunduh aplikasi TrueMoney untuk melakukannya. Dengan bergabung menjadi agen TrueMoney, Anda akan mendapatkan keuntungan, seperti:

  • Mendapatkan biaya komisi dari transaksi
  • Tidak ada biaya administrasi
  • Kemudahan transaksi menggunakan Android
  • Bisa cetak ulang transaksi dan berbagi melalui WhatsApp
  • Dapat menyimpan saldo tanpa batas tertentu
  • Mendapatkan layanan customer service

Banyak sekali keuntungan menjadi agen TrueMoney, bukan? Ayo bergabung menjadi agen TrueMoney dan dapatkan keuntungannya setiap bulan!

Penting sekali untuk menerapkan tips mengatur keuangan setiap bulan, terlebih di masa pandemi seperti sekarang. Awalnya mungkin akan terasa sulit dan berat untuk menerapkannya. Namun, apabila dilakukan secara terus-menerus pasti akan jadi terbiasa dan dapat merasakan manfaatnya. Selain itu, kami punya kabar gembira untuk semua pengguna aplikasi TrueMoney! Mulai dari bulan Oktober ini, aplikasi member dan agen TrueMoney akan terintegrasi dalam satu aplikasi saja. Jadi, Anda semakin dimudahkan untuk bertransaksi melalui aplikasi TrueMoney. Ditambah lagi, selama bulan Oktober ini ada promo spesial untuk agen TrueMoney, lho. Jadi, bagi Anda agen TrueMoney bisa mendapatkan komisi tambahan di setiap transaksi tagihan listrik yang dilakukan. Selamat bertransaksi!

Berita Lainnya

Tidak Perlu Ragu Kirim Uang Dengan #TRUEMONEYID

Sertifikasi E-Money Bank Indonesia No: 16/129/DKSP
Sertifikasi Remittance Bank Indonesia No:16/152/DKSP/58

 

 

#TRUEMONEYPENGIRIMANUANG
untuk download klik logo playstore dibawah ini