Segera Cairkan Kode MTCN Kiriman Uang Anda.
22 November 2022

Hai #TrueFriends!

Truemoney akan megalihkan Layanan Kirim Uang hanya melalui wallet aplikasi TrueMoney.

Segera melakukan penarikan uang tunai menggunakan Kode MTCN yang masih Anda miliki sebelum 31 Maret 2023 di Alfamart/Alfamidi. Setelah tanggal tersebut untuk pencairan kode MTCN silahkan menghubungi Layanan Pelanggan Truemoney 08041000100

Jika membutuhkan bantuan terkait penarikan tunai silahkan menghubungi layanan pelanggan TrueMoney Indonesia.

FAQ - Penutupan Layanan Domestic Remittance

Q : Layanan transaksi Truemoney apa yang dihentikan?
A : Pengiriman & Penerimaan uang tunai dalam negeri melalui mitra PTD (Penyelenggara Transfer Dana) yaitu Alfamart, Alfamidi dan Uang Kita, serta pengiriman uang dari aplikasi wallet Truemoney untuk penerimaan tunai di Alfamart & Alfamidi, menggunakan kode MTCN.

Q : Kapan layanan pengiriman & penerimaan uang tunai tersebut dihentikan?
A : Per 30 November 2022, layanan pengiriman uang tunai melalui Alfamart & Alfamidi dihentikan. Per 31 Maret 2023, layanan penerimaan uang tunai melalui Alfamart & Alfamidi dihentikan.

Q : Layanan transaksi Truemoney apa yang masih berjalan melalui Mitra PTD (Penyelenggara Transfer Dana) tersebut?
A: Top up saldo dan tarik tunai saldo aplikasi Truemoney melalui Alfamart dan Alfamidi.

Q : Kapan pencairan uang tunai dengan kode MTCN paling lambat dilakukan?
A : Selambatnya tanggal 31 Maret 2023 di Alfamart / Alfamidi. Atau, selambatnya 90 hari sejak tanggal transaksi pengiriman uang, sesuai UU yang berlaku.

Q : Apa itu kode MTCN?
A : MTCN adalah kode penarikan uang yang terdiri dari 10 digit angka yang didapatkan dari kasir Alfamart/Alfamidi saat transaksi pengiriman uang. Kode ini digunakan untuk melakukan pencairan kiriman uang di toko Alfamart/Alfamidi.

Q : Bagaimana jika saya belum mencairkan sampai 31 Maret 2023?
A : Setelah tanggal 31 Maret 2023, untuk proses pencairan uang tersebut harus menghubungi Layanan Pelanggan TrueMoney di nomor telepon: 08041000100. TrueMoney akan mengirimkan notifikasi kepada Penerima dan Pengirim sesuai Peraturan Bank Indonesia. Jika uang tersebut masih belum dicairkan dalam 90 hari setelah notifikasi diterima Pengirim Asal, maka Dana tersebut akan dialihkan kepada Badan Pemerintah sesuai ketentuan Undang-Undang Tentang Transfer Dana yang berlaku yaitu kepada Balai Harta Peninggalan DKI Jakarta.

Q : Pencairan dapat dilakukan oleh siapa saja?
A : Pencairan dapat dilakukan oleh penerima dengan menggunakan kode MTCN atau dengan pembatalan transaksi oleh pengirim di Alfamart/Alfamidi.

