Praktis! Ini 4 Cara Transfer Uang Kuliah Adik di Luar Kota!
13 October 2020

Terdapat banyak sekali universitas dengan akreditasi yang baik di seluruh Indonesia. Hal ini membuat generasi muda Indonesia semakin semangat untuk menggapai cita-cita dengan masuk ke universitas idaman mereka. Kultur yang berbeda, maupun jarak dari kampung halaman pun tidak menjadi halangan mereka merantau ke luar kota. Nah, untuk Anda, orang tua atau saudara, yang ingin membantu mendanai anak/adik bisa menggunakan empat jasa transfer uang di bawah ini. Mulai dari jasa Pos Indonesia, gerai minimarket, teller bank, hingga aplikasi. Gimana caranya? Simak selengkapnya di bawah ini!

Bank

Jasa pengiriman uang pertama yang bisa Anda gunakan adalah melalui teller di Bank. Anda tidak perlu mempunyai rekening untuk melakukan pengiriman ini, tetapi pastikan bahwa penerima memiliki rekening di bank yang bersangkutan. Untuk memakai jasa pengiriman uang melalui bank, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan, yaitu:

  • Identitas diri (SIM/KTP/paspor)
  • Uang yang ingin Anda kirimkan
  • Nomor rekening penerima

Setelah menyiapkan hal ini, Anda harus datang ke cabang bank terdekat, mengambil antrian, mengisi formulir, lalu menyerahkan sejumlah uang yang ingin Anda transfer. Untuk menghindari terkena antri yang panjang, ada baiknya Anda datang di pagi hari. Jangan lupa untuk menyimpan struk pengiriman sebagai tanda bukti jika nantinya ada masalah terkait penyampaian dana transfer.

Wesel Pos

Bagi Anda yang suka mengirim uang dengan cara manual, jasa wesel melalui pos Indonesia adalah salah satu opsi yang bisa digunakan kalau tidak mempunyai rekening bank. Dari dulu hingga sekarang, Pos Indonesia tetap melakukan metode yang konvensional. Jadi, wajar kalau layanan wesel melalui pos Indonesia ini membutuhkan waktu yang relatif lama. Berikut cara menggunakan jasa layanan pengiriman melalui pos Indonesia:

  • Kunjungi kantor pos Indonesia terdekat
  • Mengisi formulir sesuai data asli
  • Menyerahkan uang yang sudah ditotal dengan charge pengiriman kepada petugas pos Indonesia

Pastikan mengisi formulir dengan data tujuan yang sesuai dengan ID penerima agar saudara Anda dapat mencairkan uang saat pemberitahuan pengiriman sudah diterima.

Alfamart/Alfamidi

Siapa yang tidak kenal minimarket yang satu ini? Gerainya yang tersebar luas di banyak daerah, bisa memudahkan Anda untuk melakukan pengiriman uang, bahkan tanpa rekening. Cukup menggunakan salah satu layanan TrueMoney, Anda bisa langsung mengirimkan uang untuk saudara yang sedang berkuliah di luar kota. Serupa dengan wesel lewat pos Indonesia, Anda perlu melakukan hal-hal, seperti:

  • Mendatangi gerai Alfamart dengan membawa kartu identitas yang masih berlaku (KTP, SIM atau paspor) dan nomor telepon aktif
  • Sampaikan kepada petugas kasir kalau Anda ingin melakukan pengiriman menggunakan TrueMoney
  • Isi formulir yang diberikan kasir dengan data yang sesuai
  • Berikan uang sesuai dengan nominal yang ingin Anda kirimkan

Setelah semua proses sudah dilakukan dengan benar, kasir akan memberikan struk dengan kode MTCN (Money Traffic Control Number). Kode MTCN ini harus Anda berikan kepada penerima, karena akan diperlukan saat mencairkan uang. Pengiriman uang yang dilakukan di Alfamart memang tergolong mudah karena lokasinya yang dekat dengan tempat tinggal. Sehingga sangat mudah dijangkau, terlebih ada beberapa toko yang buka hingga 24-jam. Pengirim dan penerima sama-sama terjamin mudah dan aman  dalam melakukan transaksi, bahkan tanpa memerlukan rekening!

TrueMoney Wallet

Cara terakhir melakukan transfer untuk saudaramu yang kuliah di luar kota tanpa rekening adalah dengan menggunakan TrueMoney Wallet! Berbeda dengan proses yang dilakukan dengan pos Indonesia dan pengiriman lewat teller bank, dengan TrueMoney Wallet Anda bisa mengirimkan uang dengan cara yang lebih mudah, bahkan hanya dari genggaman saja. Cukup mengunduh aplikasi TrueMoney, kamu bisa langsung transfer secara online lewat app, tanpa bank, ATM, atau kantor pos. Anda tidak perlu khawatir akan kredibilitas TrueMoney Wallet, karena aplikasi ini sudah punya lisensi dari Bank Indonesia sebagai penyedia jasa uang elektronik dan jasa pengiriman uang. Yuk, segera download aplikasi TrueMoney di device Android-mu! Setelah melakukan proses registrasi, proses kirim-mengirim uang akan lebih mudah buat Anda.  Jadi, tunggu apa lagi?

 

Itu dia empat cara yang Anda bisa lakukan untuk transfer uang kuliah adik Anda yang berada di luar kota. Anda bisa menggunakan cara seperti melalui pos Indonesia, bank, Alfamart/Alfamidi, sampai layanan aplikasi seperti TrueMoney. Gunakan TrueMoney Indonesia untuk kemudahan dan keamanan bertransaksi. Dan kabar gembiranya, Anda semakin dimudahkan untuk bertransaksi dan mendapatkan penghasilan tambahan, karena sekarang TrueMoney hadir dengan satu aplikasi saja. Jadi, Anda tidak perlu download aplikasi member dan agen secara terpisah, karena sudah terintegrasi dalam satu aplikasi. Semakin mudah kan memakai TrueMoney? Selamat bertransaksi!

Other Berita

No Need to Hesitate to Send Money With #TRUEMONEYID

Sertifikasi E-Money Bank Indonesia No: 16/129/DKSP
Sertifikasi Remittance Bank Indonesia No:16/152/DKSP/58

#TRUEMONEYPENGIRIMANUANG
to download click the playstore logo below