Ketahui 4 Transaksi Cashless Selain Melalui ATM!
16 Oktober 2020

Kecepatan dan kemudahan bertransaksi, itulah yang dibutuhkan orang-orang, terutama di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Kabar baiknya, Anda sudah bisa menggunakan jasa yang memiliki kecepatan dan kemudahan saat bertransaksi tersebut. Dua contoh aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah BRILink dan TrueMoney Wallet. Lagaimana cara menggunakan layanan BRI dan TrueMoney? Baca selengkapnya di bawah ini ya!

brilink mobile & website

BRILink Mobile dan Website BRILink

Aplikasi cashless pertama, Anda bisa melakukan transaksi dengan mudah menggunakan BRILink Mobile. Perlu diketahui kalau penggunaan BRILink Mobile ini dikhususkan untuk agen saja. Jadi, tidak semua pemilik rekening BRI bisa menggunakan aplikasi ini. Layanan BRILink Mobile merupakan aplikasi untuk agen yang menyediakan transaksi untuk pemilik rekening BNI atau melalui BRI. Adapun beberapa transaksi yang bisa Anda lakukan menggunakan aplikasi BRILink ini, yaitu:

  • Transfer uang sesama BRI atau bank lain
  • Tarik tunai atau setor pinjaman
  • Telepon pascabayar 
  • Pembelian tiket kereta api/pesawat

Sebenarnya ada beberapa transaksi lainnya yang bisa Anda lihat lengkapnya dengan download aplikasi BRILink di gawai Anda. Pastikan saja Anda sudah membuat akun dan melakukan verifikasi, sebelum  menggunakan aplikasi tersebut. Sebelumnya, Anda juga bisa mengakses BRILink melalui website resminya, tetapi sekarang hanya bisa mengakses dari aplikasi BRILink saja.

agen brilink

Agen BRIlink

Terobosan ini sebenarnya sudah cukup lama ada, karena permintaan pemerintah untuk BRI mulai memunculkan Branchless Bank. Sistemnya memang mirip dengan ATM karena menggunakan EDC, jadi Anda masih perlu menggunakan kartu Anda atau kartu dari Sang Agen. Hal yang membedakan transaksi dari Agen BRIlink dengan ATM hanyalah cakupan keberadaannya. Transaksi yang bisa Anda lakukan di agen BRILink, ialah: 

  • Pengiriman uang
  • Pembayaran tagihan
  • Penarikan tunai

Untuk melakukan transaksi, cukup mencari tempat yang membuka jasa BRIlink di daerah dekat dengan tempat tinggal Anda. Pastikan saja Anda membawa kartu ATM BRI dan memiliki saldo yang cukup. Perlu diingat, transaksi di agen BRILink ini akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp5.000,00 di setiap transaksinya.

truemoney-wallet

TrueMoney Wallet

Selanjutnya, Anda juga bisa melakukan transaksi cashless menggunakan layanan TrueMoney. Caranya, download aplikasi TrueMoney di gawai, masuk ke akun TrueMoney Anda, lalu lakukan transaksi yang diinginkan. Jika Anda belum memiliki akun TrueMoney, Anda bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan cara seperti di bawah ini:

  • Download aplikasi TrueMoney Indonesia di Google Playstore
  • masuk ke aplikasi dan pilih menu registrasi
  • Isi data pribadi yang diperlukan sesuai identitas (KTP/SIM/Paspor) atau KITAS/KITAP (bagi orang asing)
  • Unggah foto KTP/SIM/Paspor atau KITAS/KITAP (bagi orang asing) bagi warga negara asing dan foto diri Anda
  • Anda akan mendapatkan SMS berisi kode OTP (One Time Password), masukkan kode OTP yang anda dapatkan pada aplikasi
  • Akan muncul pemberitahuan jika data Anda telah berhasil diterima
  • Tunggu proses verifikasi data yang akan dilakukan oleh TrueMoney (dalam waktu satu hari kerja)
  • Anda akan mendapat SMS yang berisikan informasi mengenai username dan PIN Anda
  • Login di aplikasi menggunakan username dan PIN yang telah anda dapatkan

Anda bisa melakukan transaksi seperti pembayaran tagihan bulanan PLN, PDAM, telepon/HP, Internet, BPJS, TV berbayar dan multifinance. Selain itu Anda juga bisa melakukan pembelian pulsa, paket data internet, token listrik, dan voucher games. Sangat mudah bukan bertransaksi menggunakan TrueMoney?

alfamart alfamidi

Alfamart/Alfamidi

Cara terakhir, Anda juga bisa menggunakan TrueMoney untuk melakukan transaksi pembelian di Alfamart atau Alfamidi terdekat. Simak langkah-langkah untuk melakukan transaksi di Alfamart/Alfamidi selengkapnya di sini:

  • Datang ke gerai Alfamart/Alfamidi terdekat
  • Pilih barang belanjaan yang ingin Anda beli 
  • Setelah selesai datangi kasir dan kabari kalau Anda ingin melakukan pembayaran menggunakan aplikasi TrueMoney
  • Pastikan saldo Anda cukup untuk melakukan transaksi atau Anda bisa terlebih dahulu isi di Alfamart/Alfamidi tempat Anda belanja
  • Jika transaksi sukses, maka saldo Anda akan terpotong sesuai dengan jumlah belanjaan yang Anda beli

Sangat mudah bukan? Lebih dari itu, Anda juga bisa melakukan pengiriman uang di Alfamart/Alfamidi ke sanak saudara tanpa membutuhkan rekening bank. Caranya, siapkan kartu identitas (KTP/SIM/Paspor) dan uang yang ingin Anda kirimkan. Kemudian kabarkan kepada kasir kalau Anda ingin mengirim uang kepada kasir dan isi formulir yang diberikan oleh kasir dengan data yang sesuai. Setelah semuanya sudah sesuai maka Anda akan diberikan struk yang berisikan kode MTCN (Money Transfer Control Number) yang harus Anda berikan kepada penerima uang. 

Itu dia empat kemudahan bertransaksi secara cashless dengan menggunakan BRILink dan TrueMoney yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Selain itu, kami ingin memastikan apakah Anda sudah tahu, kalau sekarang aplikasi TrueMoney sudah terintegrasi? Jadi, sekarang Anda tidak perlu lagi download aplikasi Member TrueMoney dan Agen TrueMoney. Karena sekarang, TrueMoney sudah tergabung ke dalam satu aplikasi saja. Ayo segera download TrueMoney untuk mendapat kemudahan bertransaksi hanya dari genggaman saja.

Berita Lainnya

Tidak Perlu Ragu Kirim Uang Dengan #TRUEMONEYID

Sertifikasi E-Money Bank Indonesia No: 16/129/DKSP
Sertifikasi Remittance Bank Indonesia No:16/152/DKSP/58

 

 

#TRUEMONEYPENGIRIMANUANG
untuk download klik logo playstore dibawah ini