Q : Apabila dikemudian hari diketahui pengirim atau penerima dana, atau ahli waris dari pengirim atau penerima dana melakukan klaim atas dana yang sudah diserahkan ke Balai Harta Peninggalan, bagaimana prosedur klaim nya?
A : Prosedur klaim dapat dilakukan melalui Balai Harta Peninggalan yang beralamat di:
Kantor Balai Harta Peninggalan Jakarta
BALAI HARTA PENINGGALAN DKI JAKARTA
Jalan Letjen M.T. Haryono No. 24 Cawang Atas, Jakarta Timur - 13630
Telepon/Faksimili (021) 8090019 / (021) 8090128
Telp Layanan Pengaduan : 081218086008
email : bhpjakarta@kemenkumham.go.id
balaihartapeninggalan.dki@gmail.com

Sebagai referensi, Pengirim atau Penerima uang, atau Ahli Waris-nya dapat membawa dokumen berikut ini sebagai syarat klaim:

1. Bukti transaksi, termasuk kode MTCN;
2. Fotokopi KTP;
3. Surat Keterangan Waris (apabila diajukan oleh Ahli Waris);
4. Surat Wasiat (apabila diajukan oleh penerima wasiat); dan
5. Bukti lain yang mendukung.


Q : Apakah saya masih bisa melakukan pengiriman uang melalui TrueMoney?
A: Bisa. Pengiriman uang bisa dilakukan melalui aplikasi Truemoney Indonesia dengan tujuan ke rekening bank apa pun, atau ke sesama member wallet aplikasi TrueMoney yang kemudian tarik tunai saldonya Alfamart/Alfamidi.

Q : Bagaimana caranya melakukan pengiriman uang dari aplikasi member Truemoney?
A : Unduh aplikasi [Truemoney Indonesia] melalui Google Playstore, lakukan proses pendaftaran baru dan input data-data yang diperlukan sesuai KTP dan foto diri dengan KTP untuk menjadi member premium sehingga dapat menggunakan layanan pengiriman uang. Lalu penerima dapat melakukan penarikan tunai dari saldo member melalui Alfamart / Alfamidi dengan menggunakan token pada aplikasi member.

Q : Berapa biaya [Tarik Tunai] dari aplikasi Truemoney di Alfamart / Alfamidi ? Apakah sama atau lebih mahal dari kirim tunai?
A : Biaya tarik tunai jauh lebih ekonomis yaitu Rp. 5.000 untuk semua nominal mengikuti limit aplikasi member Truemoney (Rp. 10,000,000 / hari), dengan catatan batas penarikan per 1 toko Alfamart / Alfamidi adalah Rp. 2.000.000, dapat dilakukan 5x per hari di toko yang berbeda.

Q : Transaksi apa saja yang dapat dilakukan melalui aplikasi Truemoney Indonesia?
A : Selain pengiriman uang, pelanggan dapat melakukan pembelian pulsa, pembelian token listrik, pembayaran tagihan, pembayaran asuransi kesehatan dan transaksi digital lainnya.

Q : Bagaimana cara melakukan top up saldo Truemoney supaya dapat melakukan transaksi diatas?
A : Penambahan saldo Truemoney dapat dilakukan melalui kasir Alfamart / Alfamidi dengan biaya Rp. 1.500 dan Virtual Account Bank BRI, Mandiri, Permata, CIMB Niaga, Danamon, Maybank, Keb Hana Bank dan Bank lainnya tanpa biaya atau gratis jika antar rekening dan biaya Rp. 5.000 jika antar Bank.


Kirim Uang ke keluarga /kerabat tetap bisa dilakukan melalui wallet aplikasi TrueMoney. DOWNLOAD APLIKASINYA DISINI

Jika #TrueFriends! perlu penjelasan lebih lanjut atau ingin mengajukan pertanyaan, silahkan menghubungi Layanan Pelanggan Truemoney di bawah ini:

Call center: 0804 1000 100
WhatsApp Chat: +62813 8003 3868
Jam Operasional 08.00 - 17.00 WIB Setiap Hari
Berita Lainnya

Tidak Perlu Ragu Kirim Uang Dengan #TRUEMONEYID

Sertifikasi E-Money Bank Indonesia No: 16/129/DKSP
Sertifikasi Remittance Bank Indonesia No:16/152/DKSP/58

 

 

#TRUEMONEYPENGIRIMANUANG
untuk download klik logo playstore dibawah ini