Cairkan Kode MTCN Sekarang Juga!
10 April 2023

Hai #TrueFriends!

Dengan berakhirnya kerjasama layanan pengiriman dan pencairan uang tunai melalui Alfamart & Alfamidi, maka bagi pelanggan yang pernah mengirim uang dan masih memiliki kode MTCN yang belum dicairkan oleh penerima, mohon segera hubungi Layanan Pelanggan TrueMoney untuk melakukan penarikan uang tunai tersebut.

FAQ - Penutupan Layanan Domestic Remittance

Q : Layanan transaksi Truemoney apa yang telah dihentikan?
A : Pengiriman & Penerimaan uang tunai dalam negeri melalui mitra PTD (Penyelenggara Transfer Dana) yaitu Alfamart & Alfamidi, serta pengiriman uang dari aplikasi wallet Truemoney untuk penerimaan tunai di Alfamart & Alfamidi, menggunakan kode MTCN.


Q : Kapan layanan pengiriman & penerimaan uang tunai ini dihentikan?
A : Per 30 November 2022, layanan pengiriman uang tunai melalui Alfamart & Alfamidi dihentikan. Per 31 Maret 2023, layanan penerimaan uang tunai melalui Alfamart & Alfamidi dihentikan.

Q : Kapan pencairan uang tunai dengan kode MTCN paling lambat dilakukan?
A : Selambatnya 90 hari sejak tanggal transaksi pengiriman uang, sesuai UU yang berlaku.
Setelah tanggal 31 Maret 2023, untuk proses pencairan uang tersebut harus melalui Layanan Pelanggan TrueMoney di nomor telepon: 08041000100 sampai batas waktu yang ditentukan yaitu 31 Oktober 2023.

TrueMoney akan mengirimkan notifikasi untuk segera mencairkan uang menggunakan kode MTCN, kepada Penerima (sebanyak 3x dengan jarak waktu 30 hari per notifikasi) setelah itu kepada Pengirim Asal (sebanyak 3x dengan jarak waktu 30 hari per notifikasi) sesuai Peraturan Bank Indonesia. Jika uang tersebut masih belum dicairkan setelah notifikasi terakhir dikirim ke Pengirim Asal, maka TrueMoney akan memproses pengalihan Dana tersebut kepada Badan Pemerintah sesuai ketentuan Undang-Undang Tentang Transfer Dana yang berlaku yaitu kepada Balai Harta Peninggalan DKI Jakarta.

Q : Apa itu kode MTCN?
A : MTCN adalah kode penarikan uang yang terdiri dari 10 digit angka yang didapatkan dari kasir Alfamart/Alfamidi saat transaksi pengiriman uang. Kode ini digunakan untuk melakukan pencairan kiriman uang di toko Alfamart/Alfamidi.


Q : Pencairan dapat dilakukan oleh siapa saja?
A : Pencairan dapat dilakukan oleh Penerima atau Pengirim Asal dengan menggunakan kode MTCN dengan menghubungi Layanan Pelanggan TrueMoney dan diverifikasi oleh TrueMoney, sesuai batas waktu yang ditentukan, yaitu 31 Oktober 2023.

Q.Apabila setelah lewat batas waktu yang ditentukan, dikemudian hari ada Pengirim atau Penerima uang, atau Ahli Waris-nya melakukan klaim atas uang yang sudah diserahkan ke Balai Harta Peninggalan, bagaimana prosedur klaim nya?

A : Prosedur klaim dapat dilakukan melalui Balai Harta Peninggalan yang beralamat di:
Kantor Balai Harta Peninggalan Jakarta
BALAI HARTA PENINGGALAN DKI JAKARTA
Jalan Letjen M.T. Haryono No. 24 Cawang Atas, Jakarta Timur - 13630
Telepon/Faksimili (021) 8090019 / (021) 8090128
Telp Layanan Pengaduan : 081218086008
email : bhpjakarta@kemenkumham.go.id
balaihartapeninggalan.dki@gmail.com

Sebagai referensi, Pengirim atau Penerima uang, atau Ahli Waris-nya dapat membawa dokumen berikut ini sebagai syarat klaim:

1. Bukti transaksi, termasuk kode MTCN;
2. Fotokopi KTP;
3. Surat Keterangan Waris (apabila diajukan oleh Ahli Waris);
4. Surat Wasiat (apabila diajukan oleh penerima wasiat); dan
5. Bukti lain yang mendukung.

Jika #TrueFriends perlu bantuan atau penjelasan lebih lanjut, silahkan menghubungi Layanan Pelanggan Truemoney di bawah ini:

Call center: 0804 1000 100
WhatsApp Chat: +62813 8003 3868
Jam Operasional 08.00 - 17.00 WIB Setiap Hari
Other Berita

No Need to Hesitate to Send Money With #TRUEMONEYID

Sertifikasi E-Money Bank Indonesia No: 16/129/DKSP
Sertifikasi Remittance Bank Indonesia No:16/152/DKSP/58

#TRUEMONEYPENGIRIMANUANG
to download click the playstore logo below